Amankah Makan Apel yang Sudah Cokelat? Ini Jawaban Ilmuwan Makanan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi irisan apel. Freepik.com/Racool Studio

Ilustrasi irisan apel. Freepik.com/Racool Studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang bertanya-tanya amankah makan apel yang sudah cokelat di bagian tertentu, kamu termasuk? Jawabannya aman, kata ilmuwan makanan dan CEO Nali Consulting yang berbasis di London, Natalie Alibrandi. Menurutnya, apel yang berwarna kecokelatan tidak perlu dikhawatirkan atau jijik sama sekali.

Apel yang sudah cokelat sangat aman dikonsumsi, bahkan saya menganjurkan untuk memakannya daripada membuangnya, yang menyebabkan pemborosan makanan yang tidak perlu,” kata Alibrandi seperti dikutip dari Well+Good, Rabu, 2 November 2022.

Menurut ia dan para ahli makanan lainnya, buah yang berubah warna menjadi cokelat akibat oksidasi, reaksi pengikatan oksigen. Perubahan warna tersebut tidak akan membahayakan Anda selama tidak menunjukkan tanda-tanda kontaminasi jamur atau bakteri.

Untuk menentukan apakah kecokelatan tersebut aman atau tidak, Alibrandi merekomendasikan untuk memeriksa permukaan untuk mengecek tanda-tanda pembusukan. "Kuncinya adalah memeriksa bagian luar apel untuk memastikannya tidak ada pertumbuhan bakteri atau jamur," katanya.

Bila terdapat sedikit pertumbuhan jamur, Alibrandi melarang dimakan bagian tersebut.

"Jika apel Anda memiliki jamur di atasnya, Anda harus memotong jamur tersebut dan melihat apakah bagian apel yang tersisa dapat diselamatkan," katanya. Jadi, pada dasarnya, Anda masih bisa memakan sisa apel yang masih utuh, jika jamur belum menyebar ke area tersebut.

Cara Mencegah Apel Lebih Kecokelatan

Apel yang sudah cokelat jika bersentuhan dengan oksigen lebih rentan alami pembusukan. Untuk memperlambat prosesnya, Alibrandi menyarankan untuk menyimpannya dari buah-buahan lain yang mengeluarkan gas, sehingga mempercepat proses pematangan. Jauhi dari buah-buahan penghasil etilen tinggi termasuk alpukat, pisang, melon, buah ara, bawang hijau, kiwi, pir, kentang, dan tomat. Cara lain untuk mengawetkan apel lebih lama adalah dengan menyimpannya di kulkas

WELL+GOOD

Baca juga: Cara Menyimpan Apel agar Tahan Lama, di Laci Kulkas Bisa Bertahan Sekitar 6 Minggu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."