Women Half Marathon Jakarta Digelar Perdana Tahun 2024, Catat Lokasi dan Tanggal Pendaftarannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi lomba lari. Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi lomba lari. Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ajang olahraga lari khusus perempuan, Women Half Marathon (WHM) Jakarta akan digelar kali pertama pada 28 April 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Lebih dari sekadar perlombaan, WHM Jakarta didedikasikan untuk merangkul dan merayakan para pelari perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang yang dengan tekad kuat mendorong kemampuan dan ketahanan demi mencapai hasil terbaik lewat kebersamaan dalam olahraga lari.

WHM Jakarta terdaftar dalam organisasi lari internasional World Athletic (WA) sehingga masuk kedalam agenda lomba dunia dengan mengikuti standar internasional. Tak hanya itu, melalui penyelenggaraannya, WHM Jakarta juga berkomitmen menciptakan sebuah komunitas olahraga yang menghubungkan sesama pelari perempuan untuk saling mendukung, menginspirasi dan membangkitkan semangat dalam setiap langkah menuju garis akhir.

“Olahraga telah menjadi tren yang tak terpisahkan dari masyarakat. Banyak orang menyadari pentingnya menjaga daya tahan tubuh dengan melakukan olahraga secara rutin, termasuk mengikuti berbagai kompetisi olahraga seperti lari. Namun di tengah kurangnya keterwakilan perempuan dalam ajang lomba lari maraton konvensional, WHM Jakarta hadir menjadi wadah yang merayakan dan mendukung para pelari perempuan," kata Dicky Sukmana, Penyelenggara WHM Jakarta (PT Media Dunia Olah Raga) dalam siaran pers yang diterima Cantika, Rabu, 22 November 2023.

Adapun menurut Claudia Inkiriwang, President Director, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), wajah baru TMII tidak hanya menjadi destinasi wisata, tetapi juga bisa menjadi wadah dan sarana edukasi yang memperkenalkan keragaman serta kekayaan budaya Indonesia bagi masyarakat, tamu negara, dan wisatawan mancanegara.

Dengan luas kisaran 150 hektar, TMII memiliki konsep eco-park dengan kawasan ruang terbuka hijau hingga 70 persen dari keseluruhan area, sehingga memiliki kapasitas yang memadai untuk mengakomodasi kebutuhan dari berbagai kegiatan besar, termasuk lari.

"Dengan diselenggarakannya WHM Jakarta di TMII, kami berharap para peserta dapat memiliki pengalaman lari yang berkesan dengan rute yang aman dan nyaman, serta dimanjakan dengan pemandangan indah dari berbagai wahana dan atraksi wisata menarik khas TMII, termasuk ragam anjungan daerah dari Sabang hingga Merauke, taman satwa, hingga Danau Archipelago," tuturnya.

Rangkaian Kegiatan Menuju Women Half Marathon Jakarta

Menjelang perlombaan, Road to WHM Jakarta juga akan digelar selama empat bulan ke depan mulai bulan Januari 2024 untuk membantu peserta menyiapkan diri dengan matang, mulai dari fisik, mental, dan emosional, di antaranya sebagai berikut:

1. Women’s running workshop yang berisi lokakarya dengan topik seputar pelatihan lari khusus perempuan, nutrisi, hingga perlengkapan lari yang dipandu oleh pelari wanita berpengalaman.

2. Weekly women’s running meetups berupa pertemuan mingguan di taman atau jalur lari untuk memudahkan peserta bersosialisasi, berkumpul, dan berlatih bersama demi mencapai garis akhir dengan nyaman dan aman.

3. Women’s race merchandise berupa perlengkapan lari eksklusif yang khusus dirancang untuk kebutuhan dan preferensi para pelari perempuan.

4. Women’s running gear expo yang menghadirkan pameran berbagai brand pakaian lari khusus perempuan, sepatu, hingga aksesori yang memungkinan peserta untuk memilih perlengkapan yang dibutuhkan.

Konferensi pers Women Half Marathon Jakarta pada Rabu, 22 November 2023. Foto: WHM

Pendaftaran dan Biaya

Di tahun perdananya, pendaftaran WHM Jakarta akan dibuka bagi seluruh peserta perempuan nasional mulai tanggal 3 Desember 2023 melalui website https://womenhalfmarathon.id dengan tiga kategori yang akan ikut dilombakan, yaitu 5 kilometer untuk umum dan remaja perempuan dengan dua kelompok usia 12-14 tahun dan 15-17 tahun, serta 10 kilometer dan 21,0975 kilometer (half marathon).

Harga slot WHM Jakarta untuk kategori 5 kilometer adalah Rp350 ribu, 10 kilometer adalah Rp375 ribu, dan half marathon adalah Rp450 ribu.

Sementara untuk race package collection akan digelar pada tanggal 26 - 27 April 2024 di Urban Forest Cipete, Jakarta dengan menyuguhkan beragam acara menarik, seperti pertunjukan musik, pos relaksasi dan perawatan diri, serta pameran perlengkapan lari seperti pakaian, sepatu, hingga berbagai aksesori yang disesuaikan dengan kebutuhan pelari perempuan.

Salah satu keunikan lain dari WHM Jakarta adalah Volt & Fast yang resmi menjadi official merchandiser. Saat mendaftarkan diri, para peserta dapat memilih dan memesan satu dari tiga model jersey yang disukai dan sesuai dengan preferensi untuk dikenakan saat kompetisi lari WHM Jakarta.

Tips Ikuti Lomba Lari dari Atlet

Di kesempatan yang sama, Triyaningsih, atlet nasional serta olympian pemegang 11 rekor nasional dan peraih 11 medali emas membagikan tips singkat untuk pelari perempuan dalam mempersiapkan diri menghadapi WHM.

“Pertegas dan perkuat motivasi. Hal ini dapat dilakukan dengan berkenalan dengan teman baru di weekly run (lari mingguan) yang diadakan oleh WHM Jakarta. Kemudian persiapkan fisik secara tepat dengan perhatikan asupan nutrisi serta cek dan monitor kesehatan. Pilih pakaian dan sepatu yang tepat. Lalu, tentu saja, kita perlu nikmati proses," jelasnya.

Perhelatan WHM Jakarta diharapkan dapat mengajak lebih banyak lagi perempuan di Indonesia ikut bergerak aktif dan menerapkan pola hidup sehat untuk tubuh dan mental yang kuat demi kesejahteraan yang lebih baik di masa depan.

Bukan cuma itu, sebagai lomba lari half marathon, penyelenggaraan perdana Women Half Marathon Jakarta kali ini dan di tahun-tahun mendatang juga diharapkan mampu mendukung upaya pemerintah dalam mendongkrak pertumbuhan atletik wanita nasional untuk menemukan talenta terbaik dan atlet-atlet unggul dari dalam negeri yang nantinya dapat bersaing di kancah internasional.

Pilihan Editor: 5 Tips Persiapan Lari Maraton, Cek Kesehatan Hingga Perhatikan Nutrisi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."