Tidur Miring Kiri atau Kanan, Mana Lebih Baik?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan tidur. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan tidur. Foto: Freepik.com

IKLAN

Apakah Tidur Miring Lebih Baik daripada Tidur Telentang atau Tengkurap?

Kabar baiknya bagi 60 persen orang dewasa yang lebih memilih tidur miring, posisi itu memiliki manfaat kesehatan yang cukup besar. Sebagai permulaan, hal ini dapat membantu mengurangi dengkuran dibandingkan dengan tidur terlentang, yang mana lidah dan jaringan lunak tenggorokan dapat jatuh ke belakang dan menyebabkan hambatan pada aliran udara, menurut Dr. Snow.

Posisi tubuh yang demikian juga dapat menyebabkan sleep apnea, yaitu gangguan tidur yang menyebabkan sesak napas saat tidur.

“Sleep apnea telah dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan juga terlibat dalam gangguan irama jantung yang dikenal sebagai fibrilasi atrium,” ucap Dr. Snow.

Memang benar, penelitian menemukan bahwa sleep apnea meningkatkan risiko gagal jantung sebesar 140 persen, risiko stroke sebesar 60 persen, dan risiko penyakit jantung koroner sebesar 30 persen. Semua risiko kesehatan ini menjadikannya jauh lebih penting bagi siapa pun yang menderita sleep apnea atau sering mendengkur untuk memilih posisi tidur miring.

Tidur miring juga dapat mendukung kesehatan pencernaan Anda, apa pun sisi yang Anda pilih.

“Meskipun tidak banyak bukti yang baik, secara anekdot, tidur tengkurap dianggap tidak ideal untuk pencernaan,” kata Dr. Rezaie, seraya menambahkan bahwa berbaring telentang juga dapat memperburuk refluks.

Dan pada akhirnya, tidur miring mungkin juga merupakan posisi tidur paling nyaman untuk berbagai rasa sakit dan nyeri. Meskipun tidur tengkurap dapat menyatukan tulang belakang sehingga memicu nyeri punggung atau leher, tidur terlentang dapat menyebabkan perpanjangan tulang belakang yang tidak wajar jika punggung bawah tidak ditopang dengan baik, yang juga dapat memperburuk nyeri punggung.

Meski begitu, jika Anda mengalami nyeri bahu atau pinggul, Anda mungkin masih lebih memilih tidur telentang untuk mengurangi tekanan pada bagian tubuh tersebut—dan jika Anda tidak mengalami salah satu kondisi yang disebutkan di atas, tentu tidak ada salahnya.

Kecuali Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya atau sedang hamil, hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa Anda sebaiknya tidur miring ke satu sisi dibandingkan sisi lainnya untuk kesehatan yang optimal. Meskipun demikian, ada banyak penelitian yang mendukung tidur miring dibandingkan telentang atau tengkurap jika Anda ingin mengoptimalkan pernapasan di malam hari, mengurangi dengkuran, meminimalkan rasa sakit dan nyeri tertentu, serta mendukung pencernaan Anda.

Meski begitu, para dokter sepakat bahwa kualitas tidur jauh lebih penting untuk mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan dibandingkan posisi tertentu di tempat tidur. 

Artinya, posisi tidur terbaik untuk Anda kemungkinan besar adalah posisi di mana Anda paling mudah tertidur dan tertidur paling nyenyak, tegas Dr. Rezaie.

Pilihan Editor: 6 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Perlu Dihindari, Menurut Para Ahli

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."