Bisakah Berenang Turunkan Berat Badan, Simak Penjelasan Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita bersantai di pinggir kolam renang. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita bersantai di pinggir kolam renang. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak aktivitas fisik yang baik buat kebugaran tubuh. Anda bisa memilih latihan kardio seperti lari, joging, lompat tali, atau latihan ketahanan macam angkat beban dan push up. Salah satu latihan aerobik yang baik dipilih adalah berenang.

Menurut Hirofumi Tanaka, pengajar kinesiologi dan direktur Cardiovascular Aging Research Lab di Universitas Texas, renang lebih bersahabat dengan tubuh namun manfaat kesehatannya tak kalah dari jenis latihan lain. Bahkan, sebagai olahraga yang menggerakkan seluruh bagian tubuh, berenang dinilai lebih baik daripada latihan lain di darat.

"Renang lebih baik dari yang lain,terutama untuk mencegah penyakit jantung," ujar Tanaka, dikutip dari USA Today. 

Pasalnya, berenang memacu kerja jantung dan paru-paru serta melatih tubuh untuk menggunakan oksigen secara efisien, menurut Sekolah Kedokteran Harvard. Chris Travers, kordinator latihan fisiologi dan performa olahraga di Cleveland Clinic, memuji renang sebagai latihan yang bisa dilakukan segala usia serta baik untuk membentuk tubuh dan massa otot.

Tanaka juga menyebut berenang melibatkan banyak kelompok otot besar namun karena tak membebani tubuh sehingga baik buat persendian. "Itulah yang membuatnya menarik buat penderita masalah tulang dan persendian seperti osteoporosis dan radang sendi," katanya.

Renang juga telah terbukti baik untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Penelitian 2017 menunjukkan renang menurunkan risiko kematian dini hingga 28 persen.

Menurunkan berat badan

Di sisi lain, berenang juga menjadi cara bagus untuk  menurunkan berat badan karena latihan ini membangun otot dan otot bisa mengurangi lemak. Berenang juga membakar banyak kalori. Menurut Sekolah Kedokteran Harvard, orang dengan bobot 75 kg bisa membakar hingga 420 kalori dengan berenang 1 jam dibandingkan dengan 189 kaloi yang terbakar dengan berjalan kaki dengan kecepatan sedang dalam waktu yang sama.

Kemudian, penelitian baru-baru ini juga menyebut berenang secara signifikan mengurangi lemak dan indek massa tubuh (BMI). Tapi ingat, cara berenang yang bisa membakar banyak kalori dan lemak tentu saja yang dilakukan dengan benar dengan berbagai gaya, bukan hanya sekedar berendam atau bermain air di kolam renang.

Pilihan Editor:  Berenang di Air Dingin, Salah Satu Cara Kate Middleton Menjaga Kebugaran Tubuh

YAYUK WIDIYARTI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."