Tren Kecantikan Korea 2024, Skincare yang Memperkuat Skin Barrier Masih jadi Primadona

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai krim di tangan. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi perempuan memakai krim di tangan. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Industri kecantikan Korea atau Korean beauty masih diminati sejumlah perempuan Indonesia. Berdasarkan sruvei Statista.com, popularitas produk korean beauty di Indonesia memiliki persentase sebanyak 59.8 persen, naik hampir dua kali lipat dari tahun 2021. Nah, menjelang pergantian tahun, lantas apa saja tren kecantikan Korea yang bakal booming di tahun 2024? Berikut tiga di antaranya menurt e-retailer produk kecantikan (beauty), mode (fashion), dan gaya hidup (lifestyle) Korea, iStyle.id.

Tren Kecantikan Korea 2024

1. Skincare yang Memperkuat Skin Barrier

Di tengah iklim tropis dan kondisi cuaca yang semakin tidak menentu, beberapa zat kandungan diperkirakan akan semakin populer, khususnya zat yang mampu memperkuat lapisan teratas pelindung kulit alias skin barrier. Di tahun ini pun penggunaan produk perawatan kulit atau skincare yang fokus memperkuat skin barrier terus diminati. 

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Eddy Karta, polusi udara dan paparan sinar ultraviolet (UV) dapat menambah radikal bebas dan iritasi bagi kulit. Untuk itu, penting menggunakan beberapa lapis perlindungan dalam skincare dengan bahan yang menguatkan skin barrier seperti ceramide, hyaluronic acid, zinc oxide, plant peptide, dan probiotik agar kulit tidak mudah eksim dan jerawat.

"Selain itu bahan antioksidan seperti vitamin C, E, ferulic acid, dan niacinamide juga bisa digunakan untuk mengurangi resiko hiperpigmentasi dan penuaan dini,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Cantika, Kamis, 7 Desember 2023. 

2. Scrub Alami untuk Eksfoliasi Kulit 

Popularitas Korean beauty turut mengangkat inovasi produk-produk kecantikan yang terbuat dari bahan alami. Penggunaan bahan alami dalam perawatan kulit dipercaya dapat membantu mengurangi risiko iritasi atau reaksi alergi. Hal ini disebabkan bahan alami yang bersifat lebih lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang bisa memicu iritasi, khususnya pada jenis kulit yang sensitif.

Sepanjang tahun ini, semakin banyak pula produk kecantikan berbahan dasar alami yang bermunculan dengan beberapa merek Korea yang juga menjadi salah satu unggulannya. Contohnya, masker wajah berbahan gula hitam atau black sugar yang bisa membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Selain itu, adanya kandungan glycolic acid dalam black sugar juga terbukti mampu menghidrasi dan mengangkat lapisan kulit mati, sehingga kulit tampak lebih cerah setelah lapisan kulit mati epidermis berkurang. 

3. Produk Skincare yang Menghidrasi dengan Optimal

Merawat kulit wajah tak sekadar membersihkan secara rutin dan menggunakan pelembap, penggunaan essence dan emulsion juga dibutuhkan untuk menghidrasi kulit. Pada kulit yang bermasalah atau kering akibat penuaan, diperlukan tambahan seperti essence dan emulsion untuk menjaga kelembapannya. 

Untuk itu, produk sabun pembersih wajah berbahan dasar lembut diprediksi akan semakin populer, khususnya gentle cleanser yang mampu membersihkan kotoran dan debu yang menempel tanpa mengganggu kelembaban dan lipid protektif kulit.

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, juga dapat dilengkapi dengan essence dan pelembap yang berfungsi sebagai antioksidan dan menghidrasi, khususnya bagi yang sering beraktivitas di dalam ruangan atau sering terpapar pendingin ruangan dan dapat menyebabkan kulit menjadi kering bahkan mengelupas.

Sambut Harbolnas 2023

Selain menyuguhkan Holiday Beautyfest, Bulan Desember ini iStyle.id juga siap meramaikan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dengan puncak perayaan di 12 Desember 2023 mendatang. 

Dilihat dari tren Harbolnas milik Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) pada tahun 2022 lalu, tercatat market share produk beauty & care di antara kategori FMCG e-commerce mencapai angka 43 persen, tertinggi dibanding kategori lain. 

“Popularitas Korean beauty semakin meningkat dengan berbagai produk baru yang terus bermunculan dan menjadi favorit para pegiat kecantikan Tanah Air. Hal ini pun terlihat dari tingginya permintaan kategori beauty yang menjadi salah satu kategori yang paling diminati di platform kami. Untuk itulah, kami juga menghadirkan Harbolnas Year End Sale yang menawarkan berbagai produk unggulan dengan promo besar di periode akhir tahun ini,” tutur Chief Executive Officer iStyle.id, Steven Calvin Victory. 

Pilihan Editor: BPOM Ajak Penggemar Kecantikan Tingkatkan Literasi Kosmetik, Kulit Sawo Matang Tetap Cantik

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."