Pentingnya Batasan yang Sehat saat Menjalin Hubungan Asmara, dari Fisik hingga Komunikasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berada dalam suatu hubungan adalah salah satu kebutuhan terpenting manusia dan kami akan mencari hubungan bermakna yang tulus dalam aspek itu. Jadi kita perlu memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan kita berdasarkan rasa hormat dan kepercayaan dimana kita dan pasangan bisa berkembang bersama. Dan itu bisa terjadi jika kita mempunyai batasan yang sehat. 

“Batas yang dapat ditembus namun pasangan memiliki ruang masing-masing, sehingga mereka merasa aman, diperlukan,” kata Arouba Kabir, profesional kesehatan emosional dan mental, dan pendiri Enso Wellness.

“Hubungan yang sehat perlu memiliki landasan emosional yang kuat sehingga Anda merasa aman untuk belajar dari kesalahan masa lalu,” kata Arouba Kabir. 

Sebagai seorang terapis simak batasan yang menurutnya diperlukan dalam suatu hubungan asmara:

1.  Batasan fisik

Hanya karena Anda sedang jatuh cinta bukan berarti Anda bisa bersama setiap hari. Saling memberi ruang fisik karena penting bagi setiap orang untuk berkembang. Hormati ruang pribadi dan persetujuan satu sama lain. Kita harus mencoba berkomunikasi secara terbuka tentang kebutuhan dan ketidaknyamanannya.

2. Batasan emosional

Pasangan Anda mungkin berasal dari latar belakang pendidikan, pengalaman, dan latar belakang yang berbeda. “Jadi cara kita menunjukkan, mengekspresikan, atau merasakan sesuatu/emosi bisa berbeda-beda. Hormati perasaan, privasi, dan ruang emosional satu sama lain. Hindari meremehkan atau mengabaikan emosi satu sama lain,” kata Arouba.

5. Batasan seksual

Sangat penting untuk memiliki batasan seksual yang sehat dan suka sama suka dalam suatu hubungan. “Komunikasi, persetujuan, kenyamanan, kesetaraan, penerimaan, dan penghormatan terhadap batasan seksual sangat penting untuk memastikan semua pihak merasa aman dan dapat membangun hubungan yang lebih dalam melalui keintiman,” jelas Arouba.

3. Batasan digital

Kita telah melihat dan mendengar cukup banyak cerita tentang bagaimana orang-orang bersatu secara fisik namun terpisah secara emosional dan mental dan salah satu alasannya adalah digitalisasi. “Jadi sangat penting bagi kami untuk menetapkan pedoman penggunaan teknologi dalam hubungan tersebut. Pada saat yang sama, sangat penting bagi kami, untuk tidak melewati ruang digital pribadi masing-masing, meskipun pasangan merasa nyaman dengannya,” kata Arouba.

4. Batasan komunikasi

Bersiaplah untuk mengalami komunikasi yang tidak nyaman juga. “Kita bisa berkomunikasi tentang topik, emosi, situasi sulit, yang penting untuk kita semua pelajari. Mendengarkan secara aktif, menghindari interupsi, atau menahan diri untuk tidak bersuara saat terjadi perselisihan adalah beberapa hal yang bisa kita mulai,” kata Arouba.

Hubungan yang sehat perlu memiliki landasan emosional yang kuat sehingga Anda merasa aman untuk belajar dari kesalahan masa lalu. Jika hubungan dibangun atas dasar saling menghormati dan percaya, maka akan tercipta lingkungan di mana semua pihak dapat sepenuhnya menikmati dan mengalami berbagai hal dengan indah, kata Arouba.

Pilihan Editor:  5 Cara Menciptakan Ruang Pribadi dalam Hubungan Asmara

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."