Alasan Mengapa Ingin Makanan Manis setelah Makan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan makanan manis. Unsplash/Thomas Kelley

Ilustrasi wanita makan makanan manis. Unsplash/Thomas Kelley

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda pernah ingin makanan manis setelah makan yang mengenyangkan? Jika pernah, kamu tidak sendiri. Kecenderungan untuk menikmati makanan manis setelah makan adalah fenomena umum, dan ini bukan hanya soal rasa manis saja. Memahami mengapa hal ini terjadi dan menemukan alternatif yang lebih sehat dapat menjadi kunci untuk menjaga pola makan seimbang dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Salah satu alasan utama di balik ingin makanan manis setelah makan terletak pada fluktuasi kadar gula darah. Saat kita mengonsumsi makanan, terutama yang tinggi karbohidrat, gula darah  meningkat. Sebagai respons, tubuh melepaskan insulin untuk membantu mengatur kadar ini. Namun, proses ini terkadang dapat menyebabkan penurunan gula darah secara cepat, sehingga membuat kita merasa lelah atau menginginkan tambahan energi dalam waktu singkat.

Tubuh kita secara naluriah mencari sumber energi yang cepat, dan gula menyediakan solusi cepat tersebut. Meskipun sesekali memanjakan diri adalah hal yang normal, membiasakan diri mengonsumsi camilan manis dapat berdampak buruk pada kesehatan, berkontribusi pada penambahan berat badan, dan masalah lkesehatan lainnya.

Lantas, apa saja alternatif yang lebih sehat untuk memuaskan hasrat akan gula setelah makan? Pertimbangkan untuk memasukkan opsi berikut.

1. Buah-buahan segar

Buah-buahan seperti beri, apel, atau irisan mangga dapat memuaskan rasa manis Anda sekaligus menyediakan vitamin dan serat penting. Gula alami dalam buah-buahan hadir dengan gizi lainnya yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

2. Yoghurt dengan madu

Menurut ahli gizi Apurva Agarwal, semangkuk yogurt Yunani yang ditaburi madu bisa menjadi pilihan jika Anda ingin makanan manis setelah makan.

"Kombinasi ini menawarkan rasa manis yang nikmat bersama dengan probiotik yang meningkatkan kesehatan usus. Ini adalah pilihan seimbang yang dapat mengekang keinginan Anda akan gula tanpa mengurangi nilai gizinya,” ujar Agarwal dikutip dari Times of India, Kamis, 7 Desember 2023.

3. Cokelat hitam

Manjakan diri secukupnya dengan sepotong kecil cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung lebih sedikit gula dibandingkan coklat susu dan mengandung antioksidan yang menawarkan manfaat kesehatan. Pilih cokelat dengan kandungan kakao lebih tinggi dan tidak terlalu manis.

4. Kacang-kacangan dan buah-buahan kering

Buat campuran kacang-kacangan dan buah-buahan kering versi Anda. Almond, walnut, atau pistachio yang dipadukan dengan cranberry kering atau aprikot dapat menghasilkan camilan manis dan renyah yang kaya gizi.

5. Taburan kayu manis di atas roti gandum utuh

Tingkatkan cita rasa roti panggang gandum utuh dengan taburan kayu manis. Kayu manis menambahkan sentuhan manis dan hangat tanpa perlu gula berlebihan. Ditambah lagi, biji-bijian berkontribusi terhadap pelepasan energi yang berkelanjutan.

Pilihan Editor: Tidak Bisa Berhenti Konsumsi Makanan Manis, Ini Alasan Gula Bisa Bikin Kecanduan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."