Mengenal Teknik Baking Makeup dan Cara Menerapkannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai makeup. Foto: Freepik.com/Lifestyle Memory

Ilustrasi wanita memakai makeup. Foto: Freepik.com/Lifestyle Memory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam cara untuk mendapatkan tampilan riasan atau makeup mulus dan natural, termasuk menerapkan teknik baking makeup. Eits bukan berarti teknik ini berarti produk makeup yang dipanggang di oven. Baking makeup merupakan teknik riasan yang digunakan oleh para penata rias atau makeup artist pada akhir tahun 80-an dan awal 90-an, ketika riasan matte dan tebal lebih umum, menurut penata rias selebriti Gianpaolo Ceciliato .

Baking makeup digunakan untuk membuat kulit menjadi matte, tetapi juga untuk membantu menjaga riasan tetap di tempatnya dan menghilangkan kulit berminyak," jelasnya dikutip dari Real Simple, Senin, 18 Desember 2023.

Apa Itu Baking Makeup

Ketika kita mendengar kata memanggang, kebanyakan dari kita berpikir menggunakan panas oven untuk membentuk dan menata sekumpulan kue atau kue segar. Menariknya, baking makeup menggunakan konsep serupa, yaitu proses membiarkan panas alami tubuh mengatur riasan Anda dengan menggunakan bedak tabur atau loose powder, jelas penata rias profesional KIKO Milano , Maria Rincon Djuro.

“Biasanya baking makeup dilakukan di bawah mata, zona T, dan area wajah yang kita highlight, selapis bedak tabur diaplikasikan di kulit wajah selama beberapa menit.”

Selama waktu itu, panas tubuh Anda membantu "mengatur" riasan Anda. Setelah itu, bersihkan sisa bedak dan nikmati manfaat jangka panjang dari teknik ini.

Penting untuk diperhatikan bahwa teknik baking makeup bukan untuk semua orang karena bisa membuat kerutan terlihat lebih banyak dan kulit menjadi kering.

“Saya lebih banyak menggunakan baking makeup ketika saya membuat eyeshadow dramatis atau untuk retouching cepat," kata Ceciliato.

Manfaat Baking Makeup 

Salah satu manfaat dari baking makeup adalah menjadi fondasi yang kuat untuk riasan dramatis.

“Saya suka menggunakan ADDICTION TOKYO Invisible Essence Loose Powder untuk membuat riasan—Anda memulainya dengan concealer dan mengoleskan baking powder di bawah mata, hampir seperti lapisan pelindung,” jelas Ceciliato.

“Kemudian, saat Anda menggunakan warna yang tebal untuk mata Anda, kotoran dan  eyeshadow berlebih akan jatuh ke bedak di bawah mata, dan karena bedak tersebut, Anda dapat dengan mudah menyapu kotoran tersebut.”

Baking makeup juga bagus saat Anda merias wajah untuk tampilan panggung atau di depan kamera. Ini ideal ketika Anda harus menutupi sesuatu seperti lingkaran hitam.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, baking makeup membantu menghilangkan minyak dan kilau tersebut, serta sedikit menghilangkan kilap.

Baking makeup juga bisa digunakan untuk retouch pada kulit berminyak agar riasan tidak terlalu banyak bergerak,” jelas Ceciliato. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."