Rutinitas Skincare Malam Hari Tidak Pakai Ribet, Hanya Butuh 4 Langkah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita merawat kulit. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita merawat kulit. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Malam hari memberikan kesempatan sempurna untuk ritual bersantai yang mempersiapkan kita untuk tidur dan menyiapkan kita untuk hari esok yang baik. Ini saat yang tepat untuk menenangkan pikiran kita, melatih cinta diri atau self love, dan merawat tubuh kita termasuk rutinitas skincare

“Saat tidur, kulit mengalami proses perbaikan dan peremajaan. Melakukan rutinitas perawatan kulit di malam hari memberi Anda kesempatan untuk memberikan nutrisi dan perawatan yang dibutuhkan kulit Anda sebelum melakukan proses perbaikan,” jelas dokter kulit bersertifikat Anna Chacon, MD, FAAD.

Dia menambahkan bahwa rutinitas perawatan kulit malam hari membantu menjaga kesehatan kulit, memperlambat proses penuaan, dan melawan efek paparan harian terhadap pemicu stres lingkungan termasuk yang paling umum (yaitu matahari). Kulit Anda akan berterima kasih karena Anda menerapkan rutinitas malam hari sederhana yang kami uraikan di bawah.

Rutinitas skincare malam terbaik sebenarnya cukup sederhana. Hal ini memastikan kulit Anda mendapatkan perawatan yang dibutuhkan dan perhatian ekstra tergantung pada masalah spesifik Anda.

Berikut urutan skincare malam sederhana yang direkomendasikan Anna Chacon:

Langkah 1: Cuci Wajah Anda dengan Pembersih Lembut

Langkah pertama dari rutinitas perawatan kulit malam Anda adalah mencuci muka. Apa pun jenis kulit Anda, pilihlah pembersih yang lembut dan pastikan untuk meluangkan waktu satu (atau dua!) menit untuk menyabuni pembersih dan mengoleskannya pada kulit Anda. 

Jika Anda memiliki kulit kering, pilih pembersih wajah berbahan dasar minyak yang melembapkan. “Pembersih menghilangkan kotoran sehari-hari, termasuk riasan, kotoran, dan faktor lingkungan lainnya,” kata Dr. Chacon.

Langkah 2: Toner Menyegarkan

Toner membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH kulit Anda dan mengembalikan kelembapan yang hilang selama proses pembersihan. Meskipun Anda memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat, toner adalah ide yang bagus.

“Asam kulit kita adalah pelindung yang menangkal patogen dan mengatur kelembapan,” jelas Justine Kahn, ahli kecantikan dan pendiri Botnia Skincare. “Sepanjang hari, berbagai faktor mengganggu keseimbangan ini, menjadikan produk dengan pH yang disesuaikan penting untuk memulihkan keseimbangan.”

Langkah 3: Terapkan Produk Perawatan Sesuai Kebutuhan

Diamkan toner Anda selama sekitar 60 detik, lalu gunakan produk perawatan. Bagian dari rejimen ini memungkinkan personalisasi paling banyak karena menargetkan tujuan perawatan kulit spesifik Anda.

Di sini, Anda dapat menentukan apakah Anda ingin fokus pada anti-penuaan, mencerahkan, mengurangi jerawat, atau meminimalkan bintik hitam, kata Dr. Chacon. Karena produk perawatan ini mengandung bahan aktif, penting untuk mengaplikasikannya hanya satu kali setiap malam. Anda dapat mengganti produk yang Anda gunakan dua malam sekali (atau beberapa malam sekali) tergantung kebutuhan Anda.

Oleskan produk berbasis asam alfa hidroksi (AHA) atau berbasis enzim yang melakukan eksfoliasi dengan lembut sehingga kulit tampak lebih halus dan cerah. 

Jika memiliki masalah jerawat bisa memakai produk berbahan dasar asam beta-hidroksi (BHA) (juga dikenal sebagai asam salisilat) atau benzoil peroksida.  Jika bintik matahari atau hiperpigmentasi membuat Anda kesal, Anda dapat menggunakan produk yang membantu meminimalkannya. 

Langkah 4: Oleskan Pelembab

Selesaikan perawatan Anda dengan mengoleskan pelembab. “Langkah ini menghidrasi kulit dan mengunci serum dan produk perawatan kulit Anda pada tempatnya,” kata Dr. Chacon. Untuk langkah ini, Anda juga sebaiknya memilih produk berdasarkan jenis kulit Anda.

Pilihan Editor: Mengulik Rutinitas Skincare dan Makeup Hanifa Ambadar, Penggagas Jakarta X Beauty

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."