Waspada, Rambut Kotor Bisa Bikin 4 Masalah Kulit Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi mengeringkan rambut dengan hair dryer. Shutterstock

Ilustrasi mengeringkan rambut dengan hair dryer. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebiasaan menjaga kebersihan rambut mungkin masih menjadi tantangan bagi sebagian orang. Ada saja alasannya, seperti malas mencuci rambut secara berkala, atau sengaja memanjangkan rambut tanpa merawat kebersihannya. Penting sekali setiap orang menjaga kebersihan rambut, kalau tidak akan berdampak pada kulit rambut. Membiarkan rambut kotor dapat menyebabkan berbagai masalah kulit akibat penumpukan kotoran, minyak, dan polutan. 

Berikut adalah dampak buruk bila memelihara rambut kotor seperti dilansir TimesofIndia, Minggu 3 Desember 2023. 

1. Pori-pori tersumbat dan jerawat

Masalah utama yang terkait dengan rambut yang tidak dicuci adalah penumpukan sebum, minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala, rambut kotor juga kombinasi kotoran dan polutan lingkungan.

Ketika minyak dan kotoran ini tidak dibersihkan secara teratur, mereka dapat berpindah ke kulit wajah, leher, dan bahu. Sebum yang berlebihan dapat membuat pori-pori tersumbat. Hal ini bisa mempermudah timbulnya jerawat.

2. Infeksi

Rambut yang kotor merupakan tempat berkembang biak yang potensial bagi bakteri dan jamur. Mikroorganisme ini tumbuh subur di lingkungan yang tidak bersih, dan ketika berpindah ke kulit, mereka dapat menyebabkan infeksi kulit.

Kondisi seperti folikulitis, infeksi bakteri yang umum terjadi pada folikel rambut, dapat diakibatkan oleh bakteri yang terdapat pada rambut yang tidak dicuci. Demikian pula, infeksi jamur seperti kurap dapat menyebar dari kulit kepala ke kulit, menyebabkan bercak merah, gatal, dan ketidaknyamanan.

3. Iritasi dan alergi

Mengabaikan kebersihan rambut dapat memicu reaksi alergi atau iritasi pada kulit. Polutan, alergen, dan partikel debu yang menumpuk pada rambut kotor dapat dengan mudah bersentuhan dengan kulit, menyebabkan gatal, kemerahan, atau ruam, terutama bagi individu dengan kulit sensitif.

Paparan terus menerus terhadap iritasi ini dapat memperburuk kondisi kulit dan membahayakan kesehatan kulit.

4. Peradangan kulit kepala

Selain masalah kulit, rambut kotor juga dapat berdampak pada kesehatan kulit kepala, yang secara tidak langsung mempengaruhi kulit. Kulit kepala yang tidak bersih dapat menyebabkan ketombe, gatal, dan peradangan.

Menggaruk kulit kepala karena gatal dapat memasukkan bakteri dan kotoran ke kulit, yang berpotensi menyebabkan infeksi atau memperparah masalah kulit yang sudah ada.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan rambut sangat penting tidak hanya untuk kesehatan kulit kepala tetapi juga untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Pilihan Editor: 5 Kesalahan saat Keramas yang Perlu Dihindari

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."