8 Cara Menjaga Hidrasi saat Cuaca Dingin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minum air putih. Pexels/Yaroslav Shuraev

Ilustrasi minum air putih. Pexels/Yaroslav Shuraev

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga daya tahan tubuh saat cuaca dingin, termasuk keseimbangan cairan dalam tubuh atau hidrasi. Beberapa di antara kita kerap tidak menyadari rasa haus yang muncul di tengah cuaca dingin.

Padahl, dehidrasi selama musim ini seperti musim lainnya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk sakit kepala, kelelahan, sembelit, dan gangguan kognitif. fungsinya, menurut Dr Priyanka Rohatgi, Kepala Ahli Gizi, Rumah Sakit Apollo.

Mempertahankan hidrasi yang tepat di cuaca dingin sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Meskipun suhu lebih dingin, dehidrasi tetap menjadi masalah potensial karena faktor-faktor seperti udara kering, peningkatan kehilangan air saat bernapas, dan berkurangnya persepsi haus, menurut Dr Sunil Kumar Baliyan, Konsultan-Internal Kedokteran & Asisten Direktur Medis, Rumah Sakit Yatharth, Greater Noida

Dr Rohtagi menyarankan untuk minum air putih saat makan dan memilih makanan yang menghidrasi. Ahli gizi tersebut juga mengingatkan pentingnya menjaga keseimbangan elektrolit di cuaca dingin.

Berikut sederet cara menjaga hidrasi saat cuaca dingin:

1. Minum air saat makan

Biasakan minum air setiap kali makan. Ini akan memastikan Anda mendapatkan jumlah air yang dibutuhkan setiap hari. Jika bosan dengan air biasa, Anda bisa menambah rasa dengan menambahkan irisan lemon, jeruk, atau mentimun.

2. Pilihlah makanan yang menghidrasi

Sup, semur, dan hidangan berbahan dasar kaldu tidak hanya menenangkan di cuaca dingin, tetapi juga berkontribusi pada hidrasi Anda.

Selain itu, fokuslah pada buah-buahan dan sayuran dengan kandungan air tinggi, seperti alpukat, beri, tomat, dan seledri.

3. Sertakan elektrolit

Lawan risiko ketidakseimbangan elektrolit yang disebabkan oleh dehidrasi dengan memasukkan minuman kaya elektrolit. Setelah berolahraga, pertimbangkan untuk mengisinya kembali dengan minuman olahraga atau air kelapa. Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan sejumput garam atau bubuk elektrolit ke dalam air Anda.

4. Makan labu dan ubi jalar

Gabungkan sayuran yang menghidrasi dan kaya serat seperti labu musim dingin dan ubi jalar ke dalam menu makanan Anda. Baik dipanggang atau dihaluskan, sayuran ini menyediakan potasium dan vitamin penting, mendukung tingkat hidrasi yang optimal.

5. Buat rutinitas hidrasi

Menetapkan rutinitas asupan air bisa sangat membantu di cuaca dingin ketika sensasi haus mungkin berkurang. Berusahalah secara sadar untuk minum air secara konsisten sepanjang hari, tidak hanya saat Anda merasa haus.

6. Konsumsi minuman hangat

Gabungkan minuman hangat non-kafein seperti teh herbal dan kaldu ke dalam asupan cairan harian Anda. Selain berkontribusi terhadap hidrasi, opsi ini menawarkan kenyamanan tambahan di cuaca dingin.

7. Pelembap kulit

Atasi dehidrasi dengan menggunakan pelembap untuk mencegah kehilangan air berlebihan melalui kulit. Memelihara kesehatan kulit berperan dalam mempertahankan cairan tubuh secara keseluruhan.

8. Jaga kelembapan dalam ruangan

Gunakan pelembap udara untuk mengatur tingkat kelembapan dalam ruangan. Udara dalam ruangan yang kering dapat meningkatkan kehilangan cairan melalui pernapasan, dan menjaga kelembapan yang memadai membantu mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh kehilangan air akibat pernapasan.

Pilihan Editor: 8 Manfaat Air Lemon, Tak Cuma Menghidrasi Tubuh

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."