6 Tanda Kamu Merasa Dicintai Padahal Red Flag, Harus Mengabari Setiap Waktu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Istilah toxic relationship mengacu pada sebuah hubungan yang tidak sehat dan ditandai dengan berbagai perilaku 'beracun' yang punya potensi merusak fisik dan mental diri sendiri atau pasangan. (Foto: Canva)

Istilah toxic relationship mengacu pada sebuah hubungan yang tidak sehat dan ditandai dengan berbagai perilaku 'beracun' yang punya potensi merusak fisik dan mental diri sendiri atau pasangan. (Foto: Canva)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pada tahap awal cinta, kita semua sering dibutakan oleh hal-hal yang baik. Bahkan ketika kita melihat tanda-tanda peringatan, kita gagal mengenali red flag yang mungkin akan kita hadapi di masa depan. Karena kita hanya fokus menginginkan yang terbaik dari cinta, kita kesulitan menerima tanda-tanda ini, karena tanda-tanda itu tidak terasa dan membuat kita istimewa.

Sebelum mulai menjalin hubungan dan dicintai, perhatikan lima tanda yang bisa jadi red flag dan berpotensi pada toxic relationship

Jadi, inilah enam hal yang mungkin terlihat seperti cinta, namun sebenarnya sangat bermasalah.

1. Mengetahui keberadaan kamu setiap saat

Tidak ada salahnya untuk saling mengetahui rencana satu sama lain saat Anda berdua sedang sibuk dan berusaha membuat rencana. Namun ketika pasangan Anda bertindak seperti alat pelacak yang perlu mengetahui di mana Anda berada sepanjang waktu, itu menandakan sifat obsesif yang tidak sehat.

Ini mungkin terlihat seperti cinta, tetapi ini adalah kendali dan obsesi. Fakta bahwa Anda tidak dapat memiliki otonomi dalam hubungan Anda adalah jalur cepat menuju bencana.

2. Mengirim chat dan menelepon setiap hari

Tentunya setiap hubungan membutuhkan komunikasi dan pada awalnya banyak hal yang dilakukan agar bisa saling mengenal. Dapat dimengerti bahwa Anda tidak bisa merasa puas satu sama lain.

Namun terkadang, perilaku seseorang mulai menjadi manipulatif ketika mereka mempertanyakan waktu respons Anda atau berulang kali menelepon Anda hingga Anda mengangkatnya. Dan ketika mereka mulai menuntut Anda untuk merespons tepat pada saat mereka menghubungi Anda, itu bukanlah komunikasi yang penuh gairah. Itu manipulatif, teritorial, dan menyeramkan.

3. Menekan kamu untuk membicarakan hal-hal yang tidak diinginkan

Setiap orang mempunyai batasan dan zona nyaman dalam hal apa yang ingin mereka bagikan. Namun ketika seseorang memaksa dan hampir menekan orang lain untuk menyampaikan detail yang tidak mereka inginkan, hal ini menjadi masalah.

Ini adalah langkah mudah menuju pelecehan emosional. Selain itu, mengetahui rahasia dan pemikiran tergelap kamu membuat orang yang menekan kamu bisa memanfaatkan dan memungkinkan terjadinya pelecehan di masa depan. Sepertinya mereka menyandera Anda. Ini adalah perilaku yang sangat toksik dan tidak sopan.
  

4. Hanya ingin bertemu denganmu

Agak aneh ketika mereka ingin bertemu dengan kamu dan mereka lebih menghargai kamu daripada teman-temannya. Namun, ketika mereka mulai menolak pertanyaan tentang bertemu teman satu sama lain, mulailah berhati-hati.

5. Stalking media sosial kamu

Mungkin tampak menggemaskan bahwa mereka memperhatikan aktivitas media sosial kamu, tetapi pada saat yang sama, mereka hanya mencoba untuk tetap membuka tab akun kamu. Mereka tidak melewatkan postingan yang kamu sukai atau komentari, atau komentari retweet Anda, atau meme yang diberi tag.

Ini mungkin masalah kecemburuan atau rasa tidak aman, tapi itu juga posesif dan tidak pantas. Nantinya, hal ini dapat menyebabkan munculnya pesan pribadi dengan orang lain, berbagi kata sandi, dan juga informasi pribadi lainnya, yang merupakan perilaku toksik. 

6. Memohon kesempatan kedua

Pada titik tertentu, “korban” akan menyadari sifat dan perilaku beracun mereka sendiri. Ketika mereka melakukannya, mereka mungkin akan menanyai Anda atau memanggil Anda.

Hal ini mungkin mulai terjadi lebih sering. Jika orang lain terus meminta maaf dan meminta kesempatan kedua, mereka tahu bahwa mereka sudah tidak bisa diberi kesempatan, tetapi mereka masih dapat memanipulasi Anda agar kembali lagi kepadanya untuk melanjutkan lingkaran setan. Mereka tahu apa yang harus dikatakan dan bagaimana memainkan peran sebagai korban.

Pilihan Editor: Aurelie Moeremans bagi 5 Tanda Pasangan Red Flag, Wajib Share Lokasi

YOUR TANGO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."