Resep Sandwich Keju Antilengket, Simpel, dan Menggugah Selera

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Sandwich keju. Shutterstock

Sandwich keju. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak ada resep sandwich yang lebih baik daripada keju panggang yang sempurna. Mulai dari Kerenyahan, lengket khas kejunya, dan kekayaan rasa dari setiap gigitan.  “Kunci kesempurnaan adalah waktu roti dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan, dan keju meleleh hingga teksturnya sangat lengket,” kata Megumi Takahashi dari Tim Kuliner Kraft Heinz. 

Takahashi lebih memilih wajan listrik karena suhunya bisa diatur, dan membantu memanggang beberapa sandwich sekaligus. Menyetel wajan ke 350 derajat selama dua menit di setiap sisinya adalah triknya, tetapi wajan juga bisa digunakan. 

“Jika menggunakan wajan besi, sebaiknya panaskan wajan terlebih dahulu dengan api sedang-kecil agar wajan memanas secara merata dan tidak terlalu panas. Anda tentu tidak ingin roti gosong sebelum keju sempat meleleh dengan sempurna, ”katanya. Wajan antilengket juga bisa digunakan.

Untuk menyajikannya, Anda sebaiknya memotong keju panggang untuk mendapatkan  tarikan keju yang pas. Potong menjadi persegi panjang atau segitiga, atau, jika Anda merasa kreatif, Takahashi menyarankan untuk membuat stik seukuran sekali gigit, (cocok untuk camilan anak-anak atau pesta) atau memotong sandwich menjadi kubus kecil untuk digunakan sebagai kudapan pada sup tomat.

Tips Membuat Sandwich Keju 

Mulailah dengan menyiapkan semua bahan Anda. Untuk setiap keju panggang, Anda memerlukan dua potong roti, setidaknya 1 sendok makan mentega, dan 2-4 potong keju (tergantung seberapa lengketnya Anda menyukainya). Keju Amerika, Cheddar, Swiss, muenster, atau Gouda semuanya cocok—jangan ragu untuk mencampur keju. Apa pun yang memiliki konsistensi sedang (tidak terlalu keras, tidak terlalu lunak) bisa digunakan.

Dengan api sedang di atas kompor, panaskan terlebih dahulu peralatan masak pilihan Anda—wajan besi, baja tahan karat, dan wajan antilengket semuanya berfungsi dengan baik. Perhatikan bahwa dua cara pertama akan menghasilkan roti yang lebih renyah. Wajan harus cukup besar untuk menampung dua potong roti.

Lelehkan mentega dalam wajan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Tambahkan roti untuk melapisi mentega. Biarkan bersulang selama 1-2 menit. Jika roti sudah menyerap seluruh mentega, tambahkan tepukan lagi (atau sedikit minyak zaitun). Balik roti dan tambahkan keju di atas setiap irisan. Beberapa orang lebih suka menggunakan keju parut, yang lebih cepat meleleh. 

Biarkan roti matang selama 2 menit. Balikkan satu irisan di atas irisan lainnya untuk membuat sandwich, masak sebentar lagi. Balik dan sajikan.

Untuk menikmati keju panggang klasik, Anda bisa bersenang-senang dengan bahan dasarnya, menggunakan roti khusus, seperti kismis kayu manis, atau bahkan wafel. Anda juga dapat menambahkan rasa manis, pedas, atau gurih ke dalam sandwich dengan mengoleskan selai, pesto, madu panas, mustard, atau bumbu favorit Anda langsung ke salah satu atau kedua potong roti sebelum menambahkan keju.

Jika Anda membuat keju panggang dalam jumlah besar, pertimbangkan untuk melelehkan mentega dan mengoleskannya pada roti untuk mempercepat prosesnya. Beberapa orang juga suka mengoleskan mayones di bagian luar roti agar bagian luarnya lebih renyah.

Pilihan Editor: Resep Cumi Saus Tiram, Rasanya Gurih dan Manis

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."