Catat, Ini 12 Tanda Red Flag dalam Hubungan yang Perlu Diwaspadai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/tirachardz

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut Psychology Today, tanda bahaya atau red flag dalam hubungan adalah indikator intuitif yang memberi tahu kita bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Meskipun kadang sulit dikenali di awal berkencan, seiring bertambahnya waktu dan semakin mengenali apa yang dibutuhkan dalam jalinan asmara, kita menjadi lebih  mengenal tanda-tanda red flag dalam hubungan.

Seringkali, tanda bahaya menandakan sesuatu yang mungkin menjadi masalah seiring kemajuan hubungan, jadi penting untuk mengenal diri sendiri dan mencari tahu batasan Anda. Berikut tanda red flag dalam hubungan yang perlu diwaspadai.

1. Berhenti Berhubungan Intim

Jika Anda dan suami yang sebelumnya rutin berhubungan intim dan tiba-tiba tidak melakukannya dalam waktu lama, mungkin ada sesuatu yang terjadi. Perubahan tak terduga dalam perilaku seksual mungkin berarti sesuatu atau seseorang membuat pasangan kesal, menurut Irina Firstei, terapis spesialisasi dalam konseling pasangan, pernikahan, dan individu yang berbasis di New York.

Sentuhan lainnya, seperti berpegangan tangan, juga penting. Namun jika menyangkut keintiman fisik, perubahan nyata dalam kehidupan seks Anda adalah indikator terbesar dari tanda red flag dalam hubungan.

Namun, sebelum Anda mengecek ponsel dan memeriksa laporan kartu kredit, tanyakan langsung kepada pasangan Anda apakah ada sesuatu yang terjadi atau tidak, saran Jenna Birch, pelatih kencan, jurnalis, dan penulis The Love Gap: A Radical Plan to Win in Life & Love. Jika pasangan tidak berterus terang tentang keberadaan mereka atau ceritanya tidak sesuai, itu pertanda red flag.

2. Berbicara Tentang Mantannya

Ketika pasangan Anda kerap mengatakan hal-hal negatif tentang mantannya menunjukkan bahwa dia tidak menganggap dirinya bertanggung jawab dalam hubungan tersebut. Berarti jika pasangan bisa melakukannya pada orang lain, maka dia juga bisa melakukannya pada Anda. Dan, itu juga sinyal dia belum siap memulai lembaran baru dengan Anda.

3. Sering Membatalkan Janji di Menit-menit Terakhir

Ketika pasangan membatalkan janji kencan di menit-menit terakhir, Anda dapat memaklumi jika ada kondisi darurat atau mendesak. Tapi lain ceritanya, jika hal itu sering dilakukan, berarti Anda bukan prioritas dalam hidupnya.

Jika hal itu terjadi, tanyakan secara langsung apakah masalah di tempat kerja itu wajar atau apakah mereka berusaha menghindari Anda. Bilamana di tidak menyukai pertanyaan atau bahkan tak merespons, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan kembali berbagai hal.

4. Menghindari Obrolan Serius dan Sensitif

Wajar jika suatu hubungan mengalami situasi tak nyaman. Namun satu-satunya cara untuk mencapai tempat yang lebih baik adalah dengan melakukan percakapan yang tidak nyaman tersebut. Anda tentu tidak berharap untuk menjalin ikatan dengan seseorang yang mengalihkan ohrolan serius dan sensitif.

Orang yang menolak mengomunikasikan keadaan hubungannya biasanya tidak ingin memiliki atau bertahan dalam hubungan nyata, dan itu adalah tanda red flag dalam hubungan. Karena seperti yang kita tahu, komunikasi adalah kunci setiap hubungan apa pun, termasuk asmara.

5. Mencoba Mengubah Anda

Pasangan yang memaksa Anda melakukan apa pun, entah itu hal kecil, seperti memotong rambut atau mengenakan rok pendek, atau hal besar, seperti menghabiskan lebih sedikit waktu bersama teman dan keluarga, itu pertanda orang yang mengendalikan Anda dan termasuk red flag.

Anda seharusnya berkencan dengan pasangan yang  menyukai versi terbaik Anda, bukan versi diri Anda yang mereka coba ciptakan.

6. Egois

Anda pergi ke jamuan kerja mereka dan pergi menemui keluarga mereka untuk berlibur, bahkan menyiapkan makanan dan membereskan kekacauan untuk mereka. Lantas, apakah mereka melakukan hal yang sama untuk Anda? Jika tidak, itu sinyal bahaya.

“Hubungan adalah jalan dua arah,” kata Firstein, dan upaya Anda harus dibalas.

Jika mereka memiliki perasaan sangat penting, rasa berhak, atau kurang empati, mereka mungkin seorang narsisis, itu peringatan red flag besar. 

7. Meremehkan dan Tidak Menganggap Anda Serius

Ketika Anda bertengkar dengan sahabat Anda dan itu benar-benar mengganggu Anda, lalu saat Anda berbagi dengan pasangan, dia memutar mata dan menggumamkan “itu menyebalkan”.

Bukankah pasangan yang seharusnya bisa Anda andalkan? Ketidakpedulian sesekali dapat dimaafkan karena mungkin dia tidak memahami gawatnya situasi, tetapi ketika meremehkan terus-menerus dan terarah, itu pertanda red flag.

8. Merendahkan Terus-menerus

Pasangan yang membuat Anda merasa tidak cerdas, tidak menarik, dan merendahkan harga diri Anda daripada mencoba membuat Anda tersenyum adalah tanda bahaya dan jelas bukan pasangan yang ingin Anda lihat lebih sering.

“Pasangan yang berbicara seperti ini kepada Anda menunjukkan rasa tidak amannya sendiri dan harus mencari terapi,” kata Firstein.

9. Selalu Marah saat Bertengkar

Setiap pasangan bisa bertengkar, dan setiap orang mempunyai momen ketika mereka menjadi terlalu kesal. Namun jika pasangan Anda punya kecenderungan untuk menjadi sangat marah setiap kali Anda berselisih paham seperti berteriak, mencaci-maki, menghentak-hentakkan kaki, meninju tembok, ini adalah tanda bahaya yang menunjukkan bahwa situasi Anda sangat beracun.

10. Mengecek Ponsel Anda

Ketika pasangan sering mengecek teks pesan, media sosial hingga riwayat panggilan tanpa seizin Anda, itu termasuk red flag dalam hubungan.

“Berarti pasangan memiliki masalah kepercayaan yang besar,” kata Firstein.

Inilah saatnya untuk berbicara. Meskipun sedikit rasa cemburu bisa menyehatkan dalam suatu hubungan, kata Dr. Leela Magavi dari Community Psychiatry, jika itu menghasilkan komentar dan tindakan impulsif yang berkaitan dengan ketidakpercayaan seperti, 'Saya tahu kenapa kamu tidak mengirimi saya pesan. segera kembali. Saya yakin Anda malah mengirim SMS ke orang itu, saatnya pertimbangkan untuk keluar dari hubungan

11. Kasar terhadap Orang Tuanya

Pasangan yang jahat atau tidak peduli dengan orang tua dia yang penuh kasih biasanya membawa sikap itu juga dalam hubungan mereka. Jika mereka tidak bisa menghormati orang yang merawat dan membesarkannya, bagaimana sikap dia terhadap Anda?

12. Anda Belum Bertemu Orang-orang Penting bagi Pasangan

Anda telah meminta untuk bertemu dengan anggota keluarga, teman, atau bahkan rekan kerja pasangan, tapi belum pernah dipenuhi. Itu bukan pertanda baik, apakah dia menyembunyikan Anda atau hanya ing bersenang-senang.

Pilihan Editor: 6 Tanda Kamu Merasa Dicintai Padahal Red Flag, Harus Mengabari Setiap Waktu

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."