Harbolnas 12.12, Ketahui 4 Tips Aman Belanja Online

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 12.12 masih tersisa kurang dari lima jam lagi. Hajatan besar ini dilakukan setiap tanggal 12 Desember sesuai kali pertama dideklarasikan pada 12 Desember 2012. Pencetusnya adalah Indonesian E-commerce Association (IdeA), asosiasi e-commerce yang terdiri dari Lazada, Bukalapak, Zalora, BeryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, Luxola, hingga Persebaya Store.

Terbentuknya Harbolnas terinspirasi dari pesta belanja daring atau online di mancanegara seperti Single’s Day yang dirayakan 11 November di Tiongkok, dan Cyber Monday di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Jerman, dan Jepang. Cyber Monday sendiri terinspirasi dari pesta belanja legendaris, yaitu Black Friday di Amerika Serikat yang menawarkan diskon besar-besaran dan menyebabkan pengantrean panjang.

Nah, jika di momen Harbolnas 12.12 kali ini Anda akan membeli barang incaran, pastikan belanja online dengan aman. Apa saja itu? Berikut empat di antaranya.

1. Lakukan Pembelian di Website Aman

Sebelum melakukan pembelian, periksa apakah website tersebut merupakan situs belanja resmi dan aman. Salah satu keuntungan membeli melalui situs aman adalah kebijakan perlindungan konsumen atau jaminan belanja yang melindungi pembeli dari penjual online palsu.

Beberapa situs web mengharuskan pembeli untuk memverifikasi terlebih dahulu apakah barang telah tiba sebelum melakukan pembayaran kepada penjual.

Keunggulan lainnya adalah layanan atau dukungan pelanggan yang tersedia untuk semua orang. Anda dapat mengajukan keluhan tentang produk Anda, pengembalian dana Anda, dan juga jika barang belum sampai di depan pintu Anda.

2. Cek Identitas Penjual

Langkah selanjutnya adalah memeriksa keaslian dan kredibilitas penjualnya. Banyak merek terkenal sudah merambah ke e-commerce dan bermitra dengan platform terkenal. Jika Anda ingin membeli barang asli, Anda dapat mencari lencana terverifikasi atau logo resmi di akun mereka. 

Bila masih ragu dengan identitas mereka, Anda dapat memeriksa situs jejaring sosial mereka dan melihat apakah mereka menyebutkan sesuatu tentang toko resmi mereka secara online.

Ada beberapa toko yang juga menjual barang asli dan berkualitas tinggi meskipun bukan penjual resmi produk tertentu. Anda bisa mengecek review toko, jumlah pengikut, dan jumlah barang yang sudah terjual.

3. Jangan Beli Barang yang Terlalu Murah

Anda tidak boleh tertipu dengan barang yang sangat murah dan diskon sangat tinggi yang Anda lihat secara online. Barang yang memiliki harga sangat murah dibandingkan barang asli umumnya merupakan barang palsu atau cacat.

Bila Anda ingin membeli barang asli dan harga barang tersebut 75 persen lebih murah dari harga aslinya, ini sudah dianggap sebagai tanda bahaya dan Anda mungkin perlu berpikir dua kali jika ingin membelinya.

Namun ada beberapa barang berkualitas tinggi yang ditawarkan dengan harga sangat rendah dari penjual resmi karena mendapatkannya melalui penjualan atau harga grosir. Periksa ulasan item sebelum menambahkan item ke keranjang Anda.

4. Cek Review

Luangkan waktu untuk  mengetahui kualitas produk atau jika ada kekhawatiran terhadap penjualnya. Beruntungnya saat belanja online banyak sekali penjual yang mengunggah tangkapan layar atau screenshot bukti transaksi, e-commerce memiliki bagian khusus di halamannya tentang review pembeli lain. Pastikan untuk membaca ini terlebih dahulu agar Anda tidak mudah tertipu.

Pilihan Editor: Agar Tetap Hemat setelah Gajian, Simak 5 Tips Belanja Online

ANNISA YASMIN | TEMPO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."