5 Cara Mencegah Pori-Pori Tersumbat pada Kulit Berminyak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi eksfoliasi wajah. Freepik.com/Lookstudio

Ilustrasi eksfoliasi wajah. Freepik.com/Lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemilik kulit berminyak atau oily lebih sering alami pori-pori tersumbat ketimbang kulit wajah lainnya. Sebab pada kulit berminyak, kelenjar penghasil minyak terlalu aktif. Minyak yang mengalir terus-menerus ke permukaan kulit bisa memperbesar dan menebalkan pori-pori akibat minyak yang mengeras. Itu sebabnya kulit berminyak rentan terhadap penyumbatan pori-pori, komedo, flek, dan jerawat. Agar hal itu tak terjadi, berikut beberapa cara mencegah pori-pori tersumbat bagi pemilik kulit berminyak.

1. Rutin Membersihkan Wajah

Pembersihan wajah sangat penting untuk mencegah pori-pori tersumbat, terutama karena kulit berminyak menarik lebih banyak kotoran. Pori-pori harus bebas dari minyak yang mengeras.

Gunakan pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit normal hingga berminyak. Untuk masalah kulit berminyak, seperti flek dan jerawat, gunakan sabun atau pembersih obat yang membantu menghilangkan kotoran tanpa mengganggu keseimbangan asam-basa.

Lotion astringen juga merupakan bagian integral dari pembersihan kulit berminyak, karena tidak hanya mengurangi berminyak, tetapi juga mengecilkan pori-pori.

Setelah mencuci muka, bersihkan dengan lotion astringent menggunakan kapas. Jika terlalu keras, campurkan lotion astringent dengan air mawar dalam jumlah yang sama dan gunakan.

Atau, gunakan tonik kulit berbahan dasar mawar. Untuk kulit berminyak, air mawar yang bisa dicampur dengan jus mentimun dalam jumlah yang sama juga membantu membersihkan dan menutup pori-pori.

2. Eksfoliasi secara berkala

Pengelupasan kulit atau eksfoliasi merupakan aspek penting dalam pembersihan kulit berminyak untuk membersihkan pori-pori, setidaknya perlu dilakukan seminggu sekali. Eksfoliasi melibatkan penggunaan scrub, yang harus digosok dengan lembut pada kulit dan dibilas dengan air.

Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan pori-pori dan menjaganya bebas dari minyak yang mengeras, juga memperbaiki tekstur kulit.

Anda bisa membuat scrub di rumah dengan mencampurkan oat dengan air mawar dan mengoleskannya pada wajah. Gosok perlahan dengan gerakan memutar dan bilas dengan air.

Hal ini tidak hanya membantu mencegah komedo, tetapi juga menutup pori-pori secara bertahap. Namun, jangan gunakan scrub pada jerawat dan komedo. 

Anda juga bisa mencampurkan oat dengan putih telur dan mengoleskannya pada area yang pori-porinya terbuka dua kali seminggu. Cucilah saat sudah kering. Ini akan bekerja seperti scrub dan juga mengencangkan pori-pori.

Kulit jeruk kaya akan vitamin C. Faktanya, kulit jeruk dikatakan mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan buahnya sendiri. Kulit jeruk kering dan bubuk dapat digunakan dalam scrub dan masker, untuk menyerap minyak dan mengencangkan pori-pori. Giling kulit jeruk segar menjadi pasta. Tambahkan oat dan air mawar lalu oleskan pada wajah untuk mendapatkan manfaat meminimalkan pori-pori dan bahkan noda.

3. Pelembap

Di cuaca dingin, kulit berminyak mungkin juga memerlukan pelembap, karena cuaca dingin cenderung memperparah kekeringan. Namun, hindari penggunaan krim yang berat dan berminyak.

Anda bisa mengoleskan losion pelembap ringan atau oleskan gel lidah buaya. Ini melembapkan kulit tanpa membuatnya berminyak. Itu juga membuat kulit lembut dan halus.

4. Vitamin C

Serum Vitamin C akan membantu kulit berminyak dan mencegah pori-pori tersumbat. Vitamin C kaya akan antioksidan yang berkhasiat menjaga kesehatan kulit. Pilih serum ringan dan biasanya berbahan dasar air untuk kulit berminyak.

5. Pola Makan Bergizi

Jagalah kebersihan sistem tubuh dengan memasukkan buah-buahan segar, salad mentah, kecambah, biji-bijian, dan yogurt ke dalam menu makanan harian Anda. Minumlah 6 hingga 8 gelas air setiap hari. Tambahkan jus lemon ke dalam segelas air hangat dan minumlah di pagi hari.

Pilihan Editor: Kenali Masalah Kulit Berminyak, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."