Kreasi Resep Balsamic Salmon, Bisa untuk Campuran Salad Atau Isian Kebab

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Grilled Salmon/Foto: Doc. Dapur Umami

Grilled Salmon/Foto: Doc. Dapur Umami

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kreasi resep balsamic-butter Salmon adalah hidangan salmon yang lembut dan bermentega dengan ukuran sekali gigit dan dilapisi dengan lapisan balsamic manis. Sajian ini dipanggang dan disajikan sebagai hidangan pembuka yang mudah, maupun digunakan sebagai bahan salad atau isian kebab.

Berikut resep membuat Balsamic-butter salmon yang ditulis dari laman Eating Well:

Bahan:

- 1 ponfillet salmon potong tengah, kupas kulitnya dan potong 1 inci
- 2 sendok makan mentega tawar, lelehkan
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/8 sendok teh garam ditambah 1/4 sendok teh, dibagi
- 5 sendok makan cuka balsamic
- 2 sendok teh mustard dijon
- 2 sendok teh gula merah
- Kemangi segar cincang untuk hiasan (opsional)

Cara membuat:

Langkah 1: panggang salmon

Posisikan rak oven 4 inci dari sumber panas, panaskan mesin pemanggang. Aduk potongan salmon dengan mentega, 1/4 sendok teh merica, dan 1/8 sendok teh garam dalam mangkuk sedang. Susun potongan salmon secara merata di atas loyang besar. Panggang sampai berwarna kecoklatan, 6 hingga 7 menit.

Langkah 2: saus balsamic

Sementara salmon di panggang, kocok cuka, mustard, gula merah, dan sisa 1/4 sendok teh merica dan garam ke dalam panci kecil. Didihkan dengan api besar. Kecilkan api menjadi sedang dan didihkan, aduk sesekali hingga terbentuk lapisan kental, 6 hingga 7 menit.

Langkah 3: oles salmon dengan saus balsamic

Oleskan saus balsamic secara merata pada potongan salmon. Panggang selama 2 menit. Pindahkan ke piring saji, hiasi dengan kemangi, jika diinginkan.

Sebagai informasi bagi anda yang berdiet, sajian balsamic butter salmon ini memiliki total 243 kalori dan 13 gram lemak, dengan kandungan protein sebanyak 25 gram. Dengan persiapan selama 20 menit untuk empat porsi, hidangan pembuka ini bisa juga menjadi hidangan utama dengan menambah karbohidrat dan biji-bijian atau sebagai bahan salad dan isian kebab. 

Pilihan Editor: Kreasi Resep Olahan Singkong untuk Camilan, dari Getuk hingga Klepon

EATING WELL

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."