Alasan Pentingnya Antioksidan untuk Perawatan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Antioksidan salah satu kandungan wajib dan primadona dalam produk perawatan kulit atau skincare. Namun di luar mengetahui bahwa antioksidan baik untuk kulit Anda, tahukah Anda apa itu antioksidan? Jika belum begitu memahaminya atau Anda lupa-lupa ingat, yuk kita segarkan ingatan bersama.

Apa Itu Antioksidan Untuk Kulit?

“Antioksidan adalah molekul yang menetralkan radikal bebas dalam tubuh Anda, yaitu molekul tidak stabil yang dapat merusak sel Anda,” kata dokter kulit Shari Sperling, MD, dari Sperling Dermatology dikutip dari PopSugar, 12 Januari 2024.

Radikal bebas secara alami terdapat di dalam tubuh, namun bisa juga berasal dari faktor lingkungan seperti polusi, asap rokok, dan bahan kimia lainnya.

“Stres berkepanjangan akibat radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada DNA Anda, yang kemudian dapat menyebabkan penyakit tertentu dan penuaan kulit,” kata Dr. Sperling.

Antioksidan bisa ditemukan di beberapa makanan seperti buah-buahan, sayur mayur, dan tumbuhan, tapi antioksidan juga bisa didapat dari produk skincare.

Jenis Antioksidan Untuk Kulit

Menurut Dr. Sperling, antioksidan yang terdapat pada vitamin C , A, dan E efektif dan dapat digunakan secara topikal pada kulit. Vitamin A juga dikenal sebagai retinol, dan meskipun merupakan bahan populer dalam banyak produk jerawat, vitamin A juga dapat meningkatkan elastisitas kulit, mengelupas, serta mencegah dan memudarkan kerusakan akibat sinar matahari.

Selain vitamin A, ada vitamin C, yang merupakan pahlawan perawatan kulit yang dapat Anda temukan dalam banyak serum, pelembap, dan krim mata.

“Vitamin C adalah antioksidan super, yang melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan mencegah penuaan kulit dini akibat sinar UV dan polusi,” Saira Vasdev, salah satu pendiri dan direktur medis Skin and Sanctuary.

“Menembus jauh ke dalam permukaan kulit dan bertindak untuk menetralisir radikal bebas yang beracun bagi sel-sel kulit, serta menstimulasi pembaruan sel dan mendukung sintesis kolagen baru. Manfaat nyata termasuk kulit lebih cerah dengan tekstur yang lebih baik, melembutkan garis-garis halus dan kerutan, dan meningkatkan kekencangan dan elastisitas," jelasnya.

Lainnya, seperti asam ferulic dan niacinamide (vitamin B3), dapat membantu meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit, mengurangi peradangan, dan mencerahkan flek hitam.

Cara Menggunakan Antioksidan dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Antioksidan bekerja paling baik jika dipadukan dengan produk lain. “Yang terbaik adalah menggunakan serum vitamin C (dengan A [dan] E) di pagi hari, dan bahkan ada juga yang menggunakannya di malam hari,” kata Dr. Sperling.

Untuk hasil terbaik, Anda harus menggunakan produk skincare antioksidan dalam rutinitas pagi Anda dan diikuti dengan pelembap dan tabir surya.

Pilihan Editor: Mengenal Ferulic Acid, Kandungan Bahan Aktif yang Kaya Akan Antioksidan

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."