5 Alasan Teman Memutuskan Persahabatan, dari Persaingan Diam-diam hingga Kesalahpahaman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya di luar ruangan. Foto: Pixabay/NickyPe

Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya di luar ruangan. Foto: Pixabay/NickyPe

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita semua bersalah karena meremehkan hubungan terbaik kita dalam hidup dan itu termasuk persahabatan. Tiba-tiba kehilangan sahabat terbaik yang dengannya kita berbagi detail kecil kehidupan kita dan yang telah berada di sana melalui puncak dan lembah kehidupan dapat menjadi hal yang menyedihkan. 

Jika Anda pernah dihantui oleh seorang sahabat, perasaan itu mungkin bisa dirasakan. Tiba-tiba, tidak ada orang yang bisa diajak bicara pada jam 3 pagi atau yang bisa meyakinkan Anda bahwa keputusan hidup Anda masuk akal. Kadang-kadang, Anda mungkin tidak melihat apa yang salah di permukaan, tetapi menyelidiki lebih dalam apa yang mungkin salah dalam persahabatan Anda dapat membantu Anda bergerak menuju penutupan. Bisa jadi itu adalah kesalahpahaman atau persaingan tersembunyi yang mungkin melemahkan persahabatan Anda

PsikoterapiS dan NLP, Dokter Chandni Tugnait mengatakan salah satu hal terpenting dalam hidup seseorang adalah persahabatan. Kita menjalin banyak koneksi baru selama hidup kita, bertemu banyak orang baru, dan akhirnya berteman dengan beberapa dari orang-orang tersebut. Namun, kita cenderung menunjuk satu orang. atau sekelompok kecil orang sebagai sahabat kita, dan rasanya menyakitkan ketika orang tersebut mulai menghindari kita. 

"Kita berbagi semua hal penting dan kecil dalam hidup kita dengan teman-teman dekat kita, sehingga ketika mereka tiba-tiba memutuskan hubungan dengan bagi kita, menghadapinya bisa menjadi sebuah tantangan. Mendapatkan pemahaman tentang pengabaian ini dapat membuatnya lebih mudah untuk menangani keadaan dan memahami apa yang mungkin salah atau berubah, "kata Dr Tugnait.

Berikut 5 alasan umum mengapa teman tiba-tiba memutus persahabatan:

1. Persaingan diam-diam 

Kita selalu merasa kompetitif dengan rekan-rekan kita, dan kadang-kadang, persaingan ini bahkan bisa terjadi di antara teman-teman. Persaingan ini dapat berkembang dan menimbulkan keretakan yang tidak terkatakan di antara teman-teman ketika persaingan tersebut melampaui batas-batas persaingan yang sehat. Pada akhirnya, teman-teman mungkin akan berpisah karena persaingan ini, atau salah satu teman mungkin mulai membuat teman lainnya menjadi ghosting.

2. Perasaan rendah diri

Kita semua memiliki rasa tidak aman karena berbagai alasan. Seringkali, rasa tidak aman ini muncul dalam hubungan kita dan mengguncang keseluruhan dinamika hubungan tersebut. Terkadang, rasa tidak aman ini muncul di antara teman-teman. Ketika salah satu dari mereka mulai merasa tidak aman karena kekurangan yang mereka miliki, hal itu dapat mempengaruhi persahabatan sehingga menyebabkan jarak di antara teman-teman dan akhirnya ditinggalkannya teman-teman tersebut.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."