Gejala Awal Kehamilan, Hanya Muntah dan Mual Kah?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita hamil. Freepik.com/user18526052

Ilustrasi wanita hamil. Freepik.com/user18526052

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Brawijaya Hospital Tangerang Arum Purnagari mengatakan ada beberapa tanda kehamilan yang akan dirasakan ibu hamil. "Yang pertama itu telat haid," katanya dalam Youtube resmi Brawijaya Healthcare. 

Biasanya para ibu juga akan merasakan perubahan di badannya. "Misalnya ada rasa mual, muntah, mood swing, hingga payudara bengkak," katanya. 

Walau begitu, memang ada ibu yang baru menyadari soal kehamilan mereka di usia 2-3 bulan. Kondisi ini, kata Arum biasanya terjadi karena ibu terlalu sibuk sehingga tidak merasakan tanda-tanda itu. "Kebanyakan karena ibunya sibuk bekerja dan nggak ngeh kalau sudah hamil, jadi tidak terasa pula bayinya. Tahu tahu saat diperiksa sudah hamil 3 bulan," kata Arum. 

Arum menambahkan, biasanya para ibu sering muntah di awal kehamilan mereka karena hormon hamilnya. "Muntah dan mual itu biasanya di awal 3 bulan pertama," katanya. 

Walau begitu, ada juga yang mungkin mengalami muntah hingga di usia kehamilan 9 bulan. "Kalau kasus ini bisa saja sang ibu memiliki penyakit gastritis seperti maag. Tapi kondisi ini jarang terjadi," kata Arum. 

Untuk mengatasi para ibu yang kerap muntah di awal kehamilan, Arum mengatakan biasanya dia akan menyarankan untuk mengkonsumsi rebusan jahe merah hangat di pagi hari sebelum memberikan obat-obatan. "Jahe merah bisa mengurangi kembung dan asam lambung," katanya. 

Selain itu, para ibu yang sedang hamil muda pun diminta untuk jalan-jalan pagi. "Kegiatan ini bisa menghilangkan stres," katanya. 

Fertility Center

Semakin banyak pasangan yang mendambakan buah hati. Brawijaya Hospital Duren Tiga merilis layanan terbaru mereka, Fertility Center. Layanan ini dirancang khusus untuk membantu pasangan suami istri yang mengalami gangguan kesuburan dalam mewujudkan impian mereka untuk memiliki anak.

Layanan ini menawarkan kolaborasi tim dokter spesialis dari berbagai bidang keilmuan, termasuk Obgyn, Urologi, Gizi klinik, Penyakit dalam, dan Psikolog. Tim Ahli Fertility Center akan diketuai oleh Gunawan Dwi Prayitno sebagai Kepala Tim Fertility Center. 

Diskusi Peluncuran Fertility Center Brawijaya Hospital Duren Tiga/Brawijaya Hospital

Pasien bisa melakukan diagnosa kesuburan, Inseminasi Intrauterin (IUI), dan penanganan masalah kesuburan lainnya seperti PCOS dan endometriosis dengan tindakan Minimal Invasive Surgery (MIS) di klinik fertilitas Brawijaya Hospital Duren Tiga. Untuk pasien yang membutuhkan program bayi tabung (IVF), dapat ditangani lebih lanjut di Brawijaya IVF Center, yang merupakan satu kesatuan dengan Brawijaya Hospital Group, yang berada di Antasari. 

"Untuk layanan IVF Center ini kami bekerja sama dengan Penang Star Fertility Malaysia. Kami berharap dengan pelayanan ini, kebutuhan-kebutuhan pasien kami bisa ditangani dengan baik," ujar Direktur Brawijaya Hospital Duren Tiga Akmal Yadi dalam keterangan persnya pada pertengahan Desember 2023.

Pilihan Editor: 5 Tips Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Hamil

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."