5 Perilaku Buruk dalam Hubungan, Menyimpan Dendam hingga Mengubah Prinsip Diri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Yanalya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa pola perilaku buruk dalam hubungan apa pun, baik itu dalam keluarga, persahabatan atau asmara. "Jika Anda adalah seseorang yang memiliki riwayat hubungan yang sulit, Anda mungkin mengembangkan pola-pola yang tidak menghargai siapa diri Anda untuk menjaga perdamaian (atau agar tidak sendirian)," ujar terapis Sadaf Siddiqi dikutip dari Hindustan Times, Selasa, 21 November 2023.

Menurut Siddiqi, hal ini bisa terlihat seperti menghindari membahas masalah sulit, mengubah diri sendiri, atau menoleransi perilaku yang tidak seharusnya Anda lakukan. Mari kita telusuri beberapa perilaku buruk dalam hubungan apa pun.

1. Menyimpan Dendam

Ketika Anda menyimpan dendam terhadap seseorang dan tidak mengatasinya dengan cara yang sehat, hal itu akan berkembang menjadi kebencian. Hal ini selanjutnya dapat menimbulkan perasaan cemas dan depresi.

Penting untuk memproses emosi dendam dan menemukan cara untuk mengatasinya.

2. Mengubah Prinsip Anda agar Lebih Dicintai

Kita semua memiliki prinsip, keyakinan, dan etika masing-masing. Ketika Anda mulai mengubahnya demi cinta, itu bisa berarti Anda melepaskan keunikan dan perspektif diri sendiri demi orang lain.

Itu adalah tanda bahaya besar bagi pertumbuhan diri dan termasuk perilaku buruk dalam hubungan. Karena Anda tidak menunjukkan siapa diri Anda sesungguhnya. Jadilah versi terbaik diri sendiri, bukan versi orang lain.

3. Menolak Membicarakan Hal-hal Sulit

Menghindar dan menolak hal-hal sulit dapat berdampak negatif besar pada hubungan. Percakapan yang sulit perlu dilakukan apa pun yang terjadi untuk menciptakan semakin mengenal satu sama lain. Sebaiknya menyediakan waktu dan ruang untuk melakukan percakapan semacam itu.

4. Mengabaikan Kebutuhan Pribadi untuk Menjaga Perdamaian

Kita harus menjadikan kebutuhan dan keinginan sebagai prioritas dalam hubungan. Ketika kita mulai mengabaikannya, kita menjadi orang yang menyenangkan orang lain. Hal ini dapat menyebabkan frustrasi dan kebencian dalam hubungan.

5. Pelecehan

Pelecehan dalam bentuk apa pun, baik finansial, fisik, mental, atau seksual tidak dapat diterima dalam hubungan apa pun, dan itu termasuk perilaku buruk.

Pilihan Editor: Pentingnya Batasan yang Sehat saat Menjalin Hubungan Asmara, dari Fisik hingga Komunikasi

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."