Mengunjungi Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Ada Koleksi Tulisan hingga Lukisan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sejumlah siswa saat mengunjungi sekaligus berwisata edukasi di Perpustakaan Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur. ANTARA/Asmaul Chusna

Sejumlah siswa saat mengunjungi sekaligus berwisata edukasi di Perpustakaan Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur. ANTARA/Asmaul Chusna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perpustakaan juga bisa menjadi tujuan wisata yang seru dan menarik. Jika Anda tengah mengunjungi kota Blitar, Jawa Timur, Perpustakaan Proklamator Bung Karno, yang berada di area makam Presiden pertama Indonesia, Sukarno salah satu rekomendasinya.

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno merupakan unit pelaksana teknis Perpustakaan Nasional RI. Saat momen liburan panjang, perpustakaan ini ramai dipenuhi pengunjung. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sembari ziarah ke makam Bung Karno, mereka mengajak serta anak-anak untuk berwisata di perpustakaan ini.

Berbagai macam koleksi perpustakaan menarik untuk dipelajari. Secara umum terdapat koleksi khusus yang menyediakan koleksi berupa buku yang ditulis Bung Karno, buku yang ditulis orang lain tentang Bung Karno, buku yang dibaca Bung Karno dan karya pejuang lainnya.

Ada Koleksi Tulisan hingga Lukisan 

Bung Karno adalah sosok Presiden yang juga dikenal sebagai penulis. Kegemaran menulis dimulai sejak umur 26 tahun. Hingga kini, jumlah koleksi khusus Bung Karno terdapat 2.407 judul, 6.757 eksemplar (data per Agustus 2022).

Selain tulisan, ada berbagai macam foto Presiden pertama Indonesia itu, kemudian sejarah berdirinya NKRI, foto semasa Bung Karno diasingkan.

Terdapat juga koper milik Bung Karno. Koper tersebut terbuat dari kayu yang dimanfaatkan untuk menyimpan buku-buku saat ia diasingkan.

Selain fisik, ada juga koleksi digital. Perpustakaan tersebut dilengkapi sejumlah komputer yang di dalamnya terdapat arsip-arsip baik foto, video tentang perjuangan para pemuda dan Bung Karno saat meraih kemerdekaan.

Ada juga beragam lukisan, diorama rumah pengasingan Bung Karno, uang seri Bung Karno, hingga atribut Bung Karno.

Di tempat ini juga ada layanan kunjungan dengan fasilitas story telling dan pemutaran film dokumenter Bung Karno. 

Mengenal Lebih Dekat Sang Proklamator

Salah seorang pengunjung Perpustakaan Bung Karno, Ana mengaku senang berkunjung ke perpustakaan ini. Ia dapat banyak pengetahuan dan pengalaman. Ia juga bisa mengetahui secara langsung tentang kejadian di masa perjuangan Bung Karno dan para tokoh lainnya lewat video yang dipasang di area perpustakaan.

"Ini menarik sekali. Jadi, bukan hanya bisa melihat koleksi buku, patung, bahkan saya bisa lihat koper milik Bung Karno. Unik sekali. Saya juga bisa lihat video di komputer, jadi kita bisa benar-benar seperti masuk di zaman dahulu, tahu perjuangan para tokoh untuk kemerdekaan RI," ujar Ana, Rabu, 3 Januari 2024.

Perpustakaan Proklamator Bung Karno buka setiap hari mulai Senin-Minggu, jam 08.00 WIB hingga jam 16.00 WIB. Untuk libur nasional dan cuti bersama tutup.

Pilihan Editor: Hari Pendidikan Nasional, Chelsea Islan Bicara Perpustakaan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."