Perjalanan Karier Selena Gomez di Akting dan Musik, Lebih dari Dua Dekade

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Selena Gomez dalam video musik Single Soon yang dirilis pada Jumat, 25 Agustus 2023. (YouTube Selena Gomez)

Selena Gomez dalam video musik Single Soon yang dirilis pada Jumat, 25 Agustus 2023. (YouTube Selena Gomez)

IKLAN

2012: Spring Breakers, pengisi suara dan musik solo

Pada tahun 2012, Selena mulai mengambil peran yang lebih dewasa di layar, dimulai dengan perannya sebagai Faith di Spring Breakers. Film ini menampilkan pemeran all-star, termasuk Vanessa Hudgens, Ashley Benson, James Franco, dan Rachel Korine. 

Meminjamkan bakat vokalnya ke dunia perfilman, Selena juga mengisi suara karakter Mavis Dracula di film animasi Hotel Transylvania.

Ini juga merupakan tahun di mana Selena mulai lebih fokus pada karier musik solonya, setelah mengumumkan bahwa Selena Gomez & the Scene sedang memasuki masa jeda. Dia juga mengungkapkan bahwa band ini tidak akan merilis album baru pada tahun itu, meskipun mereka meraih Teen Choice Award ketiga mereka untuk Grup Terbaik.

2013: Debut album solo Stars Dance

Pada Juli 2013, setahun setelah bandnya bubar, Selena merilis debut album solo bertajuk Stars Dance. Single utama dari debutnya adalah Come & Get It yang dia rilis tiga bulan sebelum album lengkap.

Single ini menjadi entri Top 10 pertamanya di Billboard Hot 100 Amerika, dan juga memuncak di Nomor 8 di Inggris. Video Come & Get It juga memenangkan Video Pop Terbaik di MTV Video Music Awards 2013.

Selena juga melakukan tur album pada bulan Agustus 2013 - namun, setelah melakukan perjalanan melalui Amerika Utara dan Eropa, dia membatalkan tur Australia dan Asia yang dijadwalkan pada bulan Desember tahun itu.

Penyanyi tersebut mengumumkan bahwa dia akan mengambil jeda untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya, kemudian mengambil waktu untuk beristirahat.

Menambah kesuksesannya di tahun 2013, Selena juga menjabat sebagai produser eksekutif di acara spesial Disney Channel The Wizards Return: Alex vs. Alex, yang juga ia bintangi lagi sebagai Alex Russo.

2014-2015: Album kompilasi, film dan The Heart Wants What It Wants

Meski meluangkan waktu untuk kesehatannya, Selena merilis album Greatest Hits pertamanya pada November 2014 yang bertajuk For You. Album ini mencakup materi solo dan Selena Gomez & the Scene, dan merupakan rilisan terakhirnya dengan Hollywood Records.

Berperan sebagai single utama dari album, Selena merilis The Heart Wants What It Wants, yang menjadi hit Top 10 keduanya di AS, memuncak pada posisi 30 di UK Chart.

Sepanjang tahun 2014 dan 2015, Selena juga tampil di berbagai film, antara lain Behaving Badly dan Rudderless.

Selena Gomez. Instagram.com/@selenagomez

2015: Kolaborasi besar dan Good For You

Pada tahun 2015, saat dia sedang mengerjakan album keduanya, Selena merilis kolaborasi besar dengan DJ Jerman Zedd. Dirilis pada bulan Februari tahun itu, lagu tersebut diberi judul I Want You to Know, dan langsung menjadi hit di kalangan penggemar. Mencetak tempat Nomor 4 di UK Dance Chart, lagu ini juga mencapai Nomor 14 di UK Singles Chart.

Lagu Good For You yang berkolaborasi dengan rapper Amerika ASAP Rocky meraih kesuksesan yang tak terbantahkan. Lagu tersebut debut di Nomor 1 di Digital Songs Chart, dan juga meraih minggu penjualan terbaik untuk sebuah single dalam karirnya.

2015: Revival

Pada 9 Oktober 2015, Selena merilis album keduanya yang bertajuk Revival. Ini adalah album pertamanya sejak berpisah dengan Hollywood Records.

Revival dirilis oleh Interscope Records, dan sekarang mendapatkan sertifikasi Emas di Inggris. Bersama-sama menulis 12 dari 16 lagu, album ini mencerminkan perjalanannya dengan sorotan media sejak 2013.

Lagu-lagu di album ini termasuk lagu tituler, serta Kill Em with Kindness, Me & the Rhythm, dan hit bop Hands to Myself, yang mencapai Nomor 14 di UK Chart.

Album ini - terutama dance-pop - juga menggabungkan elektro-pop dengan getaran R & B di seluruh bagiannya. Rolling Stone menggambarkannya sebagai suara artis pop baru  yang tumbuh menjadi kekuatan yang belum pernah ada sebelumnya.

2016: Tur dan kolaborasi

Mulai Mei 2016, Selena memulai "Revival Tour" di seluruh dunia, namun terpaksa membatalkan pertunjukan terakhirnya di Eropa dan Amerika Selatan pada bulan Agustus karena kesehatannya, setelah didiagnosis menderita Lupus pada tahun 2014.

Mulai mengerjakan album ketiganya, Selena menyenangkan para penggemarnya. saat ia merilis kolaborasi dengan Charlie Puth, berupa single We Don't Talk Anymore. Sukses secara internasional, lagu ini mencapai posisi Nomor 14 di UK Chart dan sekarang disertifikasi Platinum oleh BPI. Selain itu, dengan lebih dari 3 miliar penayangan, video musik tersebut menjadi video musik YouTube yang paling banyak ditonton yang diterbitkan pada tahun 2016.

2016: Orang yang paling banyak diikuti di Instagram dan penghargaan

Setelah meluangkan waktu untuk fokus pada kesehatan mentalnya, Selena terlihat absen dari acara sosialnya. Meski begitu, Selena menjadi orang yang paling banyak diikuti di Instagram, dan juga orang pertama yang mencapai 100 juta pengikut.

Pada tanggal 20 November 2016, dia membuat penampilan pertamanya sejak mengambil cuti ketika dia tampil di American Music Awards 2016. Dinominasikan untuk dua penghargaan, Selena membawa pulang penghargaan untuk Artis Wanita Pop/Rock Favorit.

Dia juga dinominasikan untuk dua penghargaan di Billboard Music Awards 2016, serta masuk dalam daftar 30 Under 30 Forbes, dalam kategori musik.

2017: It Ain't Me dengan Kygo

Pada 16 Februari 2017, Selena merilis salah satu kolaborasi terpopulernya hingga saat ini It Ain't Me, dengan DJ Norwegia Kygo. Pasangan ini merilis lagu tersebut bersama-sama, dan mencapai Top 10 di sebagian besar tangga lagu musik utama di seluruh dunia, termasuk Inggris. Memuncak di Nomor 7 di UK Singles Chart, dan Nomor 2 di UK Dance Chart, lagu ini juga menerima banyak nominasi untuk penghargaan besar di seluruh dunia.

Selena Gomez dalam film dokumenter Selena Gomez: My Mind and Me yang tayang di Apple TV+. Foto: Instagram Selena Gomez.

2017: 13 Reasons Why

Pun pada tahun 2017, Selena menjabat sebagai produser eksekutif untuk adaptasi seri 13 Reasons Why - sebuah novel dewasa muda yang aslinya ditulis oleh Jay Asher pada tahun 2007. Acara ini digambarkan sebagai drama remaja masa depan, yang berhubungan dengan subjek-subjek yang menyentuh hati. seperti bunuh diri dan kesehatan mental.

Di acara itu, Selena berkata: "Kami tetap setia pada bukunya dan pada awalnya apa yang (penulis) Jay Asher ciptakan adalah kisah yang sangat tragis, rumit namun menegangkan dan saya pikir itulah yang ingin kami lakukan. Kami ingin melakukannya dengan adil dan, ya, (serangan baliknya) akan datang apa pun yang terjadi. Ini bukan topik yang mudah untuk dibicarakan, tapi saya sangat beruntung dengan hasilnya."

Tayang perdana di Netflix pada bulan Maret 2017, acara tersebut - yang dibintangi oleh Dylan Minnette dan Katherine Langford - menjadi acara yang paling banyak di-tweet pada tahun itu, dan serial streaming orisinal yang paling banyak ditonton pada tahun 2018.

Serial TV tersebut berakhir pada Juni 2020, setelah empat musim. Sepanjang musim, Selena merekam beberapa lagu soundtrack, termasuk Back To You (musim kedua) dan versi cover dari lagu Only You (musim pertama).

2017: Bad Liar dan Wolves

Pada 18 Mei 2017, Selena merilis lagu besarnya Bad Liar. Bersamaan dengan lagu tersebut, ia merilis video musik vertikal, secara eksklusif melalui Spotify - menandai pemutaran perdana video musik pertama di platform streaming tersebut.

Dengan peringkat Billboard Bad Liar sebagai lagu terbaik tahun 2017, lagu ini secara luas dianggap sebagai lagu terbaik Selena. Pada bulan Juli, dia kemudian merilis single Fetish.

Kemudian, pada 25 Oktober 2017, Selena bekerja sama dengan produser EDM Marshmello di lagu mereka Wolves. Lagu ini sukses besar, mencapai Top 10 di tangga lagu di Inggris, Australia, Kanada, dan banyak negara di Eropa.

Mengakhiri tahun yang luar biasa, Selena dinobatkan sebagai Woman of the Year versi Billboard.

2018: Taki Taki dengan Cardi B, Ozuna dan DJ Snake

Pada bulan September 2018, Selena tampil di lagu DJ Snake Taki Taki bersama dengan ikon rap Cardi B dan Ozuna. Lagu ini mencapai posisi ke-15 di UK Chart, menempati posisi Nomor 3 di UK Dance Chart.

Dinominasikan untuk berbagai penghargaan, lagu ini membawa pulang dua Penghargaan Musik Amerika Latin, serta sebuah Penghargaan Milenial MTV.

Pada titik ini, sejak tahun 2011, Selena mencatatkan 16 lagu Top 40 berturut-turut berturut-turut di Billboard Hot 100, yang merupakan masa aktif terlama dibandingkan artis mana pun. Pada bulan November, Gomez menjadi artis Spotify yang paling banyak diputar pada saat itu - melampaui Drake - dengan 46 juta pendengar bulanan, meskipun belum merilis album sejak tahun 2015.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."