Perjalanan Karier Selena Gomez di Akting dan Musik, Lebih dari Dua Dekade

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Selena Gomez dalam video musik Single Soon yang dirilis pada Jumat, 25 Agustus 2023. (YouTube Selena Gomez)

Selena Gomez dalam video musik Single Soon yang dirilis pada Jumat, 25 Agustus 2023. (YouTube Selena Gomez)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dari terjun ke dunia hiburan melalui Disney Channel, nama Selena Gomez dengan cepat menjadi bintanv pop remaja, dan kemudian menjadi salah satu penyanyi pop paling populer saat ini.

Sejak memulai dunia akting, Selena dengan cepat menunjukkan bahwa dia adalah kekuatan yang harus diperhitungkan dalam hal musik, namun di awal tahun ini dia menyampaikan kejutan bahwa dia mungkin pensiun dari musik.

Terlepas dari kemungkinan perempuan 31 tahun itu pensiun atau rehat dari musik, berikut kilasan perjalanan kariernya yang dirintis lebih dari 20 tahun atau dua dekade lalu.

2002-2004: Penampilan Perdana di Barney & Friends

Pada tahun 2002, Selena mengambil langkah pertamanya ke dunia showbiz, setelah merasakan dunia hiburan dari menonton ibunya mempersiapkan produksi panggung. Muncul di serial TV anak-anak populer Barney & Friends, Selena memainkan karakter bernama Gianna, bersama calon sahabatnya, Demi Lovato .

Selena tampil dalam total 13 episode, hingga tahun 2004. Mengenai perannya di acara itu, penyanyi tersebut mengatakan: "Saya sangat pemalu ketika saya masih kecil. Saya tidak tahu apa itu 'hak kamera'. Saya tidak tahu apa itu pemblokiran. Saya belajar semuanya dari Barney," jelasnya dikutip dari Planet Radio, 3 Januari 2024.

2006-2007: Peran pertama Selena di Disney

Setelah penampilannya di Barney & Friends, Selena mengambil peran kecil dalam film seperti Spy Kids 3-D: Game Over (2003) dan Walker, Texas Ranger: Trial by Fire (2005).

Saat itulah pada tahun 2006 dia melangkah ke dunia Disney Channel, menjadi bintang tamu dalam seri dua episode serial populer The Suite Life of Zack & Cody. Selena berperan sebagai Gwen, seorang gadis muda yang menemukan dirinya dalam cinta segitiga dengan si kembar.

Setahun kemudian, pada tahun 2007, Selena mengantongi peran berulang dalam acara Disney Channel terkenal lainnya, Hannah Montana. Muncul secara sporadis sebagai saingan bintang pop Hannah, Mikayla, dia menunjukkan bakat musiknya di acara itu dengan menyanyikan lagunya If Cupid Had a Heart.

Selena Gomez. Foto: Instagram/@selenagomez

2007: Membintangi Wizards of Waverly Place

Menyusul kemunculannya sebagai bintang tamu di acara Disney Channel, pada tahun 2007 Selena mengokohkan status idola remajanya ketika dia mengantongi peran Alex Russo, di Disney Wizards of Waverly Place.

Acara tersebut dengan cepat menjadi salah satu yang paling sukses di Disney Channel. Hingga saat ini Selena juga menjadi salah satu dari 10 bintang TV anak-anak dengan bayaran tertinggi sepanjang masa.

Acara tersebut mengikuti seorang gadis remaja (Alex) dalam keluarga penyihir yang memiliki sebuah restoran di New York, berlangsung selama lima tahun, merilis musim keempat dan terakhirnya pada tahun 2012.

2008: Lebih banyak film dan soundtrack

Saat mengerjakan Wizards of Waverly Place, wajar untuk mengatakan bahwa Selena sedang sibuk! Bersamaan dengan syuting musim kedua, aktris ini menjadi pengisi suara karakter Helga dalam film animasi Horton Hears a Who!, serta mengantongi peran utama Mary Santiago dalam film Another Cinderella Story.

Berkat penampilannya dalam Another Cinderella Story, Selena memenangkan Young Artist Award yang diberikan oleh Young Artist Foundation. Tak hanya itu, Selena bahkan menyumbangkan tiga lagu untuk soundtrack film tersebut termasuk entri pertamanya di US Billboard Hot 100 Chart, Tell Me Something I Don't Know.

2009: Selena Gomez & the Scene

Setelah menandatangani kontrak rekaman dengan Hollywood Records pada tahun 2008, di usianya yang baru 16 tahun, Selena membentuk band pop remajanya sendiri, Selena Gomez & the Scene.

Dari tahun 2009-2011, grup ini merilis total tiga album. Debut mereka pada bulan September 2009 Kiss & Tell, diikuti oleh A Year Without Rain pada bulan September 2010 dan When the Sun Goes Down pada bulan Juni 2011. Ketiga album tersebut mendapatkan sertifikasi Emas (penjualan album 500.000 keping) di Amerika, sementara semuanya mendapatkan sertifikasi Perak di Inggris.

Selena Gomez. Foto: Instagram/@selenagomez

2009: Selena membintangi Princess Protection Program bersama Demi Lovato

Selena bersama Demi Lovato membintangi film Princess Protection Program. Film ini ditayangkan pada bulan Juni 2009, meraup lebih dari 8,5 juta penonton selama penayangan perdananya. Tentu saja, Disney memanfaatkan bakat musik gadis-gadis itu saat pasangan tersebut merekam lagu untuk soundtrack film tersebut berjudul One and the Same.

2009: Raih Penghargaan di Kids Choice Award

Tahun 2009 juga menandai dimulainya lima tahun berturut-turut Selena sebagai Kids' Choice Award untuk Aktris TV Favorit. Penyanyi/aktris ini membawa pulang penghargaan tersebut pada tahun 2009-2013, sebelum Ariana Grande memenangkan penghargaan tersebut pada tahun 2014.

2010-2011: Selena mengalihkan perhatiannya ke musik

Pada tahun 2010, Selena & the Scene semakin populer dengan pesat, dengan lagu yang menduduki peringkat tinggi seperti Naturally dan Round & Round. Di tahun itu, grup tersebut mengadakan tur pertama mereka 'Selena Gomez & the Scene: Live in Concert'. Mereka juga meraih dua Teen Choice Awards, untuk Music Group dan Music Breakout Artist.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."