Amandel Bengkak Disertai Demam, Ini Kata Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Dokter memeriksa seorang bocah yang mengalami radang amandel, di klinik rawat jalan rumah sakit Shifa, Gaza, Palestina, 29 Maret 2017. REUTERS/Mohammed Salem

Dokter memeriksa seorang bocah yang mengalami radang amandel, di klinik rawat jalan rumah sakit Shifa, Gaza, Palestina, 29 Maret 2017. REUTERS/Mohammed Salem

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pakar telinga hidung tenggorok bedah kepala leher di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangungkusumo Ika Dewi Mayangsari mengatakan amandel membesar disertai demam dan gejala seperti nyeri menelan kemungkinannya akibat infeksi bukannya tumor.

"Rasanya perih sampai tidak bisa makan karena radang amandel. Kemudian pembesaran di kelenjar di getah bening, saat dilihat amandel memerah dan membesar di kiri dan kanan, itu kemungkinan suatu infeksi atau tonsilitis," ujar dia dalam acara bertema "Amandel Besar : Tumor atau Infeksi?" yang digelar daring, Selasa 5 Desember 2023.

Sementara pembesaran amandel akibat tumor, sambung Ika, biasanya hanya di salah satu sisi amandel yakni kiri atau kanan. Lalu, pembesaran ini tidak terjadi mendadak melainkan cenderung lambat misalnya dua pekan, satu bulan atau bahkan tiga bulan.

"Sebab kalau pembesarannya mendadak di satu sisi, adalagi penyakitnya, disertai demam, dan nyeri menelan, itu bisa disebut suatu abses. Kalau abses mungkin hitungan hari, dari yang biasa-biasa saja, dalam hitungan satu atau tiga hari sudah membesar salah satu sisi," kata Ika.

Tanda lain amandel membesar akibat tumor yakni adanya perubahan suara. Ini terjadi akibat ukuran amandel semakin membesar hingga menutupi rongga tenggorok atau mulut. Suara yang dihasilkan bukan serak atau sengau melainkan seperti seseorang memakan kentang panas atau disebut hot potato voice.

"Yang terjadi kalau misalnya ada tumor itu seperti kita makan kentang panas. Bukannya serak atau sengau, tapi hot potato voice. Kalau sudah ada perubahan suara, kesulitan menelan, itu yang biasanya membuat pasien merasa ada sesuatu di tenggorokan," tutur Ika.

Satu hal lagi yang membedakan amandel membesar akibat tumor yakni tak bisa sembuh dengan obat antiradang atau antibiotik seperti halnya akibat infeksi. Sebaliknya, benjolan atau amadel bahkan cenderung akan bertambah baik itu ukuran atau jumlahnya.

Pilihan Editor: Cita Citata Curhat Penyakit yang Diidapnya Selama 5 Tahun Terakhir, Apa Itu?

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."