Hari Pendidikan Nasional, Chelsea Islan Bicara Perpustakaan

Chelsea Islan saat ditemui dalam acara konferensi pers He for She di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

ragam

Hari Pendidikan Nasional, Chelsea Islan Bicara Perpustakaan

Sabtu, 2 Mei 2020 19:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA- Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas diperingati setiap 2 Mei. Hardiknas 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya mengingat dirayakan di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19.

Hal itu pun turut menjadi topik yang disebutkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam sambutannya memperingati Hardiknas.

“Melalui situasi saat ini, untuk pertama kalinya guru-guru mengajar melalui daring dengan menggunakan perangkat baru, dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di mana pun," ujar Nadiem saat memberikan sambutan dalam peringatan Hardiknas pada Sabtu, 2 Mei 2020.

Selain praktisi dan tokoh pendidikan, sejumlah selebriti turut menyuarakan pendidikan Indonesia saat ini. Salah satu di antaranya adalah aktris Chelsea Islan yang menyuarakan pengalamannya saat mengunjungi perpustakaan terapung di Danau Sentani, Jayapura, pada 2018.

Ia membagikan empat video yang menunjukkan antusiasme anak-anak di daerah Sentani saat membaca buku. 

"Kita bisa belajar di perpustakaan terapung yang selalu dinanti anak-anak di Tepi Danau Sentani, ini akan memudahkan anak-anak untuk belajar dari seluruh kampung yang ada di Distrik Sentani Timur. Jadi sambil naik kapal speedboat bisa sambil membaca buku, dan biasanya menjemput teman-teman yang ada di Distrik berbeda," tulis pemeran Ainun dalam film Rudy Habibie ini.

Menurut Chelsea, kampung-kampung yang dilayani perpustakaan terapung itu tidak bisa dijangkau dengan mobil. Perpustakaan tersebut beroperasi dari Senin hingga Sabtu di jam istirahat sekolah dan setelah anak-anak pulang dari sekolah.

"Rasanya seneng banget bisa berbagi ilmu dan membaca buku bersama adek-adek di sana, semoga bisa ke sana lagi dan bertemu kembali dengan mereka," jelasnya diikuti hastag dukung pendidikan dan Indonesia Timur.

Harapan Chelsea ini juga menjadi asa generasi penerus bangsa agar pendidikan dapat dinikmati secara merata di pelosok Tanah Air.

Selamat Hardiknas dan salam hormat kepada semua guru di Indonesia.

SILVY RIANA PUTRI | DEWI NURITA