Resep Selai Srikaya yang Legit dan Manis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi selai srikaya. Shopee

Ilustrasi selai srikaya. Shopee

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang suka makan roti dengan mengoleskan atau isian selai srikaya? Jika kamu salah satunya berarti tak sendirian. Sebagian besar masyarakat Indonesia kerap memilih selai berbahan dasar buah srikaya itu karena aroma harum dan teksturnya yang legit. Jika kamu berniat membuat selai srikaya di rumah, berikut resep yang bisa dicoba di rumah.

Resep Selai Srikaya

Bahan-bahan:

- Buah srikaya sebanyak 1 kg

- Gula pasir sebanyak 300 gram

- Daun pandan sebanyak 2 lembar

- Kara sebanyak 50 ml

- Susu kental manis sebanyak 2 sendok makan

- Telur bebek sebanyak 3 butir

- Santan sebanyak 300 ml

- Air panas sebanyak 125 ml

Cara Membuat:

1. Buah srikaya dan daun pandan dikupas dan dicuci bersih, selanjutnya dicacah menjadi bentuk bubur untuk buah srikaya dan untuk daun pandan disimpul rapi. Keduanya dimasukkan dalam kuali yang berisi air dengan api kecil.

2. Siapkan larutan gula dan masak hingga berwarna kekuningan, larutan gula kemudian ikut dimasukkan ke dalam kuali tersebut dan diaduk hingga tercampur secara merata.

3. Selang beberapa saat, pada kuali rebusan masukkan telur bebek, sisa gula, dan santan. Selanjutnya diaduk merata dengan api kecil, saat tekstur mulai berubah mengental daun pandan dapat dikeluarkan dari kuali.

4. Tambahkan kara dan susu kental manis ke dalamnya, lalu aduk kembali secara merata. Lakukan proses tersebut hingga didapat tekstur selai yang sempurna dan jangan lupa untuk koreksi rasa selai.

5. Matikan api dan tunggu selai srikaya hingga dingin, selai dapat disimpan dalam toples dan dimasukkan ke dalam lemari berpendingin agar masa simpannya lama.

Pilihan Editor: 4 Resep Sarapan Fun ala Nutella, Ada Pan Apple Cake dan Rokupan

MELINDA KUSUMA NINGRUM | COOKPAD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."