Mengenal Teknik Baking Makeup dan Cara Menerapkannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai makeup. Foto: Freepik.com/Lifestyle Memory

Ilustrasi wanita memakai makeup. Foto: Freepik.com/Lifestyle Memory

IKLAN

Cara Menerapkan Teknik Baking Makeup

1. Mulailah dengan bahan dasar yang menghidrasi. Apa pun jenis kulit Anda, sebaiknya mulai dengan pelembap agar kulit tidak terlalu kering dengan teknik baking makeup.

2. Kemudian, aplikasikan riasan wajah berbahan dasar krim/cair seperti biasa.

“Ini mungkin termasuk primer, alas bedak, dan concealer,” kata Rincon Djuro.

“Jika Anda menggunakan krim perona pipi dan kontur, sebaiknya Anda juga mengaplikasikannya sebelum proses baking makeup. Jika Anda menggunakan produk bubuk untuk itu, tunggu sampai Anda selesai memanggangnya.”

3. Setelah semua produk krim/cair Anda dioleskan, saatnya 'memanggang'. Ambil bedak tabur dan spons riasan atau kuas wajah yang padat, lalu tepuk-tepuk pada lapisan tebal dengan gerakan menekan ringan. Anda sebaiknya menggunakan secukupnya hingga lapisan bedak dapat terlihat di kulit Anda.

4. Biarkan bedak bekerja secara ajaib selama 5-10 menit sementara panas alami tubuh Anda "memanggang" krim dan bedak menjadi satu dan menempatkannya di tempatnya. Sembari menunggu, Rincon Djuro merekomendasikan untuk menata riasan mata dan bibir Anda.

5. Jika sudah waktunya, ambil sikat wajah yang berbulu halus dan usap sisa bedak. Anda akan mendapatkan riasan yang halus, matte, dan tahan lama. 

6. Jika Anda adalah seseorang yang berada di atas panggung dengan banyak cahaya, seseorang yang sering berkeringat atau berada di depan kamera, Ceciliato menyarankan untuk menerapkan baking makeup di bawah mata, di atas bibir, dan di sepanjang hidung.

“Hasil akhir matte seperti itu diperlukan di panggung dan di depan kamera,” katanya.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Baking Makeup

Ada beberapa hal yang perlu dihindari saat baking makeup. Pertama, kesalahan yang paling mudah dilakukan adalah menggunakan terlalu banyak bedak.

"Jangan gunakan bedak lebih dari yang Anda perlukan untuk melihat lapisan pada kulit,” saran Rincon Djuro. “Ingatlah bahwa segala sesuatu yang tidak terserap hanya akan menjadi debu dan terbuang sia-sia.”

Jangan terus-menerus menerapkan baking makeup, kecuali Anda berada di atas panggung atau di depan kamera karena bisa membuat tampilan riasan tebal. “Itu membuat riasan terlihat palsu dan membuat tidak nyaman,” kata Cecialiato.

Hal lain yang tidak boleh dilakukan adalah melewatkan pelembap, meskipun Anda menginginkan tampilan matte. Tekstur dan kekeringan akibat kulit dehidrasi akan terlihat dan bedak akan menempel di area tersebut, sehingga membuatnya lebih terlihat.

“Selain itu, memilih bedak dengan shade dan undertone yang tepat juga penting untuk tampilan yang sangat natural,” kata Rincon Djuro.

Jadi, usahakan untuk mengaplikasikan bedak pada kulit secara merata untuk mendapatkan hasil akhir matte yang Anda inginkan.

Pilihan Editor: Intip 4 Gaya Makeup ala Rossa, dari Natural hingga Bold yang Memesona

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."