Cara Membuat Teh Susu di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh susu atau milk tea. Shutterstock

Ilustrasi teh susu atau milk tea. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti namanya, teh susu terbuat dari teh hitam dan susu, yang sering kali diberikan tambahan gula. Pilihan rasa untuk teh susu bisa dari buah seperti mangga atau bunga seperti mawar atau kamomil. Namun, rasa teh susu yang paling klasik dan digemari masyarakat adalah gula merah.

Oiya variasi teh susu yang populer adalah bubble tea atau boba milk tea. Teh susu tersebut disajikan dengan tambahan boba atau mutiara tapioka. Teh susu boba merupakan minuman khas Taiwan, namun kini menjadi minuman populer di seluruh dunia. Dari segi penyajiannya, ada teh susu boba versi panas dan dingin, tetapi teh susu boba lebih dikenal sebagai minuman dingin dan menyegarkan.

Jika Anda tidak memiliki mutiara tapioka atau tidak ingin memasukkannya, tidak perlu melakukannya. Anda bisa membuat sirup gula merah tanpa menambahkan tapioka mutiara. Di bawah ini merupakan cara mudah membuat teh susu untuk cangkir ukuran besar, dan dapat ditingkatkan dengan mudah untuk disajikan kepada lebih banyak orang.

Resep Teh Susu Gula Merah

Bahan-bahan:

- ½ gelas air

- 2 kantong teh hitam

- ½ cangkir susu murni

- Es batu

- 2 sdm susu kental manis

Untuk sirup gula merah dan (opsional) boba:

- ¾ gelas air

- 3 sdm gula merah

- ¼ cangkir mutiara tapioka kering

Cara Membuat"

1. Rebus air untuk teh. Tambahkan ½ cangkir air mendidih ke dalam cangkir berisi kantong teh, dan diamkan selama lima menit. Angkat kantong teh dan biarkan hingga benar-benar dingin. Sisihkan. Tujuannya adalah konsentrat teh hitam dengan rasa yang kuat.

2. Untuk membuat sirup gula merah, campurkan gula merah dan air ke dalam panci, lalu panaskan dengan api sedang sambil diaduk hingga gula larut. Didihkan, lalu tambahkan mutiara tapioka, dan kecilkan api hingga kecil. Masak selama 10-15 menit, atau sampai sirup mengental dan mutiara tapioka matang. Biarkan agak dingin. Lalu, tuang susu ke teh dan siap dinikmati.

Pilihan Editor: Sejarah Bubble Tea Bermula dari Kedai Teh Oolong di Taiwan

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."