Seberapa Sering Harus Menggunakan Retinol bagi Pemula? Ini Kata Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Foto: Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Foto: Freepik.com

IKLAN

Menggunakan Retinoid Resep

Kulit yang beradaptasi dengan produk retinol yang dijual bebas dapat memperoleh manfaat dari penggunaan resep tretinoin dengan konsentrasi bahan lebih kuat, catat Rachel Lee Lozina, ahli kecantikan berlisensi dan pendiri Blue Water Spa. Alternatifnya, Anda bisa memulai dengan resep dosis rendah seminggu sekali dan meningkatkan frekuensinya dari sana.

Variasi resep ini disebut sebagai tretinoin, dan menggunakan bentuk vitamin A yang lebih tersedia secara hayati yang disebut sebagai asam retinoat. “Resep tretinoin hadir dalam tiga kekuatan: 0,25, 0,5, dan 1,0,” kata Lozina.

Mirip dengan cara Anda meningkatkan frekuensi dan potensi penggunaan retinol yang dijual bebas, Anda dapat meningkatkan konsentrasi tretinoin dan penggunaan produk yang lebih sering. Pada akhirnya, Anda dapat mengaplikasikan produk setiap hari (atau dua hari sekali) tergantung preferensi Anda.

Menggunakan Retinoid Dengan Bahan Perawatan Kulit Lainnya

Seberapa sering Anda menggunakan retinol atau resep tretinoin juga bergantung pada rangkaian perawatan kulit Anda lainnya. Karena ini adalah bahan aktif yang kuat, sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan bahan aktif lainnya, catat dr. Sobel. Ini termasuk asam alfa hidroksi (AHA), asam beta hidroksi (BHAS), enzim, benzoil peroksida, dan vitamin C. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan beban yang mengganggu pelindung kulit Anda.

Sebaliknya, yang terbaik adalah mengganti bahan aktif setiap dua hari sekali, atau menggunakan satu bahan aktif di pagi hari dan bahan aktif lainnya di malam hari.

Baca juga: 3 Bahan Skincare Ini Tidak Boleh Dipakai Bersamaan dengan Retinol

Saat menggunakan retinoid, penting juga untuk menggunakan pembersih non-aktif yang lembut, melembapkan dengan serum dan krim, dan menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari.

Tips dan Trik Aplikasi Retinol

Baik Anda baru mengenal retinol atau sudah lama menggunakan bahan ini, perhatikan tips ahli berikut:

1. Pilih Produk Berkualitas Tinggi: Tidak semua produk retinol diciptakan sama, jadi lakukan riset. “Pilihlah formulasi retinol yang berkualitas tinggi, bersih, dan menenangkan dengan bahan-bahan yang menghidrasi dan menenangkan untuk hasil terbaik,” rekomendasi dr. Sobel.

2. Lindungi Area Sensitif: “Jika kulit di sekitar bibir dan mata menjadi sangat sensitif—walaupun Anda tidak mengaplikasikannya di area tersebut, kulit tersebut akan berpindah—Anda dapat mencoba mengoleskan pelembap ekstra kaya di sekitar area tersebut sebelum mengaplikasikan retinol,” kata dr. Kobets.

3. Lapisan dengan Pelembap: Jika kulit Anda bereaksi kuat terhadap retinol ringan, oleskan di atas lapisan pelembap. Ini dapat membantu mengurangi potensinya.

4. Waspadai Musim: Saat cuaca dingin dan kering, kulit Anda mungkin tidak mentoleransi frekuensi retinoid yang sama seperti biasanya, catat Dr. Kobet. Anda mungkin ingin mengingat kembali seberapa sering Anda menggunakan retinol selama musim dingin.

5. Konsultasikan dengan Profesional: Jika Anda tidak yakin tentang retinol apa yang harus digunakan atau apakah respons kulit Anda normal, hubungi ahli perawatan kulit. “Seorang profesional membuatnya lebih mudah untuk dinavigasi karena kebanyakan orang berhenti bahkan sebelum benar-benar memulai atau tidak menggunakannya dengan benar sama sekali,” catat Lozina.

Pilihan Editor: Hindari 8 Kesalahan Ini saat Pakai Retinol

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."