11 Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Agar Segar Tidak Kusam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi memakai tabir surya atau sunscreen untuk anak. Freepik.com

Ilustrasi memakai tabir surya atau sunscreen untuk anak. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, memilih sunscreen bisa jadi tantangan tersendiri. Takutnya, sunscreen malah menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat. Tapi tenang, kini sudah banyak sunscreen khusus yang diformulasikan untuk kamu loh!

Produk-produk ini biasanya memiliki tekstur ringan, oil-free, dan non-comedogenic, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. Selain itu, tabir surya ini juga dilengkapi dengan kandungan untuk mengontrol minyak berlebih dan merawat jerawat.

Nah, biar nggak bingung, berikut 11 rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa kamu coba:

1. Azarine Hydrasoothe Sunscreen

Tabir surya bertekstur gel ini sangat ringan dan mudah meresap, sehingga tidak meninggalkan kesan lengket atau berminyak. Formulanya water base dan dengan SPF 45+++ memberikan perlindungan tinggi dari sinar UVA dan UVB, dan juga sangat cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif, berminyak, dan berjerawat.

Kelebihannya tidak hanya terletak pada perlindungan, tapi juga pada kandungan bahan alami seperti royal jelly, aloe vera, dan green tea yang tidak hanya melindungi kulit tetapi juga memberikan nutrisi dan hidrasi yang intens. Dengan Azarine Hydrasoothe, menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi dari paparan sinar matahari.

2. Biore UV Aqua Rich Sunscreen Watery Essence

Biore UV Aqua Rich Sunscreen Watery Essence dengan SPF 50 PA++++ adalah sunscreen yang praktis dan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Sunscreen ini memiliki tekstur ringan seperti air, sehingga mudah meresap dan tidak meninggalkan kesan lengket atau berminyak. Selain itu, sunscreen ini juga waterproof, sehingga tidak mudah luntur saat berkeringat atau berenang.

Biore UV Aqua Rich Sunscreen Watery Essence juga dapat digunakan sebagai makeup base. Sunscreen ini mampu membaur dengan baik dengan makeup, sehingga tidak meninggalkan whitecast atau noda putih.

3. NPURE Cica Beat The Sun

NPURE Cica Beat The Sun Glow adalah sunscreen dengan formula khusus untuk kulit sensitif dan berjerawat. Sunscreen ini mengandung Centella asiatica leaf water yang dapat membantu menenangkan kulit dan 5x UV Protection yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB secara optimal. Selain itu, teksturnya ringan dan mudah meresap, sehingga tidak akan meninggalkan kesan lengket atau berminyak. Tabir surya ini juga aman digunakan untuk anak usia 3 tahun ke atas.

4. Lacoco Daily UV Counter

Lacoco Daily UV Counter memiliki tekstur ringan dan tidak meninggalkan kesan berminyak, sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Dengan SPF 50 PA+++, kamu tidak perlu risau beraktivitas lama di luar ruangan!

Lacoco Daily UV Counter bersifat non-komedogenik, sehingga tidak menyumbat pori-pori. Hal ini penting untuk kulit berjerawat, karena pori-pori tersumbat dapat menjadi faktor penyebab jerawat. Selain itu, terdapat juga mengandung lidah buaya dan peptide yang dapat melembapkan kulit sekaligus membantu mencegah penuaan dan garis-garis halus.

5. Garnier Bright Complete Super UV

Garnier Bright Complete Super UV adalah sunscreen yang diklaim dapat memberikan perlindungan kulit tertinggi dari sinar UVA dan UVB. Sunscreen ini memiliki SPF 50, dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat menyebabkan penggelapan kulit dan timbulnya noda hitam. Selain itu, sunscreen ini juga mengandung vitamin C yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

6. Emina Sun Battle SPF 30 PA++++

Emina Sun Battle SPF 30 PA++++ adalah sunscreen yang direkomendasikan untuk pemula, terutama untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sunscreen ini memiliki harga terjangkau dan tekstur yang ringan, sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Dengan kandungan aloe vera dan emollient dapat memberikan hidrasi yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Sunscreen ini juga dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, sehingga dapat mencegah penuaan dini dan kanker kulit.

7. Skin Aqua UV Mild Milk

Skin Aqua UV Mild Milk memiliki SPF 25 dan PA++, dapat melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB. Produk ini memiliki tekstur ringan dan mudah meresap, sehingga tidak meninggalkan kesan lengket atau berminyak.

Selain itu terdapat juga kandungan 2 Soothing Agent yang dapat mengurangi masalah peradangan, sehingga cocok untuk kulit berjerawat. Terdapat juga kandungan collagen dan Hyaluronic acid yang dapat menghaluskan kulit serta melembabkannya. Tabir surya ini juga tidak mengandung pewarna dan parfum, sehingga tidak memicu penyumbatan pori-pori dan peradangan kulit.

8. Wardah UV Shield Essential Sunscreen

Sunscreen ini memiliki tekstur gel yang ringan dan tidak lengket, sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Dengan SPF 30 dan PA+++ dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, produk ini diklaim efektif melindungi kulit dari blue light, yaitu radiasi dari layar elektronik yang dapat merusak kulit. Terdapat juga vitamin E dan Pro vitamin B5, yang dapat menutrisi kulit dan membantu menjaga kelembabannya. Sunscreen ini juga praktis untuk dibawa ke mana saja, karena memiliki kemasan kecil dan ringan.

9. Nivea Sun Protect & White Control SPF50+

Sunscreen ini memiliki kandungan vitamin E yang dapat menjaga kelembaban kulit, serta diklaim non-comedogenic dan non-acnegenic, sehingga tidak akan menyebabkan kulit kusam dan berjerawat. Kandungan L-Carnitine dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih, sehingga cocok untuk kulit berminyak.

Selain itu, sunscreen ini juga aman untuk dijadikan alas makeup, karena memiliki tekstur seperti serum yang mudah meresap dan diratakan. Sayangnya, produk ini tidak memberikan klaim aman untuk ibu hamil. Jadi, bagi ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

10. Bioaqua UV Sunscreen Essence SPF50 PA++++

Bioaqua UV Sunscreen Essence SPF50 PA++++ adalah sunscreen physical, diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sunscreen ini memiliki kandungan SPF50 dan PA++++, dapat melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB. Terdapat kandungan Niacinamide yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan peradangan.

Kandungan ekstrak Calendula dapat melembapkan dan menenangkan kulit. Tekstur sunscreen ini ringan dan tidak lengket, sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Sunscreen ini juga tidak meninggalkan whitecast, sehingga cocok untuk apabila hasilnya ingin terlihat matte.

11. L’oreal UV Defender Matte & Fresh Serum Protector SPF 50+ PA++++

Dengani SPF 50+ dan PA++++, dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Tekstur yang ringan dan tidak lengket membuat kulit terasa nyaman. Sunscreen ini juga memberikan hasil akhir matte, sehingga cocok untuk kamu yang ingin terlihat menawan.

Diperkaya dengan kandungan Airlicium, dapat membantu mengontrol produksi sebum dan menyamarkan pori-pori. Selain itu, mengandung Brightening Niacinamide yang dapat memberikan efek cerah seketika. Kandungan Mexoryl XL Filter dapat membantu mencegah munculnya flek hitam, serta Detoxyl yang dapat memberikan perlindungan dari debu dan kotoran.

Apabila kamu memiliki kulit berjerawat dan berminyak, disarankan memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++. SPF 30 mampu menangkal 97 persen sinar UVB, memberikan perlindungan efektif untuk aktivitas sehari-hari. Kulit berjerawat dan berminyak tetap membutuhkan perlindungan dari UVA untuk mencegah kerusakan jangka panjang. Namun tetap pertimbangkan aktivitas yang dilakukan dan juga kondisi kulitmu ya! Konsultasi dengan dokter kulit juga bisa membantu kamu memilih sunscreen sesuai dengan kebutuhan khusus kulit.

Pilihan Editor: Catat, Ini Jenis dan Kandungan Sunscreen yang Aman untuk Bayi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

MAGDALENA NATASYA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."