Resep Kakiage, Gorengan Khas Jepang Mirip Bakwan Sayur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Kakiage. Cookpad/Susan Mellyani

Ilustrasi Kakiage. Cookpad/Susan Mellyani

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kakiage salah satu kuliner khas Jepang. Dari segi bentuk, gorengan berwarna cerah ini mirip bakwan sayur. Kakiage pertama kali muncul sebagai salah satu variasi dari tempura, hidangan sayuran goreng Jepang yang terkenal. Seiring berjalannya waktu, kakiage berkembang menjadi hidangan populer di dunia kuliner Jepang.

Dikutip dari eatingwell, kakiage adalah hidangan sayuran yang dicampur dan digoreng menjadi satu adonan. Sayuran yang digunakan umumnya potongan wortel, bawang bombay, timun, jamur, dan lain-lain.

Beberapa tempat juga menawarkan variasi dengan menambahkan potongan udang atau ikan ke dalam adonan. 

Semua sayuran ini dicelupkan dalam adonan tepung yang terbuat dari campuran tepung terigu dan air, lalu digoreng hingga berwarna keemasan.

Dikutip dari foodinjapan, salah satu ciri khas kakiage adalah adonan sayuran yang dicelupkan dalam tepung memberikan tekstur renyah pada luar dan lembut di dalam.

Kakiage biasanya disajikan sebagai makanan pendamping atau sebagai tambahan pada soba (mi Jepang) atau nasi. Hidangan ini sering kali dihidangkan bersama dengan saus tare atau tentsuyu yang memberikan rasa manis, gurih, dan sedikit asin.

Jika kamu tertarik membuat kakiage di rumah, berikut resep yang bisa dicoba di rumah.

Resep Kakiage

Bahan-Bahan:

- Sayuran pilihan (wortel, bawang bombay, buncis, jamur, kacang polong)

- Tepung terigu secukupnya

- Air dingin secukupnya

- Garam secukupnya

- Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat:

1. Potong sayuran-sayuran yang dipilih menjadi potongan kecil dan seragam. Tujuannya memastikan sayuran matang secara merata saat digoreng.

2. Campurkan tepung terigu dengan air dingin dalam mangkuk. Aduk rata hingga membentuk adonan yang tidak terlalu cair atau terlalu kental. Tambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa pada adonan.

3. Celupkan potongan sayuran ke dalam adonan tepung hingga semua bagian terlapisi dengan baik. Pastikan sayuran tercampur rata dalam adonan.

4. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang hingga mencapai suhu sekitar 170-180 derajat Celsius.

5. Masukkan sayuran yang telah dicelupkan dalam adonan tepung ke dalam minyak panas. Goreng hingga keemasan dan teksturnya menjadi renyah.

6. Angkat kakiage dari minyak goreng dan tiriskan di atas kertas dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak. Sajikan segera dengan saus tare atau tentsuyu sebagai pelengkap.

Pilihan Editor: 4 Dessert Khas Prancis yang Wajib Dicoba

NOVITA ANDRIAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."