5 Tips agar Konsisten Menjalankan Resolusi Tahun Baru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi resolusi 2024. Freepik

Ilustrasi resolusi 2024. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun 2024 sudah di depan mata. Salah satu kebiasaan sejumlah orang setiap tahun baru adalah membuat resolusi. Namun, ada fakta klasik mengenai resolusi tahun baru yakni bahwa sebagian besar dari kita gagal mencapainya. Resolusi jauh lebih mudah dibuat daripada dipertahankan. Banyak di antara kita yang meninggalkannya bahkan sebelum kita mencapai pertengahan tahun. Agar hal itu tidak terjadi, sebenarnya ada beberapa tips agar konsisten menjalankan resolusi tahun baru.

1. Realistis Menetapkan Tujuan

Daripada membebani diri sendiri secara berlebihan dengan membuat rencana tahun baru yang tidak realistis atau tujuan yang tidak jelas, fokuslah pada sesuatu yang lebih konkret yang dapat Anda tetapkan secara realistis.

Dengan kata lain, jangan memilih resolusi seperti 'menurunkan berat badan', 'menjadi lebih produktif', atau 'menjadi bugar'. Pilih tujuan yang konkret atau dapat dicapai seperti menurunkan berat badan 5 kg, membuat daftar tugas harian, atau lari setengah maraton. Ini akan membantu Anda membangun rencana realistis untuk mencapainya.

2. Tulislah

Mendokumentasikan resolusi akan membantu resolusi tersebut terasa lebih realistis dan konkret dalam pikiran Anda. Setelah Anda memiliki bukti fisik tentang apa yang ingin Anda capai di tahun mendatang, itu akan mengingatkan Anda untuk tetap fokus pada hari-hari di mana Anda tidak merasa termotivasi.

Tulis resolusi Anda di tempat yang selalu dapat Anda lihat.

3. Ambil Langkah Kecil

Jangan memaksakan diri terlalu keras. Misalnya, banyak dari kita yang ingin menurunkan berat badan dalam resolusi tahun baru. Jika Anda menyuruh diri sendiri untuk menurunkan 30 kg dalam seminggu, itu akan terlalu sulit bagi tubuh dan pikiran Anda. Namun, dengan langkah kecil seperti menurunkan 10 kg dalam 30 hari, Anda telah mencapai tujuan yang dapat Anda capai.

Anda harus menyesuaikan tujuan Anda sesuai dengan kemampuan Anda dan menghindari stres pada diri sendiri. Menetapkan secara tak realistis dan kurang bersabar adalah alasan mengapa banyak resolusi Tahun Baru gagal.

4. Hindari Mengulangi Kegagalan di Masa Lalu

Strategi lain untuk konsisten menjalankan resolusi tahun baru adalah dengan menghindari resolusi yang sama dari tahun ke tahun. Jika Anda memilih sasaran yang sama dengan yang Anda miliki sebelumnya, luangkan waktu untuk mengevaluasi hasil Anda sebelumnya.

Jika Anda memercayai kemampuan diri sendiri, lakukanlah. Selain itu, pertimbangkan untuk mengubah sedikit resolusi Anda agar lebih memungkinkan.

5. Dapatkan Dukungan

Memiliki sistem pendukung yang solid dapat membantu Anda tetap termotivasi dan bertanggung jawab menjalankan resolusi tahun baru. Anda dapat berbagi resolusi Anda dengan pasangan, rekan kerja, atau sahabat Anda.

Intinya, mereka mengetahui apa yang ingin Anda wujudkan. Jelaskan tujuan Anda dan mintalah mereka membantu Anda mencapai tujuan Anda.

5. Buatlah Resolusi yang Membahagiakan

Daripada memilih tujuan yang tampaknya tidak mungkin tercapai, pilihlah resolusi yang Anda sukai dan akan memperkaya hidup Anda. Jika Anda kesulitan, pilih resolusi seperti 'Membaca selama satu jam setiap hari', 'Berjalan satu jam setiap hari', 'menonton film dokumenter setiap minggu', 'berlari tiga hari seminggu', atau resolusi apa pun yang Anda inginkan.

Gambaran kesenangan menjadi nilai tambah untuk tetap konsisten menjalankan resolusi tahun baru.

Pilihan Editor: 12 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Pasangan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."