5 Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Toner Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang melakukan pewarnaan rambut atau cat rambut. Freepik.com

Ilustrasi wanita sedang melakukan pewarnaan rambut atau cat rambut. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa pun yang pernah mewarnai rambut kemungkinan besar pernah mendengar tentang toner rambut atau hair toner. Sebenarnya apa itu toner rambut? Berbeda dengan toner yang Anda usap ke wajah, mengaplikasikan toner rambut adalah bagian penting dari proses pemutihan atau highlight yang jarang dilewatkan oleh pewarna rambut atau colorist. Menambahkan toner rambut akan membantu Anda mendapatkan warna yang sempurna. Berikut hal-hal penting terkait toner rambut.

Manfaat Toner Rambut

“Toner menetralkan atau menghilangkan warna yang tidak diinginkan pada warna rambut Anda—atau menyempurnakan warna yang ingin Anda tampilkan lebih banyak,” jelas Carlos Rojas, duta merek Schwarzkopf Professional sekaligus penata rambut selama 15 tahun, dikutip dari Purewow, Kamis, 2 November 2023.

Tom Smith, penata rambut selebriti dan direktur kreatif warna internasional untuk rambut evo, pun mengamini pernyataan Rojas. Dia menambahkan bahwa toner rambut seperti filter Instagram yang ditambahkan di atas warna yang ada untuk menyempurnakannya.

“Misalnya, Anda memiliki rambut emas, tetapi ingin memiliki rambut pirang stroberi, toner dapat membantu Anda mencapainya,” katanya.

Kapan Anda Menggunakan Toner Rambut?

Setelah rambut Anda diringankan, toner digunakan sebagai langkah terakhir untuk menyesuaikan atau memadukan warna sesuai warna yang Anda inginkan. Penata rambut Anda akan melakukan ini dengan mencampurkan ramuan khusus dan mengaplikasikannya pada rambut Anda. Langkah ini biasanya terjadi di mangkuk sampo, itulah sebabnya Anda mungkin tidak menyadarinya.

Selain merevitalisasi warna, toner juga dapat membantu mengkondisikan helai rambut yang kering dan menghaluskan rambut kusut sehingga rambut Anda terlihat lebih berkilau dan sehat secara keseluruhan; inilah sebabnya beberapa pewarna mungkin menyebut toner sebagai “gloss” atau “glaze.”

Dan menurut Rojas, toner rambut juga digunakan saat warna mulai memudar dan Anda ingin mengembalikan kekayaan dan dimensi pada rambut.

Apakah Toner Hanya Berfungsi pada Rambut yang Telah Diputihkan?

Meskipun toner biasanya digunakan sebagai bagian dari layanan pencerah (seperti highlight atau balayage), Anda tidak harus berambut pirang untuk mendapatkan manfaat dari penggunaannya.

Pada orang berambut merah dan berambut cokelat, toner dapat membantu menghilangkan warna kasar, menyempurnakan warna yang sudah ada, dan meningkatkan kilau. Ingatlah, toner hanya dapat mempertegas apa yang sudah Anda miliki atau memperdalam warna, tetapi tidak akan mencerahkan rambut Anda.

Cara Memilih Toner Rambut

Mengetahui toner mana yang harus dipilih untuk rambut Anda bergantung pada aturan dasar roda warna. Kebalikannya menarik, misalnya saja Anda ingin melembutkan kehangatan warna rambut Anda, maka Anda akan memilih toner dengan warna yang berlawanan dengan warna rambut Anda saat ini.

Seperti yang dijelaskan lebih lanjut oleh Rojas, “Jika Anda berambut cokelat dan warnanya memudar, mintalah toner netral hingga hangat (bukan dingin) kepada colorist Anda. Jika Anda seorang pirang dan rambut Anda terasa terlalu kuning dan kasar, mintalah toner paling ringan dan sejuk yang dimiliki penata rambut Anda (terutama jika Anda takut pirang Anda terlihat gelap),” jelasnya.

Untuk hasil optimal, memilih dan menggunakan toner rambut adalah pekerjaan yang sebaiknya diserahkan kepada profesional.

Perbedaan Toner Rambut di Salon dengan Toner Rambut Buatan di Rumah

Toner rambut yang digunakan penata rambut di salon biasanya merupakan formula setengah permanen yang melibatkan pengembang alias hidrogen peroksida untuk sedikit mengangkat kutikula rambut guna menyimpan pigmen warna. Produk pewarna buatan sendiri (seperti sampo atau masker ungu) cenderung hanya menempel di permukaan rambut dan menyimpan cukup pigmen untuk mengimbangi warna kuningan yang mungkin muncul.

Pilihan Editor: Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Perhatikan 8 Hal Berikut

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."