5 Jenis Teh untuk Redakan Sakit Kepala, Sakit Perut hingga Cegah Masuk Angin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Teh. Foto: Unsplash.com/Desi Dermz

Ilustrasi Teh. Foto: Unsplash.com/Desi Dermz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Selain dapat menghangatkan tubuh dan membuat suasana hati lebih baik, beberapa jenis teh bisa redakan sakit seperti sakit kepala ataupun sakit perut. Apa saja contohnya? Berikut jenis teh yang bisa redakan gangguan kesehatan menurut Nadia De La Vega, direktur keberlanjutan dan konten teh DAVIDsTEA.

1. Teh Peppermint 

Menurut De La Vega, teh peppermint dapat membantu meredakan sakit perut, terutama setelah makan sisa makanan yang sedikit dipertanyakan atau makan besar.

“Mint Afrika Utara organik adalah campuran teh hijau panggang yang menghangatkan dan dibumbui yang sempurna untuk membantu melancarkan pencernaan,” kata De La Vega, seperti dikutip dari laman Well+Good, Senin, 16 Januari 2023.

“Terinspirasi dari minuman tradisional teh hijau dan mint yang ada di mana-mana di Afrika Utara, campuran teh alami ini juga menampilkan tumbuhan aromatik seperti kapulaga, adas manis, dan jahe yang telah digunakan selama berabad-abad untuk manfaatnya menenangkan perut.”

Bukan cuma menciptakan efek menenangkan di perut pada tegukan pertama, mint juga berkhasiat meredakan sakit perut, menurut penelitian.

"Teh peppermint memiliki manfaat 'dispeptik', artinya dapat meredakan mual, gangguan pencernaan, dan mulas," kata dokter kedokteran fungsional Mahmud Kara, MD, mantan dokter Cleveland Clinic dan pendiri KaraMD, sebelumnya berbagi dengan Well + Good.

De La Vega juga mengatakan perlu dicatat bahwa teh, seperti teh hijau, hitam, oolong, dan pu-erh, dapat dianggap sebagai prebiotik karena polifenol dalam daun teh dapat berkontribusi pada mikrobioma usus yang sehat.

“Memiliki mikrobioma yang seimbang di usus mendukung dan memperkuat sistem pencernaan. Jadi, selain membantu pencernaan, mint organik Afrika Utara juga mendukung sistem kekebalan secara keseluruhan, ”kata De La Vega.

Namun, penting untuk dicatat bahwa mereka yang sensitif terhadap kafein mungkin lebih baik memilih teh mint herbal murni (tanpa teh hijau), karena kafein berpotensi membuat perut semakin sakit.

2. Teh Eucalyptus Mint 

Hidung tersumbat? De La Vega merekomendasikan menyeduh secangkir teh dengan bahan utama seperti peppermint, eucalyptus, dan buah juniper.

“Saya sangat percaya pada kekuatan tumbuhan dan minyak aromatiknya. Eucalyptus, misalnya, sangat tinggi dalam minyak aromatik yang memberikan aroma bersih dan kayu yang berbeda yang dikenal untuk membantu meredakan pilek, batuk, dan meningkatkan pernapasan dalam — itulah mengapa ia ditampilkan dalam segala hal mulai dari obat batuk hingga gosok dada, ”katanya.

Belum lagi, kayu putih dikemas dengan flavonoid, sekelompok antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi dari penyakit kronis, dan sifat antimikroba untuk membantu mengatasi kemacetan.

3. Teh Jeruk 

Apakah Anda sedang dalam cuaca buruk atau ingin mencegah masuk angin, Anda bisa menyeruput teh jeruk yang kaya vitamin C. Menurut De La Vega, ada sekitar 10 miligram vitamin C per delapan ons cangkir teh, yang bisa membuat Anda merasa hangat sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh.

4. Teh Adaptogenik

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat melemahkan sistem kekebalan dan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit, oleh karena itu penting untuk menjaga tingkat kecemasan sebisa mungkin. Salah satu cara De La Vega melawan stres adalah dengan menyesap teh adaptogenik.

“Sebagai bagian dari pendekatan holistik kami untuk memerangi stres, kami senang menambahkan adaptogen ke dalam perjalanan perasaan senang kami. Adaptogen adalah tumbuhan atau jamur yang dikatakan membantu beradaptasi dengan stres dan membawa keseimbangan restoratif dalam hidup Anda, ”katanya.

Jamur Reishi salah satu tanaman adaptogenik yang populer, diyakini merangsang sistem kekebalan untuk mencegah infeksi, dapat membantu melawan stres, dan membantu menjaga tingkat tekanan darah tinggi. Dan jangan takut, teh ini tidak memiliki sisa rasa jamur.

5. Teh Rooibos

Setelah menatap komputer selama berjam-jam, Anda mungkin mengalami sakit kepala yang cukup menganggu. Jika demikian, De La Vega menyarankan minum teh rooibos.

“Campuran rooibos alami surgawi ini dikembangkan oleh ahli ramuan yang menyajikan kombinasi kulit pohon willow yang menenangkan, bunga passion yang menenangkan, mint nana yang menyejukkan, dan lavender yang menenangkan,” jelasnya.

Minum teh ini, lanjut De La Vega, bisa membantu mencairkan ketegangan dan menenangkan pikiran dari pagi, siang, dan malam.

Semoga lima jenis teh di atas bisa menambah daftar teh herbal yang bisa membantu atasi gangguan kesehatan.

Baca juga: 5 Teh Herbal untuk Redakan Stres

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."