Pentingnya Menggunakan Shea Butter untuk Kulit dan Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Shea Butter. Shutterstock

Ilustrasi Shea Butter. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu bahan primadona dalam banyak produk perawatan kulit adalah shea butter, terutama selama cuaca dingin. Berbeda dengan kandungan produk perawatan kulit atau skincare pada umumnya, shea butter tidak dibuat di laboratorium. Menurut ahli bedah kosmetik, dr. Ariel Ostad shea butter sepenuhnya alami.

“Shea butter adalah lemak yang diekstrak dari kacang pohon shea Afrika (Vitellaria paradoxa). Dari segi kandungan, shea butter kaya akan asam lemak esensial, termasuk asam oleat, asam stearat, dan asam linoleat. Ini juga mengandung vitamin A, dan E, serta asam sinamat," jelasnya dikutip dari Real Simple, 24 Januari 2024.

Karena shea butter adalah pelembap yang sangat baik, ini merupakan bahan yang populer untuk produk perawatan kulit dan rambut. Yuk, kita telusuri manfaatnya 

Manfaat Shea Butter untuk Rambut

Menurut Lacy Gadegaard-West, penata rambut dan pendiri Laced Hair Extensions , ada banyak manfaat menggunakan produk dengan shea butter untuk rambut. Shea butter mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi kulit kepala terkelupas dan gatal.

Shea butter juga penuh dengan asam lemak yang dapat menyeimbangkan minyak pada kulit dan kulit kepala.

“Shea butter sangat melembapkan, sehingga dapat menembus jauh ke dalam helai rambut dan membantu menyembuhkan kerusakan dan ujung rambut bercabang," ucapnya.

Manfaat Shea Butter untuk Kulit

Menurut Hayley Goldbach, dokter kulit bersertifikat dan Asisten Profesor Dermatologi di Brown University, Amerika, seperti minyak lainnya, minyak ini bisa menjadi pelembap yang baik. Shea butter bekerja dengan mencegah kehilangan air transepidermal, yaitu hilangnya air melalui pelindung kulit.

Produk dengan shea butter juga bermanfaat bagi siapa saja yang memiliki kulit yang teriritasi atau rusak. Dr. Ostad mencatat bahwa asam sinamat dalam shea butter memiliki sifat anti-inflamasi.

“Shea butter mengandung triterpen yang membantu penyembuhan luka dan mengurangi bekas luka. Ini sering direkomendasikan untuk meminimalkan munculnya bekas luka dan stretch mark," jelasnya.

Terakhir, shea butter dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. “Shea butter juga mengandung perlindungan matahari alami tingkat rendah (SPF 6) yang dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap sinar ultraviolet yang berbahaya bila digunakan dengan tabir surya,” jelas dr. Ostad.

Cara Menggunakan Shea Butter

Meskipun Anda harus mengikuti petunjuk pada kemasan produk shea butter yang Anda gunakan, cara terbaik menggunakan shea butter setelah mandi dan mengeringkan kulit Anda, kata dr. Goldbach. “Itu akan membantu mengunci kelembapan," katanya.

Jika Anda menggunakan shea butter murni, dr. Ostad mengatakan yang terbaik adalah mengambil sedikit dan menghangatkannya di telapak tangan Anda.

“Anda dapat mengoleskan shea butter dengan lembut ke kulit yang bersih dan kering dan memfokuskannya pada area yang membutuhkan kelembapan ekstra seperti siku, lutut, dan bagian yang kering. Dapat digunakan pada wajah namun hanya disarankan bagi yang memiliki kulit kering atau sensitif. Lalu biarkan saja meresap ke dalam kulit Anda,” tuturnya.

Jika Anda menggunakan shea butter pada rambut, Gadegaard-West menyarankan untuk menggunakannya secukupnya. “Tergantung pada jenis rambut Anda, mulailah dengan sedikit. Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak. Shea butter dapat membebani rambut halus dan mungkin terlalu kaya bagi mereka yang memiliki kulit kepala berminyak,” pungkasnya.

Pilihan Editor: Manfaat Shea Butter untuk Kulit dan Rambut serta Cara Pakai yang Tepat

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."