Mengenal Cuka Sari Apel, Manfaat bagi Kesehatan dan Resep Membuatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
buah apel (pixabay.com)

buah apel (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengonsumsi minuman yang terbuat dari tumbuhan merupakan salah satu usaha menjaga tubuh agar tetap sehat. Berbagai produk minuman dari buah-buahan, tumbuhan herbal, juga memberi janji akan manfaat terhadap tubuh. Salah satu minuman kesehatan yang populer akhir-akhir ini adalah cuka sari apel.

Sari apel merupakan minuman yang terbuat dari buah apel yang segar. Tampil dengan warna yang agak keruh dan condong keemasan karena tidak disaring dan tidak dipasteurisasi. Minuman sari apel dapat disajikan dengan segar dari lemari es atau dipanaskan terlebih dahulu.

Meskipun sama-sama terbuat dari buah apel, sari apel dan jus apel adalah dua jenis minuman yang berbeda. Sari apel tidak difilter dari rasa asam dan murni diperas sehingga tidak mengandung tambahan gula. Sedangkan jus apel sering disaring sehingga rasanya lebih manis dan halus. Penggunaan apel pada jus adalah buah apel yang matang, sedangkan sari apel mengandalkan perasan apel yang hasilnya masih mentah.

Sari buah apel terbagi dua, yaitu sari apel murni dan sari apel fermentasi.  Pada sari apel yang difermentasi otomatis mengandung alkohol sehingga sering dipasarkan dalam kemasan kaleng. Berbeda dengan sari apel murni lebih sering dipasarkan dalam kemasan botol plastik.

Manfaat Sari Apel

Layaknya minuman dari buah-buahan pada umumnya, sari apel juga menyajikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, beberapa di antaranya:

1. Membunuh bakteri yang berbahaya
2. Mengandung rendah gula sehingga cocok dengan pasien diabetes
3. Membantu menurunkan berat badan
4. Meningkatkan kesehatan jantung
5. Meningkatkan kesehatan kulit

Resep Sari Apel

Untuk membuat sari apel, kamu dapat menggunakan segala jenis apel yang kamu suka atau yang tersedia di rumah. Semakin kuat rasa apelnya, maka rasa yang dihasilkan sarinya akan semakin kuat. 

Sebaiknya untuk membuat sari apel tidak perlu mengupas kulitnya, karena rasa sari apel akan semakin keluar jika apel tidak dikupas. 

Rebus apel selama dua jam pada panci yang besar, kemudian hancurkan apel dengan penghancur kentang atau sendok berbahan kayu. Penghancuran apel dilakukan agar ekstrtak sari dapat dihasilakn secara maksimal. Kemudian didihkan apel yang hancur bersama air didihan sebelumnya dan biarkan selama satu jam. Setelah itu saring dan sajikan.

Minuman sari apel akan bertahan selama dua minggu jika disimpan dalam kulkas. Pastikan sari apel benar-benar dingin sebelum disimpan dalam wadah kedap udara dan dimasukkan ke lemari es. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: Amankah Makan Apel yang Sudah Cokelat? Ini Jawaban Ilmuwan Makanan

ANNISA YASMIN | REALSIMPLE | HEALTHLINE | DELISH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."