Pentingnya Memakai Sunscreen bagi Pengidap Psoriasis, Cegah Sunburn dan Kelainan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita dengan psoriasis menggaruk siku. Shutterstock

Ilustrasi wanita dengan psoriasis menggaruk siku. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPsoriasis di Indonesia sebanyak 1 persen dari 270 juta total populasi. Di Bandung sendiri penyakit Psoriasis merupakan salah satu penyakit terbanyak yang berkunjung ke Poliklinik Dermatologi, Venereologi, dan Estetika di Rumah Sakit. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang terjadi karena ada peradangan pada kulit. Peradangan kemudian menyebabkan kulit bersisik, menebal, terasa gatal, serta mudah terkelupas. 

"Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, bahkan bisa menyerang bayi yang umumnya disebabkan karena faktor genetik. Peradangan biasanya muncul pada kulit di bagian lulut, siku, punggung bawah, serta kulit kepala. Pasien dengan psioriasis memiliki kecenderungan tidak percaya diri yang berujung pada depresi," papar Dokter Panji Respati melalui siaran pers kepada Cantika pada 

Pasien Psoriasis Disarankan Memakai Sunscreen

Dokter Panji Respati mengatakan pasien psoriasis sangat penting dalam menggunakan sunscreen untuk menghindari efek buruk sinar matahari pada kulit seperti sunburn dan kemerahan, di mana kedua hal tersebut justru dapat mencetuskan kelainan kulit Psoriasisnya.    

Terlebih di Indonesia sendiri kini telah hadir Heliocare yang cukup unik "Sunscreen pertama di Indonesia yang terdaftar di BPOM dengan spectrum luas "  karena dalam sunscreen itu diperlukan tipe spektrum luas yang dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB, dimana kedua sinar tersebut dapat merusak kulit. Dengan tingginya polusi di Indonesia, diperlukan juga sunscreen yang memiliki anti polutan. Heliocare ini dapat menjawab semua kebutuhan tersebut.

Peringati Hari Psoriasis Sedunia dengan PSORIASI5km-RUN

Peringati Hari Psoriasis Sedunia PT. Regenesis kembali hadir dalam pergerakan peduli masyarakat dengan brand product yaitu Heliocare bekerjasama dengan Dermrunners/Foto: Doc. Regenesis

Pada peringatan Hari Psoriasis Sedunia di bulan 28 Oktober 2023 PT. Regenesis kembali hadir dalam pergerakan peduli masyarakat dengan brand product yaitu Heliocare bekerjasama memperingati World Psoriasis Day bersama Dermrunners. Acara World Psoriasis Day sendiri diperingati seluruh dunia pada tanggal 29 oktober setiap tahunnya. 

Dermrunners yang berdiri pada 1 Maret 2019 itu sendiri yaitu komunitas pelari yang beranggotakan dokter spesialis kulit yang ada di Indonesia, menjadi wadah silaturahmi bagi sejawat yang gemar berolahraga, berbagi informasi kesehatan, dan terutama menyebar virus olahraga supaya semakin banyak yang mengikuti pola hidup sehat..

"Acara tersebut terselenggara dengan gagasan para dokter spesialis kulit yang di adakan di kota bandung mengusung kegiatan tersebut dengan acara lari sejauh 5 km dan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui konsultasi dokter dan membagikan flyer kesehatan mengenai Psoriasis kepada masyararakat, karena masih banyak masyarakat yang belum memahami apa itu Psoriasis. Kegiatan kolaborasi ini cukup memberikan respon yang baik dan hangat dengan memadukan edukasi dan kegiatan olahraga," ucap Shandy Marketing Manager PT Regenesis Indonesia. 

Acara PSORIASI5km-RUN kemarin tidak hanya dihadiri oleh dokter kulit saja melainkan komunitas pelari yang lain yang ada di kota Bandung. Dengan rute lari dimulai pukul 06.00 WIB, start di mulai dari Graha Pos Banda yang ada di jalan Banda no. 30 Bandung, lalu rute dilanjutkan ke arah jalan Asia Afrika lanjut ke jalan Braga dan jalan Riau lalu berakhir di Graha Pos Banda kembali. Setelah acara tersebut kembali ke Graha Pos Banda, para dokter spesialis kulit melakukan edukasi kembali di sekitar area di jalan Banda dan melakukan penutupan untuk acara tersebut. 

Acara yang diadakan pada tanggal 28 Oktober kemarin dengan membawa tema olahraga lari 5 km bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang adanya penyakit Psoriasis itu sendiri. Dermrinners sendiri berharap komunitasnya tidak berhenti sampai disini tapi juga akan berkontribusi dengan event - event lainnya dalam melakukan edukasi  supaya dapat memberi impact lebih besar lagi bagi masyarakat.

Pilihan Editor: Rutinitas Skincare Cantika Abigail dengan Masalah Kulit Psoriasis, Fokus Pelembab

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."