Menjadi Top 20 Miss Universe, Jane Garrett Patahkan Stigma Wanita Plus Size

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Miss Nepal, Jane Dipika Garett/Foto: Instagram/Jane Garett

Miss Nepal, Jane Dipika Garett/Foto: Instagram/Jane Garett

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Mematahkan streoptip wanita model untuk pertama kalinya dalam sejarah, pegelaran Miss Universe tahun ini membuka kesempatan untuk seluruh model dari berbagai kalangan, yaitu wanita transgender, ibu rumah tangga, dan wanita plus size. Perwakilan Nepal, Jane Garrett, adalah wanita plus size pertama yang ikut serta dalam kompetisi internasional ini.

Jane Dipika Garrett adalah model asal Nepal berusia 22 tahun yang juga merupakan mahasiswa keperawatan sekaligus wirausaha. Pada akun media sosialnya, Jane Garrett juga aktif menggaungkan kesehatan mental, body positivity, dan kesehatan hormon wanita.

Keberadaan Garrett sebagai peserta plus size telah menarik perhatian warganet sejak ia terlibat dalam pemilihan Miss Universe Nepal sejak Agustus 2023. Garrett lagi-lagi menarik perhatian dengan kecantikan dan kepercayaan dirinya sebagai model plus size dengan memakai pakaian renang pada malam persiapan Miss Universe yang diadakan 15 November lalu di El Salvador.

Tidak sampai di sana, penampilan Garrett pada pegelaran Miss Universe yang ke-72 itu sukses mengambil hati dewan juri sehingga Jane Garrett ditetapkan sebagai peserta Top 20 Miss Universe 2023.

“TOP 20! Aku sangat bersyukur kepada seluruh penggemar dan orang yang mendukungku. Aku memberikan yang terbaik dan itu yang penting! Aku sangat bangga mewakili kecantikan real size dari wanita seluruh dunia dan mematahkan streotipe kecantikan. Sangat bangga kepada Miss Universe baru dan akan selamanya mengingat momen yang mengubah hidupku!” paparnya melalui postingan instagramnya @jadedipika.

Kehadiran Garrett di Miss Universe tidak hanya merayakan keberagaman, tetapi juga menganjurkan penerimaan tubuh dalam segala bentuk dan ukuran. Ia memiliki tujuan untuk menginspirasi wanita di seluruh dunia agar bangga dengan penampilan mereka dan menantang standar kecantikan yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Sebagai wanita yang tidak mengikuti standar kecantikan, aku hadir sebagai perwakilan wanita seluruh dunia,” ucapnya pada salah satu wawancara.

Perjalanan karier modelnya melalui kompetisi Miss Universe diakui Garrett sebagai salah satu bentuk ‘perlawanan’nya terhadap ketakutannya di masa lalu. “Dulu aku sangat tidak percaya diri dan mudah minder. Tetapi sekarang mencintai diriku sendiri adalah kesuksesanku. Menurutku, wanita tidak harus menempuh satu jalan untuk menjadi cantik karena mereka sudah cantik apa adanya,” tutupnya.

Pilihan Editor: Profil Miss Universe 2023 Sheynnis Palacios, Lulusan Komunikasi Massa dan Concern Kesehatan Mental

ANNISA YASMIN | MONEYCONTROL | MARCA | ENGLISH JAGRAN | HER ZINDAGI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."