5 Fakta Menarik Pangeran Abdul Mateen

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pangeran Abdul Mateen. Istimewa

Pangeran Abdul Mateen. Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam menjadi sorotan pada awal pekan ini. Mengingat putra Sultan Hassanal Bolkiah itu melepas status lajangnya dengan menikahi Anisha Rosnah pada Kamis, 11 Januari 2024. Gelaran rangkaian pernikahan sejoli ini diadakan selama 10 hari sejak 7 hingga 16 Januari 2024.

Bagi yang ingin mengenal lebih dekat Pangeran Abdul Mateen, berikut beberapa fakta menariknya yang perlu diketahui.

1. Tanggal Lahir dan Nama Panjang

Pangeran Abdul Mateen lahir pada 10 Agustus 1991 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Pangeran Abdul Mateen merupakan anak ke-10 Sultan Hassanal Bolkiah dan berada di urutan ke-6 sebagai calon penerus takhta kesultanan Brunei Darussalam.

Pangeran Abdul Mateen merupakan anak kesepuluh Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, bersama mantan istri keduanya Puan Hajah Mariam binti Haji Abdul Aziz. Saat ini Pangeran yang menjadi idola di beberapa negara di luar Brunei telah menginjak usia 32 tahun. Instagram/@Tmski

Pangeran Abdul memiliki nama asli yang cukup panjang, yaitu Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda Abdul Mateen ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah.

2. Riwayat Pendidikan

Pangeran Abdul Mateen memiliki perjalanan pendidikan yang cukup panjang sebagai anggota Kerajaan. Pendidikannya dimulai dari St. Andrews School di Bandar Seri Begawan.

Kemudian dia melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu Paduka Seri Begawan Sultan Science College dan Jerudong International School yang dikenal sebagai sekolah terbaik di Brunei.

Pangeran Abdul Mateen memiliki karier militer cemerlang dengan menempuh pendidikan militer di Royal Military Academy Sandhurst pada 2010. Ia pernah menempuh sekolah pilot helikopter di Defence Helicopter Flying School, RAF Shawbury, Inggris. Pada 2021, Abdul Mateen berhasil mendapatkan promosi jabatan ke pangkat Mayor. Di bidang akademis ia menempuh pendidikan tingginya di salah satu universitas terbaik Inggris. Saat ini menjalani tugas negara menjadi seorang diplomat mewakili Kesultanan Brunei Darussalam. Instagram/@Tmski

Pada 2010, dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Royal Military Academy Sandhurst dan menjadi yang termuda memasuki akademi tersebut pada usia 18 tahun. Kemudian dia lulus dengan mendapatkan gelar pangkat Letnan Dua. 

Tidak sampai di situ, dia juga melanjutkan pendidikannya ke King’s College London dengan program studi politik internasional. Dia lulus pada 2014 dan langsung melanjutkan program magister di Studi Internasional dan Diplomasi dari School of Oriental and African Studies, University of London dan menyelesaikannya pada 2016.

Setelah melalui program magister, dia kembali pada pendidikan militernya di sebuah sekolah pilot helikopter di Defence Helicopter Flying School, RAF Shawbury, Inggris.

Dengan bekal pendidikan militer dan politiknya, dia berhasil mendapatkan pangkat mayor di kemiliteran dan menjalankan tugas sebagai diplomat untuk mewakili Kesultanan Brunei Darussalam.

3. Tak Suka Hidup Mewah

Pangeran Abdul Mateen sudah cukup dikenal oleh masyarakat Brunei Darussalam karena sering mengikuti ayahnya untuk mengikuti kunjungan kenegaraan ataupun berbagai forum internasional lainnya.

Dengan kekayaan yang dimiliki keluarganya, Pangeran Abdul Mateen tidak memiliki gaya hidup yang mewah berlebihan. Dalam wawancaranya bersama GQ Thailand, dia mengatakan bahwa lebih memilih hidup yang sederhana dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-temannya.

4. Suka Aneka Olahraga, dari Sepak Bola hingga Polo

Selain aktif kegiatan kenegaraan dan militernya, Pangeran Abdul Mateen merupakan seseorang yang sangat menyukai olahraga. Dja mengidolakan bintang sepak bola David Beckham. Tidak hanya sepak bola, dia juga menyukai aktivitas olahraga lainnya seperti terjun payung, snorkeling, dayung, golf, ski, tinju, bulu tangkis, dan berkuda.

Pangeran Abdul Mateen merupakan anak kesepuluh dan putra keempat dari Sultan Hassanal Bolkiah ini menarik perhatian netizen setelah sosoknya dijadikan netizen dalam pembuatan video di aplikasi TikTok. Instagram/@tmski

Olahraga lain yang dia tekuni adalah polo. Pangeran bahkan sampai mewakili Brunei di Asian Games Tenggara yang diadakan di Malaysia pada 2017 dan berhasil memenangkan dua medali perunggu.

Dia menyukai polo karena kompleksitas olahraga tersebut, serta ketangkasan, multitasking, dan kontrol yang ada di dalamnya.

5. Penyayang Hewan

Pangeran Mateen juga merupakan penyayang binatang terutama satwa liar eksotis. Itu dapat dilihat melalui unggahan media sosialnya. Dia sering kali bermain-main dengan hewan peliharaannya di kasur. Ia memelihara harimau, macan tutul, kuda, dan kucing. Dia sampai dijuluki sebagai ‘Bapak Harimau’.

Pilihan Editor: Ucap Tahun Baru 2024, Begini Gaya Busana Anisha Rosnah dan Pangeran Abdul Mateen

ANDIKA DWI | RADEN PUTRI | ANTARA | RIZKI DEWI AYU | THE SCOOP | SCMP | ZULA.SG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."