Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Perhatikan 8 Hal Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mengecat rambut. (Teen Vogue)

Ilustrasi mengecat rambut. (Teen Vogue)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meskipun banyak penata rambut tidak merekomendasikan mewarnai rambut sendiri di rumah, terkadang itu adalah pilihan terbaik di beberapa waktu. Misalnya, saat pewarna rambut profesional mungkin tidak sesuai anggaran Anda atau Anda baru pindah rumah dan belum menemukan pewarna rambut profesional yang cocok.

Jika Anda memutuskan untuk mewarnai rambut sendiri di rumah, Anda mungkin ingin melakukannya dengan benar untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut adalah beberapa hal yang harus diketahui saat mewarnai rambut sendiri di rumah.

1. Baca Petunjuk

Anda tidak boleh melewatkan langkah ini. Sangat penting untuk mengetahui cara mencampur produk serta berapa lama membiarkannya.

2. Jangan Ganti Merek (Jika Anda Puas dengan Hasilnya)

“Jangan pernah menggunakan merek cat rambut yang berbeda jika Anda ingin mendapatkan hasil yang bagus,” kata penata rambut selebriti Anthony Pazos seperti dikutip dari Real Simple, 29 Maret 2023.

Tetap menggunakan merek yang sama akan membantu Anda mencapai warna rambut yang lebih konsisten. Jadi, jika toko obat lokal Anda kehabisan warna, Anda lebih baik pergi ke toko lain untuk mengambil yang tepat, atau menyimpan cat warna untuk berjaga-jaga.

3. Jangan Pernah Mengecat Rambut Tanpa Dua Cermin

Penata rambut Brittany Gharring mengatakan bahwa Anda membutuhkan dua cermin untuk mengaplikasikan cat rambut dengan benar.

“Mewarnai rambut bagian belakang bisa jadi rumit. Gunakan cermin genggam untuk memeriksa bagian belakang kepala Anda di cermin kamar mandi saat Anda mewarnai sehingga Anda tidak akan melewatkan satu titik pun," katanya.

4. Jangan Pernah Beli Hanya Satu Botol Warna

Bila Anda memiliki rambut panjang atau tebal, ini tidak bisa ditawar. Beli cat rambut lebih dari satu botol. “Anda tidak pernah tahu seberapa keropos rambut Anda dan sebagian besar tabung cat warna rambut untuk rambut pendek dan tipis, jadi rencanakan dengan tepat,” saran Gharring.

5. Jangan Lupa Lindungi Kulit

Sangat penting dan mudah untuk melindungi kulit Anda saat mewarnai rambut Anda. “Tidak ada yang lebih buruk daripada berakhir dengan garis-garis warna di dahi Anda,” kata Gharring. “Oleskan sedikit chapstick di sekitar garis rambut dan telinga Anda,” sarannya.

6. Jangan Bilas dengan Air Panas

Anda mungkin tergoda untuk membilas dengan air panas karena terasa lebih enak daripada air dingin. Namun, itu bukanlah ide yang cerdas.

“Sebab air panas mengangkat lapisan luar warna rambut, menyebabkan warna lebih cepat memudar,” kata penata rambut selebriti Cody Renegar. "Bilas rambut Anda dengan air dingin untuk membantu menyegel kutikula dan mengunci warna baru."

7. Jangan Keramas 1-2 Hari setelah Mewarnai Rambut

Apakah Anda seorang pencuci rambut setiap hari? Jika demikian, itu mungkin menjadi tantangan, tetapi sebaiknya hindari mencuci rambut selama satu atau dua hari setelah mewarnai rambut.

Renegar merekomendasikan menunggu 48 hingga 72 jam untuk mencuci rambut Anda. "Ini memberi kutikula cukup waktu untuk menutup dan warna untuk diatur."

8. Hindari Alat Panas setelah Mewarnai Rambut 

Meskipun para profesional mungkin menata rambut Anda dengan alat panas setelah pewarnaan, sebaiknya tunggu beberapa hari sebelum menggunakan alat pengeriting atau pelurus rambut.

“Panas tambahan dari alat dapat menyebabkan rambut Anda tidak hanya memudar, tetapi juga menyebabkan rambut Anda yang dirawat secara kimiawi menjadi lebih rapuh dan kering," tuturnya.

"Anda dapat menggunakan alat panas, tetapi saya tidak akan merekomendasikan untuk menggunakannya segera setelah mewarnai rambut, dan sekali lagi, saya tidak akan sering menggunakannya. Jika Anda akan menggunakannya, pastikan untuk selalu menggunakan pelindung panas,” tandas Renegar.

Pilihan Editor: Amankah Mewarnai Rambut saat Hamil? Yuk Simak Penjelasannya Berikut Ini

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."