Catat, Ini Jenis dan Kandungan Sunscreen yang Aman untuk Bayi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kebersamaan ibu dan bayi. Foto: Unsplash/Ana Tablas

Ilustrasi kebersamaan ibu dan bayi. Foto: Unsplash/Ana Tablas

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemakaian tabir surya atau sunscreen tidak hanya wajib bagi orang dewasa seperti kita, tapi juga bayi. Ahli menyarankan sunscreen bisa diaplikasikan mulai dari bayi berusia di atas enam bulan untuk proteksi kulitnya.

"IAAP (American Academy of Pediatrics), IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), dan AAD (American Academy of Dermatology), menganjurkan mulai dari bayi usia 6 bulan wajib menggunakan sunscreen dan harus physical sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan, maupun saat cuaca mendung," ujar dr. Richard Lee dalam siaran pers yang diterima Cantika, Senin  18 Desember 2023.

Seperti kita ketahui radiasi sinar ultraviolet (UV) akan tetap masuk ke ruangan melalui celah pintu atau jendela. Maka dari itu, penggunaan sunscreen harus digunakan setiap hari walaupun hanya di rumah saja.

Dokter Richard Lee juga mengatakan bahwa bahayanya paparan sinar ultraviolet yang berlebih dapat memicu dampak buruk bagi kesehatan kulit anak seperti mengalami kulit terbakar dan kerusakan kulit.

"Selain itu, paparan sinar ultraviolet yang berlebih juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker," jelasnya.

Lantas, jenis dan kandungan sunscreen apa yang aman untuk buah hati sedari dini? Dokter Richard menyebutkan pilih physical sunscreen untuk bayi

"Sunscreen itu ada dua jenis, yang pertama adalah chemical sunscreen yang bekerja menyerap sinar UV sedangkan physical sunscreen bekerja memantulkan sinar UV," paparnya. 

Sesuai dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sunscreen aman diberikan pada bayi usia di atas 6 bulan, dengan catatan jenis yang digunakan adalah physical sunscreen yang mengandung titanium oxide atau zinc oxide dengan SPF 30 atau lebih, dan berlabel broad spectrum serta tahan air (waterproof).

Aplikasikan sunscreen sekitar 15 hingga 30 menit sebelum bepergian, dan berenang pada wajah, punggung tangan dan kaki, ujung telinga dan belakang leher. 

Sunscreen Bayi dari Moell

Moell, merek perawatan kulit atau skincare khusus bayi yang mempunyai visi untuk bisa menyehatkan dan menutrisi kulit si kecil dengan kandungan organik natural kembali meluncurkan produk terbaru, yaitu You Are My Sunshine Sunscreen beberapa waktu lalu.

Uung Victoria Finky selaku founder Moell bersama dr. Richard Lee, selaku product development of Moell merilis produk physical sunscreen anak di Indonesia dengan tujuan untuk mengedukasi para ibu-ibu di Indonesia agar mengaplikasikan  sunscreen pada bayi mulai dari usia enam bulan.

Sunscreen dari Moell ini sudah 100 persen physical sunscreen, broad-spectrum dan SPF 50 PA ++++. Produk tersebut dibanderol seharga Rp65.000 untuk kemasan 30gr.

"Ini produk lokal Indonesia tapi kualitasnya sama seperti kualitas luar negeri, internasional nih dengan harga yang terjangkau," kata dr.Richard.

Saat acara seremonial perilisan sunscreen beberapa waktu lalu juga dihadiri oleh 1.200 ibu-ibu di Indonesia untuk bisa menyebarluaskan pentingnya memproteksi kulit si kecil secara maksimal dengan menggunakan sunscreen.

Uung Victoria Finky juga menyampaikan visi dari Moell ini adalah menyehatkan dan menutrisi kulit si kecil. Maka dari itu, semua produk Moell sangat diperhatikan kandungannya.

“Merawat kulit bayi sejak dini itu penting banget udah harus diperhatikan kandungannya, mulai dari menghindari penggunaan kandungan yang ada SLS-nya karena bisa dapat membuat kulit bayi menjadi iritasi terus juga bisa membuat kelembaban kulit bayi hilang dan harus memakai sunscreen setiap hari walaupun dirumah aja.” Ujar Uung Victoria Finky.

Harapan Uung Victoria Finky bersama Moell ke depannya ingin memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan kulit si kecil seperti penggunaan sunscreen agar anak-anak di Indonesia bisa memiliki kulit yang sehat dan juga ternutrisi dengan baik.

Pilihan Editor: 7 Kesalahan Memakai Tabir Surya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."