Cara Membuat Buah Kering, Ada Tahapan Direndam di Air Lemon

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah kering. Freepik.com/Racool studio

Ilustrasi buah kering. Freepik.com/Racool studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang memilih membuat buah kering di rumah. Beragam pertimbangannya, dari biaya lebih terjangkau dan salah satu cara untuk menjaga buah kering bebas dari bahan tambahan maupun bahan pengawet berbahan kimia. Berikut cara membuat buah kering di rumah yang mudah diikuti.

1. Pilih Buah-buahan Segar

Hal pertama dan terpenting dalam menyiapkan buah-buahan kering di rumah dimulai dengan memilih buah-buahan yang segar dan matang. Cuci sampai bersih dan keringkan. Selanjutnya, kupas dan potong buah menjadi bentuk dan ukuran yang diinginkan. Ketebalannya harus konsisten agar pengeringan merata. Anda dapat membuang biji, batu, atau lubang.

2. Cegah Buah menjadi Kecoklatan

Untuk menjaga kesegaran dan mencegah buah kering menjadi coklat, rendam irisan buah dalam campuran air dan jus lemon selama beberapa menit. Jus lemon mengandung asam askorbat yang membantu menjaga warna alami buah.

Jika Anda lebih menyukai buah kering yang lebih manis, Anda bisa menaburkan gula di atas irisan buah. Aduk irisan dengan lembut untuk memastikan lapisan merata.

3. Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Letakkan irisan buah di atas nampan yang terkena sinar matahari langsung. Tutupi dengan jaring atau kain katun tipis untuk melindungi dari debu dan serangga. Tahapan ini memerlukan waktu beberapa hari.

4. Pengeringan Oven

Susun irisan buah di atas loyang yang dialasi kertas roti. Atur oven Anda ke suhu paling rendah dan biarkan buah mengering selama beberapa jam, balikkan sesekali. Anda juga bisa menggunakan airfryer untuk mengeringkan buah.

5. Tips Penyimpanan

Buah akan matang jika masih lentur, tetapi tidak lembap. Misalnya, buah tidak boleh lengket, buah yang dikeringkan secara berlebihan dapat membuatnya menjadi keras dan mengurangi rasa. Biarkan buah kering hingga benar-benar dingin sebelum disimpan.

Simpan buah-buahan kering dalam wadah kedap udara atau kantong yang dapat ditutup kembali juga di tempat yang sejuk dan gelap. Jika dikeringkan dan disimpan dengan benar, buah kering dapat bertahan selama beberapa bulan dan nikmatilah!

Pilihan Editor: 4 Manfaat Makan Buah Potong

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."