Rekomendasi Teh untuk Pagi hingga Malam Hari Menurut Tea Specialist

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum teh. Freepik.com

Ilustrasi wanita minum teh. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain kopi, teh menjadi salah satu opsi minuman yang paling sering dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Minuman asli Asia ini dinikmati selain karena aromanya yang menenangkan, juga pas menjadi teman kudapan saat santai bersama keluarga. Bagi yang sensitif terhadap kafein, teh salah satu alternatif untuk menggantikan kopi karena kadar kafeinnya lebih rendah.

Lantas kapankah waktu terbaik untuk minum teh? Menurut Neysa Valeria sebagai spesialis teh atau tea specialist sekaligus founder Havilla Tea, merek teh artisan asal Bandung, teh bisa diminum kapan saja tergantung preferensi setiap orang. Dia mengatakan tidak ada masalah jika ingin minum teh pagi, siang, atau malam.

Rekomendasi Teh

Neysa pun memberi rekomendasi teh yang dikonsumsi di setiap waktunya.

“Kalau pagi, bagusnya minum teh yang bold atau strong agar kafeinnya bisa membangkitkan semangat. Kalau siang, kami sarankan untuk minum teh ringan yang memiliki aroma bunga dan buah," ujar Neysa dalam perayaan 9 tahun Havilla Tea di Jakarta Selatan, Selasa, 12 Desember 2023.

(Dari kiri) Neysa Valeria - Founder Havilla Tea dan Tea Specialist dan Ajeng Respati - Co-Founder Havilla Tea. Foto: Dok. Havilla Tea.

Ketika ditanya mengenai minum teh saat makan, menurut Neysa, tidak ada masalah jika minum teh sebelum, sesudah, atau ketika makan. Alasannya teh memiliki kandungan yang dapat membersihkan palet mulut.

Sedangkan konsumsi teh di malam hari, Neysa menekanan untuk mengingat kandungan kafein pada teh. Katanya, kandungan kafein teh dan kopi itu berbeda. Bila kopi memiliki efek kafein yang langsung bekerja setelah diminum, maka efek kafein pada teh bekerja lebih lambat dan secara perlahan.

“Jadi kalau ada orang yang sensitif dengan kafein, bisa jadi dia minum teh di sore hari, eh malamnya tidak bisa tidur,” jelas Neysa.

Bila minum teh di malam hari, khususnya bagi yang sensitif terhadap kafein, Neysa merekomendasikan untuk minum teh herbal atau teh bunga karena tidak memiliki kandungan kafein. Namun, tetap diperbolehkan minum teh yang berkafein jika memiliki toleransi terhadap kafein.

“Untuk malam hari juga bisa minum teh yang memiliki kandungan yang bisa merelaksasi agar tidurnya lebih nyenyak,” imbuh Neysa. Dia menyebutkan jenis teh yang bisa membuat rileks antara lain lavender, chamomile, peppermint, kelopak mawar, dan passion flower.

Pilihan Editor: 5 Jenis Teh untuk Redakan Sakit Kepala, Sakit Perut hingga Cegah Masuk Angin

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."