Ini yang Terjadi selama Operasi Caesar dan Proses Pemulihannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi operasi caesar. Babycenter.com

Ilustrasi operasi caesar. Babycenter.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Operasi caesar yang melibatkan operasi perut untuk melahirkan bayi melalui sayatan di rahim Anda umum terjadi. Contohnya di Amerika, sekitar 30 persen dari seluruh kelahiran terjadi melalui operasi caesar, menurut Cleveland Clinic.

Meskipun umum, operasi caesar adalah operasi besar (operasi ini dilakukan pada sebagian besar kasus ketika melahirkan melalui vagina tidak memungkinkan atau aman bagi Anda atau bayi Anda). Dan seperti operasi serius lainnya, proses pemulihan dapat membebani tubuh Anda.

Apa yang Terjadi Selama Operasi Caesar?

Operasi caesar dimulai dengan anestesi umum atau epidural untuk membuat Anda mati rasa dari pinggang ke bawah. Kemudian, tirai steril dipasang di tubuh Anda untuk persiapan prosedur.

Inilah yang terjadi langkah demi langkah selama operasi caesar, menurut Penn Medicine:

- Sayatan dibuat melalui kulit dan dinding perut Anda. Ini bisa horizontal (sepanjang garis bikini) atau vertikal.

- Otot perut Anda dipisahkan untuk memungkinkan akses ke rahim Anda.

- Sayatan lain, baik horizontal atau vertikal dibuat di dinding rahim Anda.

- Bayi dikeluarkan melalui sayatan ini.

- Anda mungkin akan merasakan tekanan (sering digambarkan sebagai sensasi mendorong) dua kali – ketika lapisan jaringan diregangkan untuk mengakses rahim dan kemudian saat mengeluarkan bayi.

- Tali pusar dipotong dan plasenta dikeluarkan.

- Prosedur caesar berlangsung sekitar 20 menit untuk kali pertama, dan operasi selanjutnya mungkin memakan waktu lebih lama.

Berapa Lama Pemulihan setelah Operasi Caesar?

Pemulihan dari operasi caesar adalah sebuah maraton, bukan lari cepat, menurut Marcy Crouch, ahli terapi fisik dasar panggul dan salah satu pembawa acara siniar atau podcastNo Mama Left Behind‌. Meskipun setiap orang berbeda, berikut adalah garis waktu umum untuk proses pemulihan operasi caesar:

- Dua hingga tiga minggu setelah operasi caesar

"Sayatan dangkal biasanya rendah dan di tempat rambut kemaluan Anda berada, biasanya akan tertutup dalam beberapa minggu," kata Crouch.

- Enam hingga delapan minggu setelah operasi caesar

"Meskipun Anda mungkin melihat sayatan telah sembuh, itu hanya di lapisan atas," kata Stephanie Hack, dokter kandungan dan ginekolog bersertifikat dan pendiri Lady Parts Doctor.

"Jaringan di bawahnya sedang melalui proses penyembuhan kompleks yang memerlukan waktu beberapa minggu lagi untuk pulih,” katanya.

Rata-rata, penyembuhan jaringan membutuhkan waktu antara enam hingga delapan minggu.

- Delapan minggu hingga satu tahun setelah operasi caesar

"Hanya karena lukanya sembuh bukan berarti lukanya sudah pulih atau Anda akan merasa "normal" setelah enam atau delapan minggu," imbau Crouch.

Penyembuhan internal, di mana tubuh Anda harus menyatukan otot, jaringan, dan pada dasarnya merekonstruksi lanskap membutuhkan waktu lebih lama.

Setiap tubuh bekerja sesuai waktunya masing-masing, namun diperkirakan pemulihan penuh setelah operasi caesar dapat memakan waktu sembilan bulan hingga satu tahun, kata Crouch.

Dan perlu diingat, penyembuhan mungkin akan lebih lambat jika Anda pernah menjalani operasi caesar sebelumnya.

“Meskipun tidak terjadi pada semua orang, pemulihan bisa menjadi lebih sulit setelah setiap operasi caesar berikutnya,” kata Dr. Hack.

Kapan Bisa Mulai Berolahraga setelah Operasi Caesar?

Meskipun kebanyakan orang mendapat izin untuk memulai aktivitas fisik rutin setelah enam hingga delapan minggu, itu tidak berarti tubuh Anda siap, kata Crouch. Lebih bijaksana untuk secara bertahap kembali ke latihan yang lebih intens seperti angkat beban.

“Biarkan tubuh Anda memandu prosesnya,” katanya. Jika Anda merasakan sakit saat beraktivitas, perhatikan pesan tubuh Anda, dan berhentilah melakukannya.

Dr. Hack pun menyetuju jika Anda mencoba untuk aktif terlalu cepat dapat memperlambat penyembuhan Anda dan menyebabkan cedera. Sekali lagi, bekerja sama dengan ahli terapi fisik, yang dapat membuat program latihan rehabilitasi individual, dapat menjadi sumber yang bagus selama pemulihan operasi caesar.

Segera Temui Dokter jika Terjadi Hal Berikut

Hubungi dokter kandungan atau bidan, jika Anda memiliki salah satu gejala berikut, menurut Clinic Cleveland:

- Sayatan merah atau bengkak

- Nanah atau keluarnya cairan dari sayatan

- Demam atau nyeri yang semakin parah

- Pendarahan hebat

- Nyeri panggul yang parah dan kram

Semoga ulasan di atas bisa membantu jika Sahabat Cantika berencana jalani operasi caesar.

Pilihan Editor: Nagita Slavina Operasi Caesar dengan Metode Eracs, Bagaimana Tahapan Prosesnya?

LIVESTRONG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."