5 Tokoh Indonesia yang Dukung Perjuangan Palestina

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Whulandary Herman. Foto: Instagram/@whulandary

Whulandary Herman. Foto: Instagram/@whulandary

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perang antara Palestina dan Israel di jalur Gaza semakin menjadi perhatian masyarakat dunia. Berbagai video korban berdarah atas pengeboman Israel berseliweran di media sosial. Kondisi itu pun menarik perhatian tokoh Indonesia. Semakin banyak masyarakat yang ikut mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk bisa bebas dari kondisi mengerikan itu. 

Simak 5 tokoh Indonesia yang secara terbuka memberikan dukungan kepada rakyat Palestina.

Dian Pelangi/Foto: Instagram/Dian Pelangi

1. Dian Pelangi

Pengusaha dan desainer Indonesia, Dian Pelangi, secara terbuka mengekspresikan dukungannya kepada Palestina. Melalui unggahan dan cerita di akun Instagram pribadinya, ia memberikan semangat dan dukungan kepada Palestina. Dalam salah satu unggahannya Dian Pelangi menulis, "Dari Hebron, Al-Quds 2011. Saya tetap tegak, jauh di dalam hati saya, saya tidak pernah ragu bahwa Palestina akan bebas. Dari sungai ke laut, Palestina akan bebas." 

Pada 15 Oktober 2023, Dian Pelangi pun mengunggah foto dirinya berada di antara pengunjuk rasa yang ikut membela Palestina. Ia mengenakan kerudung hitam, kacamata dan masker hitam. Namun latar fotonya adalah para pengunjuk rasa yang mengibarkan bendera Palestina dan Indonesia. Ia pun menuliskan pembicaraan antara semut dan burung yang mengisahkan bagaimana semut mendukung perjuangan Nabi Ibrahim. "IStandWithPalestine," tulis Dian. 

2. Whulandary Herman

Model dan Puteri Indonesia 2013 Whulandary Herman, ikut menyuarakan dukungannya kepada Palestina. Melalui akun Instagram pribadinya ia membagikan unggahan poster masyarakat yang sedang demonstrasi. "From the River to The Sea, Palestine will be free," tertulis di poster itu dalam unggahan 30 Oktober 2023.  

Ada pula poster yang tertulis bahwa mengebom anak anak bukan menjadi bentuk perlawanan. 

Dalam keterangan foto, ia Whulandary Herman juga menulis bahwa kebebasan Palestina merupakan impian dari banyak orang. "Your freedom is a dream of many of us," tulis Whulandary Herman yang menambahkan tagar #freepalestine dan #istandwithpalestine. 

Whulandary Herman pun membagikan ilustrasi foto anak-anak Palestina yang terluka. Dalam keterangan foto itu, ia menulis bahwa perang yang terjadi antara Palestina dan Israel di jaluar Gaza itu mengingatkannya untuk lebih banyak bersyukur. "Satu hal yang orang-orang Palestina ajarkan kepadaku adalah untuk lebih banyak bersyukur atas apa yang sudah kita miliki. Tidur nyenyak di malam hari dalam hangatnya tempat tidur, air bersih, makanan, juga melihat seluruh anggota keluarga dalam keadaan sehat dan hidup. Bila kondisi Palestina tidak membuat dirimua bersyukur (atas apa yang sudah kamu miliki), aku sudak tidak tahu lagi apa yang bisa membuatmu bersyukur," tulisnya pada 22 Oktober 2023. 

Senjata paling ampuh bagi orang yang memiliki keyakinan, kata Whulandary Herman adalah doa. "Berilah dampak paling besar dengan berdoa setulus hati kepada Allah. Ya Allah, tolong lindungi saudara-saudari kami di Palestina," tulisnya. 

Raline Shah. Foto: Instagram/@ralineshah

3. Raline Shah

Aktris dan model Indonesia, Raline Shah, juga menyatakan dukungannya kepada Palestina melalui akun Instagram pribadinya. Ia membagikan poster untuk mengenang korban-korban konflik di Gaza dan mendukung gencatan senjata. Dalam poster itu tertulis dalam kenangan 6.546 orang yang meninggal dalam pengeboman Israel ke Palestina di Gaza. Lebih dari 2.700 dari mereka adalah anak-anak'. "Segera gencatan senjata. Akhiri pengepungan di Gaza," tertulis pula di poster itu, seolah mewakili suara hati Raline Shah.

4. Desy Ratnasari

Desy Ratnasari, tokoh publik dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, secara terbuka menunjukkan dukungannya terhadap Palestina melalui postingan Instagram pada tanggal 11 Oktober. Ia mengajak masyarakat untuk ikut berdoa untuk Palestina. "Bismillahirrahmaanirrahiim. Pray for Palestine. Allahu Akbar," tulisnya. 

Dia membagikan pesan tentang pentingnya kemerdekaan dan hak asasi manusia, serta fakta bahwa Indonesia telah terpilih sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa. "Tegakkan HAM di Palestina," tulisnya. 

5. Tika Ramlan

Tika Ramlan, seorang penyanyi dan seniman, juga menyatakan dukungannya kepada Palestina melalui akun Instagramnya. Dalam postingannya pada tanggal 11 Oktober, ia membagikan ilustrasi siluet tentara yang memegang senjata dan membawa bendera Palestina. 

Ia pun menambahkan tulisan bahwa ia mendukung perjuangan Palestina. "Saya BERDIRI UNTUK PALESTINA! Merdeka Palestina Insya Allah," tulisnya. 

Dukungan dari tokoh-tokoh terkenal Indonesia seperti mereka adalah bukti bahwa kesadaran internasional terus tumbuh dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak asasi manusia yang adil.

Pilihan Editor: Ikut Aksi Dukung Palestina, Syifa Hadju: Save Gaza

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

IVANA FELYSITASWATI PALLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."