Ini Arti Istilah Hubungan Red Flag, Green Flag, dan Beige Flag

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi pasangan di Jepang. Foto: Freepik.com

Ilustrasi pasangan di Jepang. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap generasi mungkin memiliki gaya bahasa mereka sendiri. Kalangan generasi Z atau Gen Z cukup akrab dengan istilah green flag, red flag, hingga beige flag untuk menilai ciri-ciri suatu hubungan atau relationship. Ketiga istilah ini ramai dikenal melalui berbagai konten di media sosial, mulai dari Instagram, X, dan TikTok. Simak perbedaannya berikut.

Arti istilah green flag menandakan hubungan yang sehat

Green flag digunakan untuk menggambarkan kondisi hubungan atau relationship yang positif dan sehat. Hal ini biasanya tampak melalui kebiasaan dan perilaku pasangan dalam menjalani hubungan mereka, salah satunya komunikasi yang baik. 

Bagi sebagian besar relationship, berbicara secara terbuka tentang masalah dan mendengarkan satu sama lain dengan pasangan, menjadi salah satu bentuk hubungan yang sehat. Selain itu, mereka juga saling menghormati pendapat satu sama lain, saling memberi kebebasan untuk menjadi diri sendiri dan dicintai apa adanya.

Dilansir dari laman National Domestic Violence Hotline, green flag dalam sebuah hubungan juga dapat dilihat ketika suatu pasangan membuat keputusan bersama dan berpegang pada standar yang sama. Misalnya, Anda dan pasangan Anda memiliki hak yang sama dalam mengambil keputusan penting dalam hubungan. Contohnya ketika Anda menikmati menghabiskan waktu terpisah, sendirian, atau bersama orang lain. 

Anda dan pasangan akan menghormati kebutuhan satu sama lain akan waktu dan ruang yang terpisah. Selain itu, Anda juga berkomunikasi dengan satu sama lain tentang apa yang Anda dan pasangan tidak sukai.

Arti istilah red flag menandakan toxic relationship

Bertolak belakang dengan istilah green flag, red flag dalam sebuah hubungan menandakan bahwa suatu pasangan sedang menjalankan toxic relationship atau hubungan yang tidak sehat. 

Dilansir dari laman Science of People, red flag pada tahap awal berkencan bisa jadi tidak kentara atau terlihat jelas. Jika tanda bahaya muncul lebih dari satu kali, penting untuk diperhatikan sebelum hubungan menjadi terlalu jauh.

Hal tersebut tampak melalui beberapa perlakuan suatu pasangan sebagai berikut.

1. Pasangan Anda tidak pernah menanyakan pertanyaan kepada Anda dan hanya berbicara tentang dirinya sendiri.

2. Pasangan Anda menyebutkan namanya dan terus-menerus berbicara tentang berapa banyak uang yang dimilikinya.

3. Pasangan Anda tidak bisa berhenti membicarakan mantannya sejak awal.

4. Pasangan Anda menggoda semua orang, membuat Anda bingung tentang niatnya.

5. Selalu berperan sebagai korban dalam setiap skenario dramatis dalam hidupnya.

6. Percakapan menjadi jalan satu arah yang hanya berfokus pada dirinya.

7. Menghindari komitmen dan menjadi sulit dipahami ketika Anda berbicara tentang masa depan.

8. Selalu merasa emosi dan mengharapkan Anda untuk menyelesaikan semua masalahnya.

9. Sering mengkritik penampilan atau perilaku Anda.

Arti istilah beige flag mengacu pada hubungan yang flat dan membosankan

Selain red flag dan green flag, dalam sebuah hubungan di kalangan generasi Z juga dikenal istilah beige flag. Beige flag menjadi posisi di antara hubungan sehat dan toxic relationship. Biasanya, hubungan ini flat dan membosankan karena pasangan kurang memiliki pengertian dan komunikasi yang baik.

Setiap pasangan jelas memiliki pandangan berbeda terhadap perilaku yang masuk dalam kategori bendera krem. Mereka juga berbeda-beda dalam mengkategorikan perilaku pasangan ke dalam bendera merah (red flag), bendera hijau (green flag), atau bendera krem (beige flag). 

Beige flag merupakan perilaku yang sebenarnya netral. Perilaku tersebut dapat dikatakan tidak buruk, tetapi juga tidak dapat dikategorikan sebagai perilaku yang baik. Bisa juga dikategorikan sebagai perilaku aneh yang justru dapat menimbulkan keraguan, meskipun tidak mengganggu dan dapat ditoleransi oleh pasangannya. Hal tersebut menjadi hal yang relatif karena berdasarkan pendapat masing-masing hubungan.

Pilihan Editor: 25 Tanda Red Flag dalam Pertemanan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

MUTIARA ROUDHATUL JANNAH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."