Bacakan Puisi untuk Palestina, Retno Marsudi: Pantang Mundur Terus Membantumu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pernyataan Indonesia dalam Sidang ke-78 Majelis Umum PBB di New York, AS, pada Sabtu, 23 September 2023. ANTARA/HO-Kemlu RI

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pernyataan Indonesia dalam Sidang ke-78 Majelis Umum PBB di New York, AS, pada Sabtu, 23 September 2023. ANTARA/HO-Kemlu RI

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengikuti kegiatan Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela #Palestina pada Minggu 5 November 2023 di Monumen Nasional, Jakarta. Dalam aksinya itu, rupanya, Retno sudah menyiapkan puisi khusus untuk Palestina. "Semalam saya menulis puisi... dan puisi tersebut saya bacakan pagi ini," tulis Retno Marsudi dalam keterangan foto di akun Instagram resminya pada 5 November 2023. 

"Atas nama Pemerintah Indonesia… Saya menegaskan kembali dukungan Indonesia yang tiada henti terhadap rakyat Palestina," tulis Retno Marsudi. 

Simak puisi yang sudah dibacakan Retno Marsudi di hadapan ribuan masyarakat dalam Aksi Bela Palestina.

“Palestina-Saudaraku”

Hatiku miris…
Karena Bocah itu menangis

Dia terluka
Dia tidak bisa berkata
Dia tidak tahu dimana Bapak – Ibunya…

Setiap 10 menit…
Satu anak wafat di #Gaza

Ribuan orang tua kehilangan anak…
Tak terbilang… berapa ribu anak kehilangan orang tua…

Setiap tangan tertulis nama…
Mereka tak ingin mati tanpa penanda…

Rumah mereka hanya langit
Kasur mereka hanya bumi

Kapan kekejaman ini berhenti…?
Kapan keadilan akan menghampiri?

Aku dan Indonesia-ku
Pantang mundur… akan terus membantumu

Aku dan Indonesia-ku
Akan terus bersamamu
sampai penjajah itu…
enyah dari rumahmu

Palestina… kau adalah Saudaraku…
Dan aku… akan selalu bersamamu

For #Palestine, from Indonesia… with love

Selain Retno Marsudi, Aksi Bela Palestina itu pun dihadiri Ketua DPR Puan Maharani dan sejumlah pejabat negara lainnya seperti Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hadir dalam kegiatan itu. Ada pula Mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, pun telah hadir di sana. Hadir pula mantan Ketua Umum MUI juga mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin yang bertidak sebagai Ketua Pengarah Aksi. Aksi ini digelar untuk memberikan dukungan terhadap rakyat Palestina yang terus dihantui serangan militer Israel.

Puluhan ribu massa pun sidah memadati kawasan tersebut. Mereka sebagian besar mengenakan baju putih. Massa sebagian besar membawa bendera, syal, dan juga baju berlambangkan Palestina hingga poster kecaman atas keganasan serangan Israel. Mereka mengecam serangan militer Israel yang telah menewaskan sekitar 10 ribu warga Palestina.

Pilihan Editor: Me Time ala Menlu Retno Marsudi, Main Bersama Cucu dan Olahraga Pagi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."