7 Artis Unggah Semangka Palestina, dari Dinda Hauw hingga Tasya Farasya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Unggahan semangka palestina di Instagram aktris Dinda Hauw, Kamis, 2 November 2023. Foto: Instagram/@dindahw

Unggahan semangka palestina di Instagram aktris Dinda Hauw, Kamis, 2 November 2023. Foto: Instagram/@dindahw

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Genosida yang dilakukan Israel terhadap masyarakat Palestina menjadi sorotan dunia karena korban meninggal terus meningkat setiap harinya dan pengeboman Israel ke Palestina terus terjadi. Masyarakat dari seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia, berbondong-bondong menunjukkan dukungan kepada Palestina, salah satunya lewat unggahan semangka Palestina di media sosial mereka.

Membagikan foto, emoji ataupun video semangka terkait Palestina di media sosial adalah kampanye membela Palestina yang sedang viral akhir-akhir ini. Mengapa demikian? Karena semangka memiliki keterkaitan dengan Palestina. Dari segi warna buah kaya air itu memiliki warna yang mirip dengan Bendera Palestina (hijau, merah, putih, hitam). Selain itu, aktifnya pertumbuhan semangka di Gaza dan simbol semangka yang menjadi bagian sejarah warga Palestina untuk membela negara ketika Israel larang pengibaran bendera Palestina pada tahun 1967.

Sejumlah artis Indonesia telah menyuarakan dukungan #FreePalestine dengan gambar semangka, termasuk tujuh artis berikut ini.

1. Shireen Sungkar

Istri aktor Teuku Wisnu itu mengunggah sebuah video Instagram dengan gambar semangka yang menyerupai peta Palestina sebagai thumbnail video. Shireen menambahkan emoji semangka dan tanda hati warna putih di keterangan video yang dibagikan satu hari lalu.

Video tersebut berisi doa kepada anak-anak Palestina yang telah menjadi korban genosida.

2. Nagita Slavina dan Raffi Ahmad

Pada akun Instagram @raffinagita17, pasangan suami istri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengunggah foto sejumlah jemaah yang sedang menunaikan sholat di tengah jalan. Terdapat tulisan We Pray We Care (kami berdoa, kami peduli) dengan simbol semangka sebagai pengganti huruf A.

Raffi dan keluarga gelar donasi untuk masyarakat Palestina dan imbau warganet untuk berdonasi di tautan atau link yang telah disediakan.

3. Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah unggah aksi protes terhadap penderitaan yang dialami Palestina melalui unggahan kolaborasi di Instagram, Kamis, 2 November 2023. Terdapat sembilan slide pada unggahan dengan emoji semangka di slide pertama. Di slide selanjutnya, Atta mengunggah sejumlah video dan gambar yang mewakili penderitaan Palestina. 

4. Dinda Hauw

Pemeran utama Surat Kecil Untuk Tuhan ini membagikan unggahan tiga slide yang berkaitan dengan Palestina. Di slide pertama, ibu dua anak itu unggah ilustrasi tangan memegang semangka dengan bendera Palestina sebagai latar belakang. Dua gambar berikutnya berupa pernyataan dia membela Palestina. Dinda juga tambahkan #FreePalestine dengan bendera Palestina dan emotikon semangka.

5. Tasya Farasya

Pemengaruh kecantikan atau beauty influencer tidak ketinggalan menyuarakan kemerdekaan Palestina dengan mengunggah sebuah gambar semangka yang menyerupai bendera Palestina.

My heart and my soul goes to you my sisters and brothers (Hati dan jiwaku mendukungmu, saudara-saudaraku),” tulis Tasya merujuk kepada masyarakat Palestina.

6. Hesti Purwadinata

Salah satu pembawa acara Tonight Show, Hesti Purwadinata, mengunggah ilustrasi semangka yang tampaknya dia gambar sendiri. Di slide kedua, Hesti juga mengunggah gambar semangka berada di tengah kekacauan wilayah Palestina dengan quote, “From the river to the sea, Palestine will be free (dari sungai ke laut, Palestina akan Merdeka).”

7. Fenita Arie

Tangkapan Layar Instagram Stories Fenita Arie, Kamis, 2 November 2023. Foto: Instagram/@fenitarie

Dalam Instagram Stories-nya, Fenita mengunggah ulang sebuah video tentang atlet perempuan yang tidak tampak bahagia meskipun juara karena teringat kondisi di Gaza.

Mau se-happy kita pastinya ga bisa begitu aja melihat apa yang terjadi di Gaza,” tulis Fenita sembari membubuhkan emoji semangka.

Istri Arie Untung itu juga mengunggah ulang postingan Taqy Malik terkait pemboikotan sejumlah merek yang mendukung Israel dari makanan cepat saji hingga kedai kopi.

Pilihan Editor: Ikut Aksi Dukung Palestina, Zaskia Adya Mecca: Tak Ada Alasan Diam, Jadilah Penggerak

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."