Manfaat Shea Butter untuk Kulit dan Rambut serta Cara Pakai yang Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Shea Butter. Shutterstock

Ilustrasi Shea Butter. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di akhir pekan ini, kita intip manfaat shea butter untuk kencantikan. Shea butter merupakan salah satu kandungan di produk kecantikan yang bisa mengatasi kulit kering dan iritasi. Sebab shea butter bersifat sangat melembapkan berkat kandungan asam lemak dan sejumlah vitamin. Tak hanya bermanfaat untuk kulit, shea butter juga diklaim bikin rambut berkilau dan mencegah kusut.

Untuk lebih lengkapnya, berikut pemaparan para ahli kecantikan seputar manfaat shea butter

Manfaat Shea Butter pada Kulit

Shea butter adalah emolien, salah satu bahan lembap, yang sangat baik menghidrasi dan menciptakan penghalang yang mengunci kelembapan.

"Shea butter sangat kaya akan asam lemak, antioksidan, dan vitamin, yang bekerja dengan baik untuk memperbaiki warna, melembutkan dan membuat kulit kenyal, bahkan memperlambat pemecahan kolagen, " kata Morgan Rackley, ahli kecantikan selebritas dan pemilik Luminous Skin Atlanta, Amerika Serikat.

"Selain itu, shea butter bisa sangat menenangkan dan menyembuhkan, dan memiliki manfaat anti-inflamasi yang luar biasa," tambahnya. Shea butter juga memiliki konsistensi yang halus dan lembut  untuk jenis kulit yang sangat kering dan teriritasi.

Manfaat Shea Butter pada Rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut, shea butter dapat digunakna untuk menambah kelembapan, kilau, dan mencegah rambut kusut, kata Michael Dueñas, penata rambut selebriti dan pendiri Veluer Creative. "Shea butter juga membantu mengontrol pengelupasan pada kulit kepala berkat sifat anti-inflamasinya, dan dapat mengurangi kekeringan dan kemerahan secara keseluruhan."

Bisakah Setiap Orang Menggunakan Shea Butter?

Shea butter sangat ideal untuk jenis kulit kering, tapi tidak untuk pemilik kulit berminyak, kata Blair Murphy-Rose, dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat. Dia juga mengingatkan meski shea butter memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, tak disarankan digunakan jika kulit wajah kamu rentan berjerawat.

Jika kamu alergi kacang, berhati-hatilah saat menggunakan shea butter. Mengingat produk tersebut terbuat dari kacang. Lakukan uji tempel dulu di area belakang telinga atau punggung tangan untuk melihat reaksinya. 

Cara Menggunakan Shea Butter pada Kulit

Cara terbaik untuk mengunci kelembapan adalah dengan mengoleskan produk yang mengandung shea butter setelah mandi, saat kulit masih lembap. "Karena shea butter sangat melembapkan, saya sarankan untuk mengaplikasikannya di malam hari," kata Rackley.

"Jika kamu menggunakannya di pagi hari,  sebaiknyamenghindari memakai riasan dan pastikan untuk mencuci muka di penghujung hari."

Saat mencari produk shea butter yang bagus untuk kulit, pilihlah produk yang menggunakan shea butter yang tidak dimurnikan alias mentah.

"Karena setelah shea butter disuling, akan kehilangan begitu banyak manfaat luar biasa dari bahan tersebut," kata Rackley. "Shea butter yang tidak dimurnikan/mentah mempertahankan kandungan vitamin dan antioksidannya yang tinggi, yang akan membuat kulit Anda berterima kasih."

Cara Menggunakan Shea Butter pada Rambut

Menurut Dueñas, shea butter adalah produk perawatan yang ideal untuk kulit kepala yang meradang atau helai rambut yang rusak.

'Shea butter adalah produk ringan yang tidak akan menyumbat pori-pori rambut — jika kamu mengalami peradangan, kamu dapat menggunakan shea butter sebagai perawatan kulit kepala atau perawatan rambut dalam,' katanya.

"Ini juga bagus untuk memperbaiki ujung bercabang. Jika ujung rambut rusak, aplikasikan sedikit pada rambut kering dan biarkan sepanjang hari. Untuk perawatan mendalam, setelah mengolesi seluruh helai rambut, kenakan topi mandi, gunakan panas untuk 15 hingga 20 menit, lalu bilas.

Kamu juga bisa menggunakan shea butter untuk menata ikal dan membuat tampilan halus pada pemilik rambut tebal dan kasar. "Shea butter bekerja dengan baik sebagai produk anti kusut — sedikit saja sudah cukup untuk mengendalikan bulu-bulu kecil yang mengganggu itu," kata Dueñas.

Saat memilih produk shea butter untuk rambut, perhatikan kandungan lainnya. "Misalnya, jika kamu memiliki rambut halus, kamu sebaiknya menghindari produk dengan minyak jarak," kata Dueñas. "Namun, jika kamu memiliki rambut yang sangat kasar, kandungan minyak jarak dan shea butter dapat menghidrasi."

Singkatnya, pastikan di dalam produk shea butter terdapat bahan-bahan yang sesuai dengan tekstur rambut kamu. Jika shea butter ada di daftar bahan teratas, maka itu yang terbaik untuk rambut kasar dan tebal. Jika shea butter ada di tengah daftar bahan, itu paling cocok untuk tekstur yang lebih halus.

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."